Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan Bulan Kedua

informasitips.com – Khususnya trimester pertama, tubuh menyesuaikan diri terhadap hormon-hormon yang dikeluarkan. Pengeluaran hormon progesteron akan membuat rahim menjadi lebih lunak, sehingga pertumbuhan janin tidak terganggu. Hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) mencegah matangnya sel telur baru dan oleh karena itu tidak terjadi pula menstruasi. Pada trimester ini juga bisa timbul gangguan peredaran darah, seperti hipertensi atau mungkin tekanan darah yang rendah. Ini dikarenakan pembuluh darah ibu membesar untuk memberi pasokan darah yang lebih baik ke plasenta. Di sisi lain volume darah ibu meningkat 50%, sehingga jantung harus memompa lebih kuat, supaya aliran darah sampai ke plasenta.

Baca juga: Hipertensi (Darah Tinggi) Saat Hamil

Minggu ke-5
Mulai minggu ke-5 kehamilan, anda mulai merasakan ada perbedaan. Beberapa wanita merasakan seperti hendak mendapat haid, misalnya mudah letih, nyeri punggung dan pay*d*ra tegang. Apakah ini merupakan tanda kehamilan, anda dapat memeriksakannya ke dokter. Jika kehamilan anda dianggap tidak beresiko, anda akan diharuskan menjalani pemeriksaan setiap empat minggu sampai usia kehamilan 32 minggu. Lalu pemeriksaan tiap dua minggu mulai usia kehamilan 33 minggu. Jika persalinan lewat dari waktu perkiraan, anda akan menjalani pemeriksaan tiap dua hari.

Pemeriksaan ini mencakup berat badan, tekanan darah, urin, dan hemoglobin. Besarnya perut anda akan diperiksa dan dinilai letak janinnya. Pemeriksaan USG dilakukan tiga kali, antara minggu ke-9 dan akhir minggu ke-12, antara minggu ke -19 dan akhir minggu ke-22, dan dan antara minggu ke-29 dan akhir minggu ke-32. Namun jadwal ini tidak sama pada tiap dokter, ini hanya gambaran saja.

Pada minggu ke-5 embrio masih sangat kecil berukuran 2 mm. Pada hari ke-15, terbentuk batang otak dan syaraf tulang belakang yang masih primitif. Walaupun fungsinya belum sempurna, namun fungsi yang mengatur kesadaran sudah ada, oleh karena itu pada minggu ini disebut awal kehidupan janin. Pada hari ke-22, jantung dapat memulai denyutnya yang pertama. Jantung janin berdenyut lebih cepat 2x lipat denyut jantung ibu.

Minggu ke-6
Sekarang embrio sudah 4 mm panjangnya, umurnya sekitar 3-4 minggu. Pada pemeriksaan USG tampak seperti cacing yang melengkung, kepala dan leher mulai tampak. Garis mata, telinga dan otak dapat dikenali. Embrio juga berkembang membentuk tulang belakang. Pembentukan tulang belakang ini dimulai dari leher ke bawah, dibagian akhir akan membentuk ekor, yang akan berregresi/ hilang pada perkembangan embrio selanjutnya. Karena perkembangan dimulai dari atas ke bawah, maka kepala tampak lebih besar daripada tubuh.

USG kehamilan minggu 6
Minggu ke-7

Minggu ini, keluhan ibu semakin bertambah, terutama rasa lelah. Peregangan rahim juga menyebabkan rasa tegang saat berbaring. Ibu juga lebih sering buang air kecil, karena rahim yang membesar mendorong kandung kemih. Pembesaran pay*d*ra juga mulai membuat ibu tidak nyaman saat tidur. Sekarang embrio sudah 5 mm panjangnya, diukur dari puncak kepala sampai tulang ekor. Tampak seperti kacang merah, karena kepala masih menempel pada dada. Untaian otot si kecil sudah mulai terbentuk, namun gerakan pertamanya belum terasa, masih seperti kedutan kecil. Garis bibir, lubang hidung, gigi sekarang berkembang. Sekarang jantungnya memompa teratur 150 kali permenit.

USG Kehamilan minggu ke tujuh


Minggu ke-8
Kelelahan dan rasa sesak setelah melakukan pekerjaan rumah mungkin dirasakan pada minggu ini. Sebagian oksigen yang anda hirup, akan dipakai pula untuk janin anda. Volume darah juga semakin besar, untuk menyokong kehidupan si kecil. Bergerak dan hiruplah udara yang segar, ini membantu anda untuk mengatasi rasa lemas. Sekarang embrio berumur 6 minggu, panjangnya 15 mm diukur dari puncak kepala sampai tulang ekor. Kepalanya tidak menunduk lagi, sekarang sedikit terangkat. Si kecil tampak seperti teddy bear, dengan mata, bibir dan hidung yang makin kelihatan. Tempurung kepalanya terdiri dari tulang rawan tipis, otak besar dan otak kecil terlindung di dalamnya. Kelopak mata juga mulai terbentuk. Beberapa organ sudah mulai berfungsi. Ginjal telah mengeluarkan urin, lambung mengeluarkan asam lambungnya.

USG Kehamilan minggu 8

Nah, inilah perkembangan janin di bulan kedua. Simak terus artikel selanjutnya mengenai perkembangan janin ya.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

—————————–

Berikut Seri Perkembangan Kehamilan Lengkap (1 hingga 9 bulan) di informasitips.com :



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

3 thoughts on “Kehamilan Bulan Kedua

  1. Vetta Fegitalasky

    seorang wanita kelihatan hamil pada saat usia kehamilan 24 minggu. saat itu perut sdh terlihat membesar, dan rahim dpt diraba, setinggi pusat ibu. 🙂

  2. megasari

    Dok, kl hsl usg usia janin 6 minggu janin dan detak jantung bln kliatan, disrbabkan krn apa yaa dok. Makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *