Informasi dan Tips – informasitips.com

Kuas Make Up: Jenis, Fungsi dan Cara Merawatnya

Kuas Make-Upinformasitips.com – Wanita dan peralatan make up adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Namun masih banyak wanita yang belum mengerti benar bagaimana cara memilih dan merawat peralatan make up yang mereka miliki. Nah, artikel ini akan membantu para wanita untuk lebih mengenal alat make up yang biasa mereka gunakan.

Kuas adalah salah satu alat penting yang digunakan ketika wanita mengaplikasikan make up ke wajah mereka. Kuas make up memiliki berbagai jenis sesuai dengan fungsinya. Nah pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan lebih detail mengenai jenis dan fungsi dari masing-masing kuas karena mungkin ladies belum kenal benar dengan alat kecantikan yang satu ini.

  1. Kuas Blush On
    Sesuai dengan namanya kuas yang satu ini memiliki fungsi untuk mengaplikasikan blush on pada wajah. Bentuknya lebih kecil bila dibandingkan dengan kuas powder. Bentuk gagangnya yang ramping dengan ketebalan bulu yang sedang membuatnya fleksibel untuk digunakan.
  2. Kuas Powder
    Bila dibandingkan dengan kuas yang lain, ukuran kuas ini lebih besar dengan ketebalan bulu yang cukup tebal. Kuas ini selain digunakan untuk mengaplikasikan loose powder juga dapat digunakan untuk mengaplikasikan shimmer atau bedak pewarna sebagai sentuhan terakhir.
  3. Kuas Eye Shadow
    Jenis kuas yang satu ini memiliki beberapa ukuran namun dengan bentuk yang sama yaitu pipih dengan ujung yang membulat. Sesuai dengan namanya kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan eye shadow pada mata. Kuas ini juga dapat digunakan untuk membentuk ujung mata. Prinsipnya adalah semakin ke atas bagian mata, semakin besar ukuran kuas yang digunakan.
  4. Kuas High Light
    Bentuk bulu-bulu dari kuas ini pipih dengan ujung yang membulat. Fungsinya yaitu untuk mengaplikasikan high light di bawah alis mata. Selain itu dapat digunakan juga untuk membantu menyempurnakan warna eye shadow.
  5. Kuas Eye Liner
    Alat ini memiliki dua fungsi sekaligus, yaitu dalam keadaan kering kuas ini dapat digunakan untuk mengaplikasikan eye liner cair. Sedangkan dalam keadaan basah alat ini dapat digunakan untuk membentuk eye liner. Kuas ini memiliki bentuk dengan ujung yang meruncing dan bulu yang kecil dan panjang.
  6. Kuas Bibir
    Agar lebih rapi dalam mengaplikasikan lipstik atau lip gloss, kita dapat menggunakan kuas yang satu ini. Bentuknya yang berujung lancip dengan bulu yang kecil dan tipis akan memudahkan kita untuk mengaplikasikan lipstik atau lip gloss ke bibir kita.
  7. Kuas Alis
    Kuas ini memiliki bulu yang kasar dengan ujung yang menyerong. Fungsi dari kuas ini adalah untuk membaurkan warna pensil alis atau eye shadow pada alis agar terlihat lebih rapi dan natural.
  8. Kuas Bulu Mata
    Bentuk bulu pada kuas ini spiral dengan fungsi untuk melentikan bulu mata dan merapikan pemakaian maskara pada bulu mata.
  9. Kuas Kipas
    Seperti namanya kuas ini menyerupai kipas dengan bulu-bulu yang halus. Fungsi dari kuas ini adalah untuk membersihkan wajah dari sisa make up yang rontok.
  10. Aplikator Eye Shadow
    Kuas yang lembut karena terbuat dari spon ini digunakan ketika akan mengapliksikan eye shadow pada kelopak mata.
  11. Sikat Alis
    Bentuknya meyerupai sikat gigi dengan sisir kecil yang digunakan untuk merapikan alis sebelum dan sesudah dibentuk. Fungsi dari kuas ini adalah untuk membaurkan warna yang diberikan pada alis.

Nah setelah mengetahui jenis-jenis kuas yang biasa digunakan ketika kita merias wajah ada baiknya ladies juga mengetahui bagaimana merawat kuas-kuas tersebut. Tentu ladies tidak ingin kuas-kuas yang ada akan cepat rusak karena tidak dirawat dengan benar. Nah berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita coba untuk merawat kuas-kuas make up yang kita miliki.

  • Bersihkan secara teratur
    Kuas make up sebaiknya dibersihkan setiap satu kali dalam seminggu. Cara membersihkannya yaitu dengan merendamnya di dalam air hangat yang telah dicampur dengan shampoo bayi dan minyak tea tree. Setelah direndam gosok dengan lembut menggunakan jari selama 1 menit. Shampoo akan menghilangkan lemak bekas make up sedangkan tea tree berfungsi sebagai anti jamur dan bakteri.
  • Keringkan dengan baik
    Bilas setiap kuas yang telah direndam agar tidak ada lagi sisa-sisa make up dan shampoo yang menempel. Setelah itu letakkan di atas hamparan handuk dan biarkan mengering dengan sendirinya. Jangan lupa untuk memperbaiki bentuk kuas sebelum kering.
  • Simpan di tempat yang terutup
    Setelah itu simpanlah kuas dalam tempat yang tertutup dan bersih seperti dalam pouch khusus untuk peralatan make up atau toples kaca yang dapat ditutup. Untuk menjaga keawetannya maka hindarilah kontak langsung dengan sinar matahari atau sumber panas yang dapat merusaknya. Ada baiknya kuas disimpan berdasarkan ukuran dan fungsinya untuk memudahkan pemakaian.

Nah itu tadi tiga cara yang dapat ladies coba agar kuas make up yang dimiliki dapat dijaga keawetannya. Selamat mencoba di rumah.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *