Informasi dan Tips – informasitips.com

Keuntungan Menjadi Pribadi yang Sensitif

informasitips.com – Setiap orang memiliki pribadi yang bermacam-macam. Dari beberapa tipe pribadi yang ada pada diri seseorang, salah satunya adalah pribadi yang sensitif atau melankolis. Pribadi sensitif sangat peka terhadap dirinya sendiri, perasaannya dan juga pikirannya. Tidak hanya itu, dia juga mudah merasakan perasaan orang lain. Seseorang dengan kepribadian ini sangat menghargai perasaan orang lain. Namun, dengan rasa peka yang ia miliki, dia akan mudah sedih, bahagia dan marah. Meski demikian, pribadi ini cukup pintar dalam bersikap. Ketika ia mengalami rasa sedih, bahagia atau marah, ia bisa menyembunyikan perasaan itu dalam keadaan tertentu yang tidak mengharuskan ia mengeluarkan sikap tersebut.

Orang dengan Pribadi Sensitif selalu berhati-hati dalam melakukan sesuatu atau mengambil sebuah keputusan, kecuali jika perasaannya sedang tidak menentu ia akan mengambil keputusan yang akan merugikan orang lain atau bahkan diri sendiri. Karena sifat kehati-hatiannya, ia cukup pemilih dalam kehidupan sosial. Dia tidak memiliki banyak teman. Namun, dengan hanya beberapa teman yang dimilikinya, ia bisa sangat dekat dan akrab.

Jika orang terdekat Kamu termasuk dalam pribadi yang sensitif, sebaiknya Kamu harus berhati-hati baik dalam bersikap maupun berbicara. Pribadi ini tidak terlalu menyukai pujian, namun ia juga tidak ingin menerima kritikan. Ia memiliki perasaan yang halus. Jika ada sesuatu hal yang menyinggung perasaannya, maka akan sangat menyakitkan baginya. Ketika hatinya tersakiti, tidak jarang pribadi ini menyimpan dendam. Selain itu, Kamu juga jangan terlalu sering membawanya pergi bertemu dengan orang banyak, terutama dengan orang-orang yang tidak dikenalnya karena pribadi ini tidak suka akan keramaian. Ia lebih senang dengan suasana yang tenang dan tidak bising. Dengan begitu, tidak jarang pribadi ini lebih memilih menyendiri dibanding ikut berkumpul dengan orang banyak.

Keuntungan Pribadi Sensitif

Pribadi yang sensitif juga sangat teliti terhadap sesuatu, bahkan bisa sampai pada titik perfeksionis. Ia sangat memperhatikan segala sesuatu yang ada di sekelilingnya dan menyaksikan apa yang terjadi dengan serius. Namun, ia justru menghindari perhatian dan tidak suka menonjolkan diri. Pribadi ini sangat menghargai orang lain, sehingga membuatnya dapat mengapresiasi sesuatu yang sederhana sekalipun.

Meski dianggap kurang dalam kehidupan bermasyarakat, namun ada keuntungan tersendiri bagi pribadi yang sensitif.

  • Selalu Berhati-hati dan Teliti

    Memiliki rasa peka yang tinggi membuatnya selalu berhati-hati baik dalam bersikap, berbicara maupun saat mengambil sebuah keputusan. Ia akan memikirkan segala sesuatunya dengan matang agar tindakannya tidak merugikan dirinya dan orang lain. Selain itu, dia juga sangat berhati-hati dalam segala hubungan. Ia akan sangat selektif memilih teman atau pasangan hidup. Ketelitian yang dimilikinya membuatnya ingin menghasilkan segala sesuatu yang sempurna.

  • Kreatif

    Karena kurang bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya, pribadi ini menjadi lebih sering menyendiri. Dalam kesendiriannya membuat tingkat imajinasinya menjadi tinggi, karena dia lebih sering berkomunikasi dengan dirinya dan membayangkan hal-hal yang tidak pernah terjadi dalam kehidupannya atau belum pernah dialaminya. Hal ini membuatnya berkeinginan untuk mewujudkannya dalam kondisi lain. Oleh karena itu, dengan tingkat imanjinasi tertentu maka dapat melahirkan kreativitas. Ia pun bisa mengolah kreativitas yang dimilikinya. Kekayaan imajinasi yang dimiliki pribadi ini cenderung membentuk dirinya menjadi sebagai seorang penulis, musisi, aktor atau aktris.

  • Peka Terhadap Segala Sesuatu

    Pribadi yang sensitif sangat peka terhadap perasaan orang lain, sehingga menimbulkan rasa empati dalam dirinya. Ia bisa ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, mudah tersentuh dengan kejadian menyedihkan yang menimpa sosok terdekatnya juga mudah tersulut emosi. Ia akan menjadi pendengar setia bagi orang-orang yang ingin berkeluh kesah dan akan berusaha memberikan solusi terbaik. Ia juga bisa menenangkan orang yang mengalami keterpurukan. Oleh karena itu, pribadi sensitif bisa menyesuaikan diri ketika dirinya menjabat sebagai seorang manajer, guru atau ahli terapis karena dia bisa dengan cepat mengetahui kondisi di sekelilingnya.

  • Pekerja Keras

    Serius, tekun dan idealis. Itulah yang ada pada diri pribadi yang sensitif. Dia selalu serius dan tekun dalam mengerjakan sesuatu. Ketika pekerjaan yang dilakukannya masih dianggap kurang memuaskan, maka dia akan terus berusaha mencapai kepuasan yang diinginkan. Jika dia membuat sebuah kesalahan, maka ia akan segera memperbaiki kesalahan tersebut. Pribadi ini cenderung akan selalu berusaha dengan keras untuk mencapai apa yang diinginkannya.

Itulah beberapa keuntungan bagi pribadi yang sensitif. Seperti apa pun pribadi yang kita miliki, mungkin tidak akan terlepas dari tindakan positif dan negatif. Namun, alangkah bijaknya ketika kita akan melakukan sesuatu berpikir terlebih dahulu dan apabila terlanjur melakukan kesalahan, maka bergegaslah untuk memperbaikinya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: