Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan Minggu Ke-4

informasitips.com – Kehamilan 4 minggu merupakan masa periode implantasi telur yang telah dibuahi ke rahim. Anda mungkin mulai tidak mendapatkan haid pada minggu ini. Untuk memastikan apakah Anda memang hamil biasanya Anda akan melakukan pengecekan lewat test pack. Namun, karena hormon hCG pada masa ini masih belum terlalu tinggi, biasanya hasil test pack belum menunjukkan hasil yang positif. Anda diharuskan untuk bersabar menunggu 1-2 minggu lagi untuk melakukan pemeriksaan dengan test pack kembali. Biasanya, setelah 1-2 minggu itu, pemeriksaan test pack akan memberikan hasil yang positif bila Anda memang benar-benar hamil.

Di minggu-minggu pertama kehamilan Anda ini mungkin akan muncul 1001 pertanyaan di dalam benak Anda. Semuanya itu bercampur dengan kecemasan dan ketakutan. Jangan khawatir, karena memang tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jalani dengan keyakinan karena sesungguhnya sedang terjadi sesuatu hal yang menakjubkan di dalam tubuh Anda.

Meskipun pemeriksaan dengan test pack masih belum memperlihatkan hasil yang positif, tetapi, di kehamilan 4 minggu ini sebaiknya Anda mulai menaruh perhatian yang ekstra pada kesehatan tubuh Anda. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi asam folat setiap harinya. Idealnya, seorang wanita hamil setiap hari membutuhkan 400 mikrogram asam folat, setidaknya konsumsilah satu tablet asam folat per hari. Anda bisa memperoleh tablet asam folat di apotek-apotek terdekat.

Asam folat sangat dibutuhkan untuk membantu mencegah terjadinya cacat pada bayi yang sedang berkembang yang mungkin terjadi di 12 minggu pertama kahamilan. Setelah 12 minggu, sebenarnya Anda boleh saja untuk berhenti mengonsumsi suplemen asam folat dan mendapatkannya dari makanan sehari-hari yang Anda konsumsi. Tetapi, untuk mempertahankan kandungan asam folat dalam makanan tidaklah mudah. Asam folat cenderung mudah hilang selama proses pemasakan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk terus melanjutkan konsumsi tablet asam folat selama masa kehamilannya.

Selama masa kehamilan ini, Anda hendaknya tidak merokok, minum minuman yang mengandung alkohol ataupun mengkonsumsi obat-obatan. Hal tersebut dapat memberikan dampak negatif terhadap perkembangan janin dan juga diri Anda sendiri.

Perkembangan dan Perubahan Pada Tubuh Ibu

Pada kehamilan minggu ke-4 ini sebelum plasenta sepenuhnya terbentuk, produksi progesteron dijalankan oleh corpus luteum dengan maksud untuk mendukung kehamilan. Kira-kira di minggu ke-12, barulah plasenta mengambil alih fungsi corpus luteum dalam memroduksi progesteron. Progesteron sangat penting bagi kehamilan Anda, karena kekurangan progesteron akan menyebabkan terjadinya keguguran. Jika kandungan progesteron dalam tubuh rendah, maka sebaiknya Anda mengkonsultasikan hal tersebut ke dokter kandungan.

Kehamilan-4-Minggu

Pada kehamilan minggu ke-4 ini, Anda mungkin sudah mulai bisa merasakan gejala-gejala kehamilan. Gejala yang biasa dirasakan pada minggu ke-4 ini adalah menjadi mudah cepat lelah. Hal itu wajar saja, karena sekarang di dalam tubuh Anda terdapat mahluk mungil yang mengakibatkan terjadinya berbagai perubahan yang memengaruhi vitalitas tubuh Anda. Gejala lain yang mungkin juga dirasakan adalah kram perut ringan atau adanya perubahan pada pay udara.

Perkembangan Janin di 4 Minggu Kehamilan

Pada kehamilan di minggu keempat ini hal menakjubkan sedang terjadi di dalam tubuh Anda. Ukuran janin memang masih sangat kecil, yaitu berkisar antara 0,14 – 0,4 inci atau setara dengan 0.5 – 1 mm. Pada minggu ini janin Anda mulai tertanam pada lapisan rahim.

Janin-2-Minggu Kehamilan 4 Minggu

(Kehamilan 4 minggu)

Minggu ke-4 kehamilan merupakan awal dari perkembangan embrio dimana organ-organ bayi juga mulai berkembang hingga 10 minggu. Awal minggu ke-4 merupakan masa-masa krusial bagi perkembangan janin. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga dari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan, seperti menghindari zat-zat berbahaya (polusi, makanan yang mengandung pengawet, dsb). Begitu juga dengan konsumsi tembakau (rokok) dan alkohol yang harus segera dihentikan jika Anda selama ini memang biasa mengkonsumsinya.

Baca juga:

Zat-zat Berbahaya Bagi Kehamilan

Obat Apa yang Boleh Dikonsumsi saat Hamil?

Selain itu, Anda juga mulai harus mengurangi dan menghindari sejumlah makanan tertentu yang memang harus dipantang selama kehamilan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja pantangan makanan selama kehamilan, silakan membaca artikel:

Pantangan Makanan Ibu Hamil

Embrio yang telah tertanam di dalam rahim sedang berkembang, bagian dalam dari embrio telah mulai berkembang menjadi bayi, sedangkan bagian terluar embrio berkembang menjadi dua membran yang dikenal sebagai amnion dan chorion. Bagian amnion nantinya akan berkembang menjadi kantung yang memproduksi dan mengandung cairan amnion (ketuban) yang hangat yang akan mengeliligi dan melindungi bayi Anda sampai nantinya lahir. Sedangkan chorion akan mengelilingi amnion dan akan menjadi plasenta.

Semoga artikel mengenai perkembangan Kehamilan 4 Minggu ini dapat berguna bagi Anda. Dan Selamat Atas Kehamilan Anda.


Artikel Terkait:

Kehamilan 5 Minggu: Apa saja yang terjadi?

Kehamilan Minggu Ke-6: Yang Terjadi Pada Janin dan Ibu Hamil

Bagikan artikel:

Artikel Terkait

6 thoughts on “Kehamilan Minggu Ke-4

  1. Mummy87

    Wh..hpy sgt dh tahu dri mgandung..3 tahun mnunggu gd news ni.. Smoga baby ku mbsar dgn sht & slmat..Tuhan mberkati mu Syg..mummy & ddy gembira atas anugrah Tuhan yg sgt brnilai ini..

  2. sidik

    Terimakasih artikelnya,,,sangat membantu ,sehingga kami bisa menjaga janin yang ada dalam kadungan istriku tercinta…semoga bisa memberikan artikel2 lain lg yang lebih menarik lainnya seputar kesehatan janin….

  3. lila

    Berguna banget info’a.
    Singkat padat dan sangat jelas,,apalg untuk ibu yg sedang hamil pertama dengan usia kehamilan 4 mggu. Makasi

  4. ICHA

    Wahhhh,, benar sekali dgn artikelnya,, sesuai dgn yg saya alami skr ini,, mudah2an kehamilan kali ini berjalan lancar,. aamiin

  5. nita

    Artikel yang bagus dan bermanfaat. Mudah-mudahan bisa membantu bagi yang sedang mempersiapkan kehamilan maupun yang sedang mengalami kehamilan di tahap awal. 🙂

  6. ismariani

    Makasih banget yah atas artikelnya…b’hbung kandungan aku yang memang masih berumur sktar 4 minggu . Artikel ini sangat membantu skli bagi pemahaman sy . Semoga anak sy sehat selalu dn insya allah lahir selamat dgn fisik sempurna tnpa cacat…smga bgtupun dgn para ibu yg sdg hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: