Informasi dan Tips – informasitips.com

Langkah-langkah Membuka Bisnis Pakaian

Posted on by in , with 1 Comment

informasitips.com – Anda tertarik membuka sebuah usaha bisnis pakaian? Bisnis pakaian di Indonesia merupakan salah satu jenis bisnis yang cukup laris manis diminati konsumen setelah bisnis makanan. Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi sebelum kebutuhan yang bersifat tersier dan skunder dipenuhi. Oleh karena itu wajar jika Indonesia dengan jumlah penduduk yang sangat besar di dunia menjadi ruang yang sangat potensial untuk menjalankan sebuah usaha bisnis pakaian.

Usaha bisnis pakaian sedikit berbeda dengan bisnis makanan, karena sifatnya yang tidak habis sekali pakai, maka bisnis pakaian lebih menuntut kreatifitas yang tinggi oleh para pelakunya agar konsumen selalu berminat membeli produk pakaian. Alasan inilah yang menimbulkan munculnya berbagai mode fashion dan gaya berpakaian. Untuk menjaga eksistensi pasar pembeli pakaian, maka dilakukan beragam kreatifitas mode fashion untuk berbagai kalangan usia, baik laki-laki maupun perempuan.

Bagi Anda yang belum punya pengalaman menggarap bisnis pakaian tentunya membutuhkan panduan langkah-langkah membuka bisnis pakaian agar usaha bisnis yang Anda kelola bisa berjalan dengan baik dan terhindar dari resiko gulung tikar, apa saja langkah-langkah membuka bisnis pakaian tersebut, berikut ini diantaranya:

Langkah-langkah Membuka Bisnis Pakaian

  1. Riset pasar

    Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai sebuah usaha pakaian di suatu tempat adalah melakukan riset pasar terkait beberapa hal diantaranya adalah; kondisi ekonomi masyarakat, kecenderungan gaya berpakaian masyarakat, kebutuhan masyarakat terhadap jenis pakaian tertentu serta ada tidaknya bisnis saingan yang akan mengancam eksistensi bisnis pakaian Anda nantinya. Riset terhadap kondisi ekonomi akan menentukan pilihan Anda terhadap jenis pakaian yang akan Anda jual nantinya apakah barang-barang branded atau menengah, bila masyarakat di sekitar Anda adalah rata-rata ekonomi lemah, jangan sesekali menjual baju dengan harga-harga mahal yang sulit dibeli masyarakat.

    Kecendrungan gaya berpakaian juga akan mempengaruhi laris tidaknya bisnis pakaian yang Anda kelola. Misalnya Anda berada di kawasan masyarakat yang religius namun Anda membuka usaha bisnis pakaian dengan model-model mini, maka bisa dipastikan bisnis Anda tak akan laku. Memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah bagian dari riset pasar sebelum Anda membuka sebuah usaha pakaian. Misalnya jika Anda berada pada lingkungan yang ramai dengan anak usia sekolah, maka kebutuhan yang paling sering diperlukan adalah jenis pakaian sekolah. Dengan memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan akan mempermudah Anda melakukan penyediaan terhadap barang.

    Memperhatikan kompetitor yang telah ada dalam usaha bisnis pakaian juga penting dilakukan. Jangan menjual sesuatu yang telah dijual oleh orang lain tanpa dibarengi dengan konsep bisnis yang berbeda. Atau akan lebih baik lagi jika Anda memilih sesuatu yang berbeda dari apa yang telah dijual orang.

  2. Menetapkan skala usaha

    Setelah riset pasar telah mantap dilakukan maka saatnya Anda memilih skala bisnis pakaian yang akan Anda jalankan, apakah skala kecil, menengah atau usaha pakaian besar yang biasanya menerima pemesanan grosiran. Untuk usaha pakaian dalam skala kecil atau menengah sebaiknya Anda memilih satu jenis pakaian unggulan yang menjadi produk utama bisnis Anda, misalnya khusus menjual pakaian batik dengan beragam corak dari seluruh Indonesia. Hal ini akan lebih menjual nama usaha bisnis Anda dan membuat lebih dikenal orang. Skala yang kecil menuntut spesifikasi yang lebih jelas agar lebih memiliki segmentasi pasar yang jelas.

    Sementara untuk usaha bisnis pakaian dengan skala besar, Anda memiliki ruang kebebasan untuk menjual beberapa produk pakaian unggulan sekaligus. Di samping itu tentunya harga yang Anda tawarkan juga akan lebih berpeluang mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dibanding dengan usaha pakaian skala kecil.

  3. Promosi dan pemasaran

    Hal yang akan menjadi kebutuhan sangat penting dalam membuka sebuah usaha pakaian tentunya adalah promosi dan pemasaran. Ada banyak cara dan kreatifitas yang bisa Anda lakukan untuk melakukan promosi usaha bisnis pakaian. Kehadiran toko online di internet saat ini memberi ruang pemasaran yang lebih luas kepada para pengelola bisnis pakaian. Sama halnya dengan bisnis buku, elektronik, aksesoris dan lainnya yang biasa dipromosikan lewat internet, Anda pun bisa mempromosikan dan memasarkan usaha bisnis pakaian Anda melalui internet, yakni dengan memanfaatkan fasilitas jejaring sosial atau toko online baik yang gratis maupu berbayar.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan para pelanggan di masa awal pengelolaan bisnis adalah dengan menawarkan harga-harga diskon kepada para pelanggan. Harga diskon bisa Anda berikan tentunya apabila Anda mempunyai link produsen yang menawarkan harga yang rendah. Oleh sebab itu, jika Anda mengelola sebuah usaha yang bersifat suplier, maka yang paling penting adalah mencari pihak produsen yang mampu menawarkan jumlah harga seminimal mungkin.

Related Posts

One thought on “Langkah-langkah Membuka Bisnis Pakaian

  1. LR clothing

    Yang ingin berwirausaha/ membuka usaha butik, atau yangg
    ingin
    sekedar mencari pendapatan sampingan berjualan baju butik !!!
    LR clothing menyediakan :
    PAKET HEMAT BUTIK + KW BIASA:
    Paket A : 4 kw butik + 1 kw biasa @ Rp.210rb per pcs jd Rp.
    42rb
    Paket B : 15 kw butik + 3 kw biasa @ Rp. 702rb per pcs jd
    39rban
    Paket C : 35 kw butik + 15 kw biasa @ 1,750jt per pcs jd
    hanya Rp. 35rb
    Paket D : 105 kw butik + 95 kw biasa @ 5,8 jt per pcs jd
    HANYA Rp.29rb
    Paket E : 60 kw butik + 40 kw biasa @ Rp. 3,2jt per pcs jd
    Rp. 32rb
    PAKET KW BIASA :
    Isi 50 @ Rp.1.250rb per pcs jd Rp.25rb
    Isi 100 @ Rp.2,530jt per pcs jd Rp.23,500
    PAKET KW3 :
    Isi 50 @ Rp. 950rb per pcs jd Rp. 19rb
    Isi 100 @ Rp. 1.750rb per pcs jd Rp.17.500
    SPEC isi paket per KW:
    KW butik : blouse, tanktop, u can see, kardigan, dress, lingerie,
    blazer, jumpsuit, gaun, long dress, dress bahan, kemeja sutra
    katun, kemeja kaos. (Semua bahan bagus,model update, modis)
    KW biasa : blouse tipis, u can see, tanktop, kardigan, dress,
    lingerie, long dress, dress bahan, daster, kemeja katun sutra,
    jaket, kaos, kaos kemeja, kaos polo. (Bahan rata2 bahan
    bagus,tp model polos dan biasa)
    KW 3 : kemeja sutra dan katun, kaos,kaos kemeja. (Bahan
    rata2 bahan bagus tapi buat ibu2 dan ada jadulnya).Kondisi :
    baju sisa dari butik2 yg gak laku diluar negeri (korea,
    bangladesh, india, amerika, hongkong, cina, meksiko), tidak ada
    baju cacat, layak jual, bahan pastinya lebih bagus jauh
    Tersedia juga seken import !!!
    Ketik nama_alamat_jenis paket_no telp
    Ke : 083894580922/ bb: 3172CB9C
    Saya akan kirim jumlah total pembayaran
    Setelah pembayaran selesai, barang baru kami packing
    Mau tanya-tanya monggo, via sms ya
    Pertanyaan yang tidak berhubungan dengan LRClothing, mohon
    maaf tidak bisaa direply :)
    Salam sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih