Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan 3 Bulan

informasitips.com – Mari kita bahas kelanjutan kisah si kecil dalam kandungan. Kali ini kita akan mengetahui bagaimana perkembangan bayi di usia kehamilan bulan ke-3.

Pada minggu kesembilan, dokter bisa melihat melalui USG, apakah anak Anda kembar atau tidak. Dokter juga mengukur panjang janin melalui USG dan menyesuaikannya dengan usia kehamilan, memeriksa gerakannya dan jantungnya.

Minggu ke-9
Pada minggu ini, rasa lelah dan lemas sudah berkurang. Namun, ibu mulai sensitif terhadap bau-bauan dan rasa. Banyak wanita yang bahkan menyukai makanan yang dulunya tidak disukai, dan makanan yang dulunya disukai malah membuat mual. Sering pula perut terasa kembung dan sembelit. Hal ini bisa diatasi dengan pola makan yang sehat dan minum yang cukup. Lebih baik berkonsultasi ke dokter jika Anda mempunyai keluhan yang mengganggu, daripada meminum obat pilihan sendiri, walaupun itu produk herbal.

USG Kehamilan Minggu 9

Sekarang si kecil panjangnya 2 cm. Pada akhir minggu ke-9, janin Anda sudah bukan embrio lagi, namun namanya fetus. Dulu saat embrio, si kecil punya ekor, nah sekarang ekornya sudah menghilang. Organ-organ dan sel syaraf sudah memulai aktivitasnya. Melalui USG, telinga si kecil tampak, tangan dan kakinya bergerak-gerak. Sebelumnya telapak tangan dan kaki seperti bebek, sekarang sudah terbentuk jari-jarinya. Otak janin sekarang terlindung oleh tempurung kepala, namun karena otak masih terus tumbuh, maka tempurung belum tertutup rapat. Sistem saraf kini membangun akson-akson, yaitu penghubung antara saraf satu dengan yang lain ataupun otot. Beberapa bagian otak berkembang menurut fungsinya, ada yang bertugas memahami sensasi seperti perabaan dan rasa sakit, ada juga yang mengendalikan fungsi pendengaran, pengelihatan dan pergerakan. Pada masa ini, jika si ibu mengkonsumsi minuman beralkohol, sangat rentan merusak syaraf-syaraf yang berkembang ini. Akan terjadi kecacatan, misalnya tangan dan kaki tidak dapat bergerak sempurna atau cacat. Minggu ini liver (hati) janin sudah mulai membuat sel darah sendiri.

Minggu ke-10
Antara minggu ke-9 sampai ke-12, akan dilakukan pemeriksaan lengkap saat Anda check-up. Diantaranya berat badan, tekanan darah, dan urin (untuk memeriksa adanya protein, gula dan bakteri). Dalam minggu ini ibu mulai memperhatikan perubahan pada kulit dan rambutnya. Dokter juga memeriksakan kadar hemoglobin darah, yang dapat menjadi petunjuk adanya kekurangan zat besi.

USG Kehamilan Minggu 10

Pada kehamilan minggu kesepuluh ini, panjang fetus 2.5 cm. Si kecil sangat aktif menggunakan otot-ototnya, sementara sel-sel otak terus bertambah, dan saling berhubungan antara sel yang satu dengan lainnya. Tali pusar yang menghubungkan janin dan ibu terdiri dari 3 pembuluh darah, yaitu 2 arteri dan satu vena, fungsinya untuk mengirim nutrisi untuk janin dan mengeluarkan sisa metabolisme. Karena pertumbuhan janin dari atas ke bawah, makanya kaki terlihat lebih kecil dari tangan dan pertumbuhan jari-jari kaki lebih lambat. Namun pada minggu ini, siku, lutut, sendi-sendi tangan dan kaki, juga jari-jari tampak jelas. Janin Anda berenang-renang dalam cairan ketuban sekarang.

Minggu ke-11
Pada minggu ke-11 sampai 13 dapat dilakukan tes Chorionic Villus sampling. Pada tes ini diambil sedikit jaringan plasenta melalui selang kecil yang dimasukan melalui v*g*n*. Kemudian jaringan ini akan diperiksa untuk mengetahui adanya kecacatan pada janin. Jika hasil tes kurang jelas, dapat dilakukan tes lain, dengan mengambil sampel cairan ketuban (amniosintesis). Tidak semua wanita hamil menjalankan tes-tes tersebut. Hanya pada wanita yang dicurigai janinnya cacat saja yang akan diperiksa dengan tes ini.

Merasa haus? Iya, mulai minggu kesebelas ini Anda akan lebih cepat haus. Ini karena volume darah Anda terus bertambah, sampai persalinan volume darah bertambah 50%. Jadi bila dulu Anda sering merasa dingin pada bagian kaki dan tangan, saat hamil akan berasa lebih hangat, karena pertambahan volume darah ini. Mulai kini Anda juga lebih sering buang air kecil dan sering sembelit.

USG kehamilan minggu kesebelas

Di atas adalah gambar kaki si kecil di usia kehamilan 11 minggu. Sekarang fetus panjangnya 3 cm, dengan berat rata-rata 15 gram. Organ kelamin luar juga sudah mulai terbentuk, tidak lama lagi, dokter bisa memperkirakan jenis kelaminnya dengan USG. Kulit fetus yang dulunya transparan, kini sudah bertambah tebal lapisan kulitnya. Jari-jari tangan dan kaki mulai tumbuh jaringan kuku. Rambut-rambut halus mulai tumbuh pada seluruh badan. Jantung si kecil sekarang terlindung oleh torax/ rongga dada.



Minggu ke-12
Bagi ibu berperawakan kurus, pembesaran rahim sudah mulai dapat diraba. Rahim ibu kini sebesar kepalan tangan. Karena kelenjar gondok janin mulai menjalankan fungsinya, dan kelenjar gondok ibu pada kehamilan bekerja lebih berat, maka ibu hamil harus mengkonsumsi lebih banyak iodium pada makanan atau melalui suplemen. Setiap hari, ibu harus mengkonsumsi sekitar 250 mg iodium. Konsultasikan terlebih dulu ke dokter, jika Anda ingin menggunakan suplemen iodium. Karena aktifnya kelenjar gondok ibu, maka ibu bisa jadi cepat marah dan lesu atau bahkan depresi. Cobalah untuk sering menenangkan diri dan bernapas dalam.

USG kehamilan minggu kedua belas

Di atas ini adalah gambar janin usia minggu kedua belas, panjangnya sekarang 5 cm dan beratnya 16 gram. Kening, hidung, mulut, rahang sangat jelas pada pemeriksaan USG. Kanal telinga juga sudah mulai berkembang. Tulang iga dan tulang belakang mulai mengeras. Bayi sudah dapat sedikit menggerakkan bibir dan kepalanya. Namun gerakan janin belum terkoordinasi baik, syaraf-syaraf untuk pergerakan masih terus berkembang, dan ibu juga belum bisa merasakan pergerakannya. Sekarang plasenta sudah sempurna tumbuh, dan dapat mentransfer oksigen dan makanan untuk janin. Janin juga mulai menelan air ketuban dan tersedak, ini tidak apa-apa, si kecil hanya sedang berlatih untuk bernapas.

Pembahasan bulan ke-4 dan seterusnya pasti lebih seru. Ditunggu ya.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

——————————-

Berikut Seri Perkembangan Kehamilan Lengkap (1 hingga 9 bulan) di informasitips.com :



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *