Informasi dan Tips – informasitips.com

Ketahui Parameter Angka Kesehatan Jantung Anda

informasitips.com – Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik itu pria, wanita, tua maupun muda. Gaya hidup yang buruk dan tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang olahraga, sering merokok, minum alkohol, dan lain sebagainya ditengarai sebagai pemicu penyakit berbahaya nan mematikan ini.

Kabar baiknya adalah sebagian besar jenis penyakit jantung dapat dicegah atau bahkan diobati melalui kombinasi diet, olahraga, obat-obatan, dan pemantauan medis. Penyakit jantung dapat dicegah, diantaranya dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Selain menerapkan gaya hidup sehat, kita juga perlu mengetahui angka kesehatan jantung kita. Angka kesehatan jantung ini dapat memantau dan menggambarkan seperti apa kondisi kesehatan jantung kita.

Angka Kesehatan Jantung
Angka kesehatan jantung dapat dilihat dari beberapa parameter, yaitu Tekanan Darah, Kolesterol, Kadar Gula Darah, Indek Massa Tubuh (BMI), dan Lingkar Pinggang. Parameter-parameter tersebut bertindak sebagai alarm untuk memberikan informasi awal kepada kita mengenai kondisi kesehatan jantung kita.

Tiap parameter tersebut memiliki nilai (angka) tertentu dan batasan tertentu yang masih bisa diterima (dianggap aman). Jika angka kesehatan jantung melewati batasan nilai yang ditentukan, maka sebaiknya Anda patut waspada.

Bagaimana cara mengetahui angka kesehatan jantung? Anda dapat melakukan cek up rutin ke dokter. Namun, untuk beberapa parameter, Anda bisa mengukurnya sendiri, karena mudah dilakukan.

Berikut beberapa parameter angka kesehatan jantung yang perlu Anda perhatikan:

1. Tekanan Darah
Salah satu tanda yang paling utama dari penyakit jantung adalah tekanan darah. Tekanan darah yang normal menunjukkan kondisi jantung yang sehat.

Pembacaan tekanan darah biasanya disebutkan dalam dua angka, misalnya 120 per 80 (ditulis 120/80) mmHg. Angka pertama disebut tekanan darah sistolik, sedangkan angka kedua disebut tekanan darah diastolik.

  • Sistolik: angka yang menunjukkan tekanan saat jantung berdetak, yaitu saat jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi (saat jantung mengkerut).
  • Diastolik: merupakan angka yang menunjukkan tekanan saat jantung mengembang dan menyedot darah kembali.

Kondisi kesehatan jantung berdasarkan angka tekanan darah:
Dari angka tekanan darah kita bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan jantung kita.

  • Normal (sehat): bila tekanan darah kurang dari 120/80 mmHg
  • Pra-hipertensi: bila tekanan darah 120/80 sampai 139/89 mmHg
  • Beresiko (hipertensi): bila tekanan darah sama dengan atau lebih tinggi dari 140/90 mmHg.

Jika tekanan darah Anda normal, Anda dapat merasa lega, karena itu dapat berarti kondisi jantung Anda sehat (normal). Namun, bukan berarti Anda boleh lengah. Anda tetap harus menerapkan gaya hidup sehat agar risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung dapat diturunkan.

Angka Kesehatan Jantung

Anda patut waspada bila tekanan darah Anda tergolong yang tidak aman (beresiko), yaitu kondisi hipertensi. Tekanan darah yang tinggi (hipertensi) seringkali tidak memiliki gejala, namun sangat berbahaya bahkan bisa menimbulkan kematian. Itulah sebabnya mengapa hipertensi seringkali disebut sebagai Silent Killer. Hipertensi akan meningkatkan beban kerja jantung, beresiko tinggi menimbulkan serangan jantung, gagal jantung, stroke, atau masalah ginjal.

2. Kolesterol
Kolesterol merupakan jenis lemak yang terdapat dalam sel-sel dan aliran darah. Tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk membuat membran sel, hormon, vitamin D, dan garam empedu untuk penyerapan lemak. Hanya sekitar 20% dari kolesterol yang kita butuhkan berasal dari makanan yang kita makan. Sisanya, sekitar 80% dibuat oleh hati.

Ada 3 jenis klesterol:

  1. High-density lipoprotein (HDL): kolesterol baik atau sehat.
  2. Low-density lipoprotein (LDL): kolesterol jahat atau tidak sehat.
  3. Trigliserida: jenis kolesterol yang berasal dari lemak tidak sehat.

Selain nilai HDL, LDL, dan Trigliserida, ada pula nilai yang disebut Kolesterol Total, yaitu total dari HDL, LDL, Trigliserida, dan komponen lipid/lemak lainnya dalam tubuh.

Kondisi kesehatan jantung berdasarkan angka kolesterol:
Kondisi kesehatan jantung dapat tergambar melalui nilai (angka) kolesterol, yaitu:

– Aman (normal), bila:

  • Kolesterol total: kurang dari 200 mg/dl.
  • LDL: kurang dari 100 mg/dl.
  • HDL: lebih tinggi dari 50 mg/dl untuk wanita, dan lebih tinggi dari 40 mg/dl untuk pria.
  • Trigliserida: kurang dari 150 mg/dl

Tidak aman (beresiko), bila:

  • Kolesterol total: Lebih tinggi dari 200 mg/dl
  • LDL: Lebih tinggi dari 160 mg/dl
  • HDL: Kurang dari 40 mg/dl
  • Trigliserida: Lebih tinggi dari 200 mg/dl

Meskipun kolesterol sangat penting bagi tubuh, namun bila kadarnya tinggi dapat menimbulkan aterosklerosis, yaitu penumpukan kolesterol pada dinding arteri yang menyebabkan tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke.

3. Kadar gula darah
Kadar gula darah (glukosa darah) juga penting untuk menggambarkan kondisi jantung yang sehat. Gula darah dapat diukur secara akurat setelah delapan jam berpuasa.

Kondisi kesehatan jantung berdasarkan angka Gula darah:

  • Aman (normal): bila gula darah lebih rendah atau kurang dari 100 mg/dl
  • Beresiko: bila gula darah antara 100 sampai 125 mg/dl

Gula darah yang tinggi dapat menimbulkan penyakit diabetes (kencing manis), dan dalam jangka panjang juga bisa menimbulkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit ginjal, masalah penglihatan, penyakit jantung dan stroke.

4. Indek Massa Tubuh
Indeks Massa Tubuh atau dikenal juga dengan Body Mass Index (BMI) merupakan indikator lemak tubuh, yaitu cara cepat untuk melihat apakah Anda kelebihan berat badan (overweight) atau tidak.

Untuk menghitung BMI, ambil berat badan Anda dalam kilogram dan bagi dengan tinggi badan Anda dalam meter. Kemudian bagi jumlahnya dengan tinggi badan Anda dalam meter lagi.

Kondisi kesehatan jantung berdasarkan angka BMI:
Kondisi kesehatan jantung juga dapat dilihat dari angka BMI. Orang yang kelebihan berat badan (overweight) dan kegemukan (obesitas) lebih beresiko untuk terkena penyakit jantung.

  • Aman (normal): bila angka BMI 18,5-24,9
  • Berisiko: bila BMI 25-29.9 (overweight)
  • Berbahaya: bila BMI lebih dari 30 (obesitas)

5. Lingkar Pinggang
Menurut beberapa studi terbaru, ukuran lingkar pinggang merupakan indikator yang lebih baik daripada BMI dalam menggambarkan bagaimana kondisi kesehatan jantung. Kelemahan utama dari BMI adalah tidak memperhitungkan komposisi lainnya dalam tubuh (komposisi otot). Seseorang yang berat badannya lebih, belum tentu memiliki lemak yang tinggi. Contoh, tubuh seseorang memiliki lemak yang sedikit namun, ia dapat memiliki angka BMI lebih dari 25 karena memiliki massa otot yang lebih besar.

Ukuran lingkar pinggang merupakan indikator yang baik dalam menunjukkan kadar lemak yang ada dalam tubuh seseorang, khususnya di daerah sekitar perut. Lemak perut dianggap sebagai faktor risiko utama penyebab penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Kondisi kesehatan jantung berdasarkan angka lingkar pinggang:
Kondisi kesehatan jantung dapat juga dilihat berdasarkan angka lingkar pinggang. Semakin besar angka lingkar pinggang, maka akan semakin tinggi resiko timbulnya penyakit jantung.

  • Aman (normal/sehat): bila lingkar pinggang kurang dari 88 cm untuk wanita, dan kurang dari 102 cm untuk pria.
  • Beresiko: bila lingkar pinggang lebih dari 88 cm untuk wanita, dan lebih dari 102 cm untuk laki-laki

Ukuran lingkar pinggang yang besar dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, masalah metabolisme, diabetes dan tekanan darah tinggi. Untuk mengukur lingkar pinggang, Anda dapat menggunakan meteran yang dilingkarkan di sekeliling perut atau pusar (jangan terlalu kencang atau kendur). Sebaiknya, lakukan pengukuran lingkar pinggang setiap 2 minggu sekali.

—–
Angka atau nilai dapat mengungkapkan fakta-fakta tersembunyi. Khususnya dalam hal ini, fakta dari kondisi kesehatan jantung kita. Oleh karena itu, cek up kesehatan rutin perlu dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan jantung Anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Ketahui Parameter Angka Kesehatan Jantung Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: