Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan Bulan Pertama

Posted on by in , with 1 Comment

informasitips.com – Apa yang terjadi pada minggu pertama kehamilan? Jawabannya adalah menstruasi. Loh kok begitu? Masih ingat saat bidan atau dokter anda menghitung usia kehamilan anda? Dokter akan bertanya, kapan hari pertama haid terakhir anda? Anda jawab, 4 minggu yang lalu, berarti usia kehamilan anda sekarang 4 minggu. Perumusan usia kehamilan ini sebenarnya untuk memudahkan menghitung perkiraan persalinan dengan rumus naegel (dijelaskan di bawah).

Jadi kapan sebenarnya anda hamil? Kehamilan terjadi saat sel telur matang/ovum yang dibuahi sperma menempel pada dinding rahim. Pada siklus haid 28 hari, ovum akan matang dan dikeluarkan pada minggu kedua siklus menstruasi (siklus haid dihitung dari hari pertama haid). Ovum akan berjalan melalui saluran telur/tuba falopii menuju rahim. Sepanjang perjalanannya dalam saluran ini, jika ovum dibuahi sperma, maka sel akan melanjutkan perjalanannya sampai menempel ke dinding rahim, sambil membelah menjadi zigot dan bakal plasenta.

Pembuahan kehamilan bulan pertama

Dari mulai dibuahi sampai menempel ke rahim, tidak ada yang tau persis tanggalnya, karena siklus haid wanita berbeda-beda, kapan pembuahan juga kan tidak bisa dipastikan. Jadi kurang lebihnya, saat kehamilan minggu keempat diperkirakan terjadi nidasi yaitu ovum yang dibuahi berimplantasi pada rahim, dan dimulailah kehamilan. Untuk memudahkan anda, ini dia langkah-langkahnya.

1. Minggu pertama kehamilan = periode menstruasi
2. Minggu kedua kehamilan = periode pembuahan
3. Minggu ketiga kehamilan = periode perjalanan dan pembelahan sel
4. Minggu keempat kehamilan = periode implantasi

Sudah mengerti? Nantinya saat janin besar, dengan bantuan USG yang tingkat akurasinya mencapai 95%, dokter akan memperkirakan umur kehamilan sesungguhnya.

USG Kehamilan 4 minggu

Sekarang bagaimana memperkirakan waktu persalinan? Di atas sudah disinggung mengenai rumus Naegel untuk memperkirakannya. Dengan rumus di bawah ini anda bisa menghitung berdasarkan rata-rata siklus menstruasi anda.

Rumus = Hari pertama haid terakhir – 3 bulan + 7 hari ± jumlah hari yang menyimpang dari siklus menstruasi normal (28 hari) + 1 tahun.

Contoh: Siklus menstruasi anda 32 hari. Hari pertama haid terakhir anda 01.01.2011 (1 Januari 2011)
01.01.2011- 3 bulan = 01.10.2010
01.10.2011 + 7 hari = 08.10.2010
08.10.2011 + 4 hari = 12.10.2010
12.10.2011 + 1 tahun = 12.10.2011
Jadi tanggal perkiraan persalinan anda adalah 12.10.2011 (12 Oktober 2011)

Jika anda merencanakan kehamilan, sebaiknya anda mulai mengkonsumsi suplemen asam folat/vitamin B9 0.4 mg perhari. Saat kehamilan anda sudah terdiagnosis, konsumsinya dinaikkan menjadi 0.8 mg perhari. Masih ingat pada minggu ketiga, saat ovum yang dibuahi mulai melakukan pembelahan sel? Nah disitulah peran asam folat bekerja. Makanya dokter menyarankan konsumsi asam folat sebelum hamil, bukan “saat pembuahan”, nanti pasiennya bingung :D

Saat minggu ketiga dan keempat kehamilan, sudah mulai dibentuk sel-sel yang nantinya menjadi organ-organ penting janin, seperti otak, syaraf, jantung, dan lain-lain. Pembentukan ini membutuhkan asam folat. Jika asupannya kurang, dikhawatirkan bayi anda nantinya cacat, misalnya sumbing, anencephaly/tempurung kepala tidak terbentuk sebagian, spina bifida/cacat tulang belakang dan kelainan jantung. Untuk mencegah kurangnya asupan dari makanan dibutuhkanlah suplemen. Makanan yang mengandung folat yaitu kecambah, bayam, kentang, brokoli dan kacang hijau. Mulai bulan keempat kehamilan, asam folat sudah tidak memiliki pengaruh lagi terhadap perkembangan janin anda. Namun bila anda tetap mengkonsumsinya sebanyak 0.4 mg perhari, akan berpengaruh positif untuk tubuh anda, karena folat juga berpengaruh dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, bagi anda yang mengkonsumsi alkohol, sebaiknya sebelum hamil juga dihentikan, karena bisa menimbulkan cacat pada bibir dan langit-langit mulut janin. Mulut ibu yang minum, tapi mulut janin yang kena dampaknya.
Penjelasan mengenai perkembangan kehamilan bulan kedua dan seterusnya, akan dibahas pada sesi selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

——————————–

Berikut Seri Perkembangan Kehamilan Lengkap (1 hingga 9 bulan) di informasitips.com :

Artikel Terkait

One thought on “Kehamilan Bulan Pertama

  1. dewi

    Wah artikelnya sangat membantu dokter.. Semoga sukses S2nya.. Dan bisa kembali ke Indonesia dg sukses & sesuai target.. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih