Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan bulan ke- 9

Posted on by in , with 8 Comments

informasitips.com – Sebelumnya saya sudah membahas bagaimana perkembangan kehamilan dari bulan ke bulan. Kali ini kita akan melihat seperti apa perkembangan janin dalam kandungan di usia kehamilan sembilan bulan.

Minggu ke-33
Pada minggu ke-33 janin mulai turun lebih dalam ke rongga panggul. Sehingga rasa sesak anda yang pada minggu sebelumnya terasa, kini sudah berkurang. Namun kini masalahnya adalah, Anda sering sekali berkemih, karena kandung kemih yang tertekan oleh rahim Anda yang membesar. Kaki dan tangan Anda juga sedikit membengkak karena retensi air (penjelasannya ada pada artikel kehamilan bulan ke-8), juga varises dapat timbul karena aliran pembuluh darah vena yang melambat saat hamil. Mulai minggu ini v*g*n* anda mengeluarkan lendir yang kadang bercampur darah dari leher rahim, ini merupakan perlindungan terharap bakteri, agar ia tidak dapat masuk ke rahim. Lendir ini dapat juga muncul beberapa minggu atau beberapa hari atau sesaat sebelum persalinan dengan adanya kontraksi pada rahim. Jika kontraksi tersebut berlangsung teratur dan berlangsung lebih panjang, maka itu merupakan tanda-tanda persalinan.

USG kehamilan minggu 33

Janin Anda sudah 2000 gram beratnya dan panjangnya 44 cm. Semakin mendekati hari persalinan, lemak di bawah kulitnya semakin banyak dan ini membuat suhu badannya lebih tinggi satu derajat dari suhu badan ibu. Setelah lahir, lemak di bawah kulit janin tersebut berfungsi sebagai penyimpan panas dan penyuplai energi. Saat hari-hari pertama kelahirannya, bayi sedikit sekali mau menyusu, namun itu cukup untuknya. Pada beberapa hari pertama setelah melahirkan, produksi susu Anda tidak terlalu banyak, kemudian setelah itu barulah ASI diproduksi cukup. Tidak jarang berat bayi turun pada hari-hari pertamanya, namun ini lumrah terjadi, yang penting adalah setelah 2 minggu bayi mencapai berat yang sama dengan berat saat ia lahir. Pada bayi laki-laki kini buah zakar/ testis telah turun ke kantung zakar. Pada beberapa kasus, turunnya testis ini terjadi setelah bayi lahir, dan ini tidak berbahaya.

Minggu ke-34
Pada minggu-minggu terakhir sebelum persalinan, janin membutuhkan kalsium lebih banyak. Jadi Anda sebaiknya mengkonsumsi susu dan produk susu lainnya. Minggu ini perut Anda sangat teregang dan besar, sehingga pusar Anda tampak menonjol keluar, setelah persalinan seiring dengan mengecilnya perut, pusar Anda akan kembali ke ukuran aslinya. Selain itu juga pada minggu ini garis hitam/ linea nigra di perut akan muncul, setelah persalinan garis ini akan memudar dan hilang.

USG kehamilan 34 minggu

Rahim Anda kini hanya memungkinkan janin untuk berputar ke kanan atau ke kiri. Walaupun ruang geraknya terbatas, janin tetap aktif terutama di malam hari, saat ibu beristirahat. Jari-jari kecil janin Anda semakin panjang, saat lahir mungkin Anda menemukan bekas goresan merah di pipinya. Jangan menggunting kukunya saat itu, karena walaupun kukunya panjang, namun ia sangat lunak, sehingga saat digunting, dapat melukai bantalan kukunya. Biarkan kukunya terkikis dengan sendirinya atau gunting sedikit hanya pada sudutnya saja. Pada akhir-akhir minggu kehamilan, janin Anda butuh banyak kalsium yang berasal dari darah ibu. Dengan Adanya kalsium, tulang janin diperkuat.

Minggu ke-35
Masalah yang menonjol pada minggu ini adalah masalah buang air kecil. Saat Anda batuk, bersin atau tertawa, urin dapat keluar dengan sendirinya. Masalah yang ada sebenarnya adalah karena otot-otot di dasar panggul Anda yang melemah. Otot-otot ini seperti sebuah sulaman, terdiri dari beberapa susun otot dan ligament, terbentang dari tulang kemaluan hingga ke tulang belakang. Tidak seperti trampolin yang bisa meregang dan kembali ke bentuk semula, jika otot dasar panggul ditempa beban yang berat, misalnya saat kehamilan, otot-otot ini akan mengalami regangan/ over stretch dan melemah. Taukah Anda? Otot-otot ini juga menyokong kandung kemih, usus dan rahim.

Otot tersebut memberikan Anda kendali, menahan dan mengeluarkan urin. Jika Anda mempunyai otot dasar panggul yang lemah, akan sulit bagi Anda untuk menahan urin, sehingga beberapa tetes urin keluar begitu saja saat batuk, bersin atau berolahraga. Kejadian ini dinamakan stress incontinence, yang dapat berlanjut setelah Anda melahirkan. Sepertiga ibu mengalami hal ini. Otot panggul juga mempengaruhi kekencangan otot v*g*n*, dan ini akan membantu kualitas hubungan sex Anda. Bagaimana Anda melatih otot panggul agar selalu kencang dan baik fungsinya? Akan saya bahas pada artikel selanjutnya mengenai latihan otot panggul untuk meningkatkan performa bercinta dan mencegah ngompol.

USG kehamilan 35 minggu

Pada minggu ke-35, volume darah ibu mencapai tingkat maksimal. Ibu kini mempunyai jumlah darah satu setengah kali lebih banyak dari jumlah darahnya saat awal hamil. Jantung ibu harus ekstra kuat memompa darah ke seluruh tubuh, oleh karena itu ibu menjadi mudah lelah. Beban perutnya membuat nyeri punggung, nyeri ulu hati dan sering buang air kecil. Kini janin Anda bobotnya 2.550 gram dan panjangnya 46 cm. Mulai minggu ini, sistem imunitas janin mulai berfungsi dan tidak lagi bergantung pada ibu. Namun setelah lahir, bayi juga butuh waktu untuk menyesuaikan diri dan membentuk antibodi yang cukup banyak. Jika kehamilan Anda pada minggu ini berakhir, dokter tidak akan memberikan terapi untuk menunda persalinan, karena janin Anda sudah cukup berkembang dan bertahan hidup.

Minggu ke-36
Jika Minggu ini Anda merasa bernafas lebih baik, tidak sesak, dan jika Anda duduk di kursi yang keras merasa tidak nyaman, maka kemungkinan janin Anda telah merosot ke dalam panggul Anda. Pada ibu yang baru pertama kali hamil, maka turunnya janin ke rongga panggul ini terjadi lebih dulu, namun pada ibu yang pernah melahirkan sebelumnya, turunya kepala janin sering kali disebabkan oleh dorongan kontraksi perut. Gerakan janin sangat jarang saat ia sudah masuk ke rongga panggul. Minimal satu kali gerakan janin dirasakan ibu perharinya. Pada minggu ini, rahim mencapai besar maksimalnya. Besar rahim Anda kini setinggi tulang dada, di bawah tulang iga. Ibu dapat merasakan kontraksi karena janin terus turun ke rongga panggul. Kontraksi ini dirasakan berbeda-beda, ada ibu yang sangat peka merasakan kehadirannya, namun ada pula yang tidak merasakannya sama sekali.

USG kehamilan minggu 36

Janin Anda kini panjangnya 47 cm dan bobotnya 2750 gram. Hampir seluruh janin pada minggu ini kepalanya sudah berada di rongga panggul. Turunnya kepala janin sangat penting untuk kelahiran normal. Jika bokong janin yang turun ke panggul, biasanya janin akan dilahirkan dengan operasi Caesar. Juga jika kepala janin turun ke rongga panggul, namun mukanya menghadap ke depan perut ibu, ini akan menyulitkan persalinan normal.
Saya akan membahas perkembangan kehamilan Anda hingga minggu ke-42, ditunggu ya artikel selanjutnya.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

—————–

Berikut Seri Perkembangan Kehamilan Lengkap (1 hingga 9 bulan) di informasitips.com :

Artikel Terkait

8 thoughts on “Kehamilan bulan ke- 9

  1. shesha

    Saya sedang hamil 8 bulan, infonya sangat bermanfaat buat saya, maklum hamil pertama heheheee kalo boleh di post ke email saya dunk.

  2. ratih

    saya hamil 35 minggu, sering merasakan vagina seperti ditekan-tekan dari dalam, terasa nyeri dan mengagetkan, Bisa bantu menjelaskan apa yg terjadi? Ini anak ke 3 & rencana akan caesar skitar 3 minggu lagi (kedua anak sebelumnya jg caesar). trimakasih

  3. rita

    Skrg sy hamil 8 bln tp knp klr flek trus.sy dah cek up kedktr hrs bed rest n sy dah bed rest tp msh klr jg.kdg perut bawah jg ters nyeri.tp gerakan bayi msh aktif.bs tlg dijelaskan?makasih

  4. dila

    Sy hamil 9bln,, dan menurut perkiraan dokter tgl 29 oktober besok adalah taksiran sy melahirkan. Tapi sudah beberapa minggu sbelumnya,,vagina sy terasa nyeri ketika berjalan ataupun bangkit dari duduk.kira2 itu karena apa? Apakah normal? Ini kehamilan sy ke 3, sbelumnya sy tidak pernah merasakan hal ini. Makasih

  5. Rendy

    Info yg sangat penting banget buat saya sebagai pria dan calon ayah dan semua calon ayah lainnya supaya mendapatkan kesiapan mental menghadapi persalinan sang istri.

  6. rezkyani frazeptiana

    a kebetulan hamil 8 bln dan sdh usg d bilang sehat n posisi kepala d bwh tapi tank’s bgt infonya

  7. ernesta

    Saya hamil kini memasuki 38 minggu dng berat bayi saya 3 kg,ukrn kepala 9,09 cm,..hasil USG ternyata muka janin saya masih menghadap ke depan,…pertanyaan saya,,apakah saya bisa melahirkan normal?? Karna saya dari awal sudah bertekad utk melahirkan secara normal. Lalu gerakan bayi saya lebih banyak diperut bagian kanan. Sampai skrng masi sangat aktif bahkan kadang2 sampai bergetar,..apakah ini normal dok? Mohon penjelasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih