Informasi dan Tips – informasitips.com

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menurunkan Berat Badan

informasitips.com – Berat badan berlebih sepertinya telah menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Orang akan melakukan cara apapun untuk bisa menurunkan berat badannya, sampai menyiksa diri sekalipun terkadang menjadi sebuah pilihan. Padahal, langkah menyiksa diri seperti itu seringkali tidak membuahkan hasil, malah justru sebaliknya. Hal itu sering terjadi, karena banyak dari mereka yang sesungguhnya telah salah melakukan banyak hal guna menurunkan berat badan. Berikut ini kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam menurunkan berat badan:

  1. Mengurangi Kalori yang Masuk

    Hal ini tentunya banyak dilakukan oleh mereka yang menginginkan berat badannya turun. Wajar saja, karena menurunkan berat badan kan esensinya adalah kalori yang terbuang lebih banyak dibanding kalori yang masuk. Mengurangi kalori yang masuk berarti mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi. Hal itu akan membuat tubuh Kamu berada dalam keadaan lapar sehingga laju metabolisme tubuh secara otomatis akan diperlambat. Nah, pada saat metabolisme lambat tubuh cenderung menyimpan lemak daripada menggunakannya. Saat Kamu berhenti diet, siap-siap aja menghadapi kenaikan berat badan.

    Lalu, solusinya bagaimana?

    Jangan sampai tubuh Kamu berada dalam keadaan kelaparan karena menahan makan. Makanlah sesuai kebutuhanmu dan konsumsilah hanya makanan yang sehat setiap 4 hingga 5 jam sekali tergantung dari tingkat aktivitas yang Kamu jalani. Hal ini tidak hanya dapat membantu program penurunan berat badan yang Kamu lakukan, tetapi juga akan meningkatkan performa Kamu.

  2. Kesalahan saat Menurunkan Berat Badan

    sumber gambar: www.healthyweightlossadvice.net

  3. Tidak mengonsumsi lemak sama sekali

    Tidak menyantap makanan yang mengandung lemak sama sekali tidak akan membantu banyak dalam menurunkan berat badan. Di sisi lain, lemak termasuk salah satu golongan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Asam-asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh harus dikonsumsi dari makanan. Tubuh membutuhkan asam lemak esensial untuk membantu tubuh dalam proses pemulihan sehabis Kamu berolahraga atau latihan. Kekurangan lemak jenis itu justru akan mengurangi performamu dalam berbagai aktivitas yang Kamu jalankan.

    Solusinya adalah…

    Tetaplah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, terutama lemak tidak jenuh, hindari yang termasuk lemak jenuh. Pastikan Kamu mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak tidak jenuh tunggal secara rutin, karena hal itu akan membantu proses penurunan berat badan yang Kamu lakukan. Beberapa sumber makanan yang mengandung banyak lemak tidak jenuh tunggal adalah minyak ikan, buah alpukat, minyak zaitun dan beberapa dari jenis kacang-kacangan.

  4. Fokus ke diet, lupa Olahraga

    Harus diakui bahwa kebanyakan dari Kita dalam menurunkan berat badan selalu mengambil langkah untuk mengurangi asupan makanan atau dengan kata lain melakukan diet. Kita terlalu fokus untuk tidak mengonsumsi banyak makanan tetapi lupa berolahraga, andaikan pun melakuan olahraga, tetapi tidak serius atau tidak rutin dilakukan. Seperti yang telah dikatakan di atas bahwa jika Kita terbiasa untuk membuat tubuh Kita lapar, maka metabolisme tubuh akan melambat, padahal seharusnya dalam menurunkan berat badan Kita harus meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh, bukan malah membuatnya menjadi lebih lambat dengan tidak makan. Kalau metabolisme tubuh lambat, maka tubuh cenderung untuk menyimpan lemak sebagai cadangan energi, bukan membakarnya.

    Lalu, solusinya?

    Solusinya, seriuslah berolahraga. Buat program latihan yang jelas. Olahraga yang intensitasnya tinggi akan lebih banyak membakar kalori dibanding dengan melakukan olahraga yang intensitasnya rendah. Selain itu, olahraga dengan intensitas yang tinggi akan meningkatkan laju metabolisme tubuh Kita, yang berarti tubuh akan membakar banyak lemak saat Kita melakukan olahraga dengan intens.

  5. Tidak memperhatikan kuantitas dan kualitas tidur
    Beberapa orang beranggapan bahwa tidur yang cukup dan berkualitas dapat menambah berat badan. Bahkan, banyak juga yang sampai begadang atau sengaja mengurangi waktu tidurnya agar bisa kurus. Padahal kenyataannya, agar program penurunan berat badan bisa berhasil, maka kecukupan dan kualitas tidur harus dijaga dan diperhatikan. Tidur berperan penting dalam menjaga keseimbangan hormon ghrelin dan leptin, sehingga berat badan dapat dikontrol atau bahkan diturunkan.

    (Selengkapnya, bisa membaca artikel : Ingin Kurus, Perbanyaklah Tidur)

    Lalu, solusinya?
    Tetaplah menjaga kuantitas dan kualitas tidur Anda. Tidurlah dengan nyenyak dan cukup sekitar 7-9 jam sehari. Sebisa mungkin hindari kebiasaan begadang, karena kebiasaan ini selain memengaruhi keberhasilan diet Anda, juga bisa mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: