Informasi dan Tips – informasitips.com

Kesehatan Dilihat Dari Kondisi Kuku

informasitips.com – Seringkali status kesehatan seseorang dapat terindikasikan dari penampakan fisik tubuhnya, misalnya saja keadaan kulit. Selain warna kulit, indikator kesehatan tubuh yang juga banyak digunakan adalah penampakan kuku. Berikut ini beberapa keadaan pada kuku yang memiliki kaitan dengan kondisi kesehatan si pemilik kuku:

Bintik Putih pada Kuku

Bintik Putih Kuku

Bintik putih yang terlihat pada kuku mengindikasikan bahwa minor trauma telah terjadi. Seseorang kerap mengaitkan bintik putih pada kuku dengan defisiensi kalsium, padahal yang sebenarnya bukanlah seperti itu. Bintik putih tidak ada kaitannya sama sekali dengan kekurangan kalsium.

Perubahan Warna Gelap

Kuku Noda Hitam

Jika Kamu menjumpai terjadinya perubahan warna menjadi gelap pada kuku, maka Kamu harus segera mengunjungi dokter untuk memeriksanya. Biasanya perubahan warna gelap menandakan adanya melanoma, yaitu bentuk kanker kulit yang harus diwaspadai.

Adanya Lekukan pada Kuku

Jika pada kuku terlihat adanya lekukan yang biasanya lebih dari satu, maka bisa jadi itu merupakan pertanda dari kondisi psoriasis. Psoriasis adalah penyakit peradangan kronis pada kulit. Selain psoriasis, lekukan pada kuku juga bisa menandakan adanya kelainan pada jaringan penghubung, alopecia areata (penyakit yang menyebabkan hilangnya rambut atau kerap disebut kebotakan), ataupun sarcoidosis (penyakit yang menyebabkan terjadinya peradangan pada jaringan tubuh). Segala kondisi peradangan pada permukaan atau area dangkal di jaringan kulit (dermatitis) dapat menyebabkan terjadinya lekukan pada kuku.

Kuku Clubbing

Kuku Clubbing

Keadaan seperti ini digambarkan dengan membesarnya ujung jari dan kuku tampak seperti melengkung dan mengarah ke bawah. Dari sisi kesehatan, keadaan kuku yang seperti itu mengindikasikan rendahnya kadar oksigen di dalam darah dan juga berhubungan dengan penyakit paru-paru. Selain itu, kuku clubbing juga terkait dengan penyakit liver atau ginjal, penyakit jantung, penyakit radang usus, dan AIDS.

Kuku Kuning

Kuku Kuning

Kuku menguning biasanya muncul kala disertai oleh penuaan, selain itu juga bisa disebabkan oleh penggunaan cat kuku ataupun oleh merokok. Hal lain yang mungkin menyebabkan berubahnya kuku menjadi kuning adalah adanya infeksi jamur. Ada juga yang mengaitkan kuku menguning karena berbagai kondisi kesehatan, seperti penyakit tiroid, diabetes, psoriasis atau penyakit pada pernafasan.

Kuku Kering, Pecah atau Rapuh

Tanda yang seperti ini terkait dengan gaya hidup ataupun kebiasaan sehari-hari, semisal hidup di tempat dengan kelembaban rendah atau akibat terpapar banyak bahan kimia saat sering menggunakan penghilang cat kuku. Juga bisa disebabkan oleh defisiensi vitamin A, C ataupun B7.

TIPS Agar KUKU Kuat dan Sehat

Saat kini sudah mengetahui berbagai gejala yang dapat muncul pada kuku dan kaitannya dengan kondisi kesehatan, maka wajar jika di saat yang sama kesadaran untuk menjaga kuku agar senantiasa sehat juga muncul. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar kuku kuat dan sehat:

– Hindari kebiasaan menggigit-gigit atau mencongkel-congkel kuku.

– Senantiasa menjaga agar kuku bersih dan kering.

– Jangan memindahkan kutikula pada kuku Kamu, atau membersihkannya terlalu dalam sehingga dapat menyebabkan luka yang dapat berakibat lanjut ke infeksi.

– Untuk menjaga kuku senantiasa sehat, maka aplikasikanlah pelembap pada kuku Kamu dan kutikulanya setiap hari. Krim yang mengandung urea, fosfolipid ataupun asam laktat dapat mencegah terjadinya pecah-pecah pada kuku Kamu.

– Hindari untuk mencongkel kuku yang tumbuh ke dalam, biasanya kuku yang seperti itu dijumpai pada kuku jempol kaki. Jika kuku yang tumbuh ke dalam itu sudah sangat mengganggu, maka Kamu bisa memeriksanya ke dermatologis.

– Jangan gunakan produk penghapus cat kuku (nail polish) yang mengandung aseton ataupun formaldehida.

– Jika kegiatan perawatan kuku (manicure) sering Kamu lakukan, maka sebaiknya Kamu menggunakan peralatanmu sendiri. Oleh karena itu, alangkah baiknya Kamu membawa peralatan kuku itu kemana pun Kamu pergi.

– Konsumsilah makanan dengan nutrisi seimbang dan vitamin yang mengandung vitamin B7 atau biotin.

– Jika Kamu kerap menggunakan kuku buatan, maka Kamu harus secara teratur memeriksanya karena khawatir ada perubahan warna menjadi hijau, hal itu merupakan indikasi terjadinya infeksi.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: