Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan bulan ke- 6 (Trimester Kedua)

Posted on by in , with 0 Comments

informasitips.com – Kita sudah membahas perkembangan janin pada kehamilan bulan pertama, kedua, ketiga, keempat dan kelima. Kini kita ulas mengenai seluk beluk kehamilan bulan ke-6.

Minggu ke-21
Berat badan yang bertambah membebani punggung dan panggul Anda. Sebaiknya anda jangan mengangkat sesuatu lebih dari 5 Kg atau terlalu lama berdiri.

USG kehamilan minggu 21

Jika diukur dari puncak kepala ke kaki, janin panjangnya 26 cm, dan berbobot 350 gram. Otak si kecil berkembang sangat pesat sekarang. Kelopak mata dan alis dapat dikenali dengan USG. Tulang jari tangan dan jari kaki kini lebih memadat. Sampai saat ini janin Anda sangat aktif.

Minggu ke-22
Pada daerah areola puting susu ibu hamil tampak kelenjar Montgomery menghasilkan sekret berminyak untuk melubrikasi puting susu dan mempersiapkannya saat menyusui. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi suplemen magnesium. Jika kurang magnesium, bisa timbul keram pada lambung dan jika berat dapat timbul kontraksi perut. Konsumsilah makanan yang tinggi magnesium, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, daging, ikan dan produk susu.

USG kehamilan minggu 22

Janin Anda suka cegukan, Anda bisa merasakannya saat ada kedutan dalam perut Anda. Cegukan muncul saat si kecil sedang berlatih menarik dan mengeluarkan nafas, dan cairan ketuban ikut tertelan. Banyak bayi yang setelah dilahirkan masih suka cegukan, sampai organ diafragmanya berkembang sempurna. Sekarang janin Anda panjangnya 28 cm dan bobotnya 475 gram. Tulang dahi, rahang atas dan rahang bawah janin sudah mulai tertanam, bakal gigi pun sudah mulai tertanam.

Minggu ke-23
Pertambahan volume darah Anda dapat anda rasakan terutama saat anda bangun segera dari posisi duduk atau bergerak cepat, Anda akan merasa berkunang-kunang. Karena perubahan hormonal, pembuluh darah menjadi lebih lunak dan melebar. Saat duduk darah banyak merosot ke tungkai dan saat berdiri, tekanan darah harus ditingkatkan, sehingga saat berdiri terjadi kekurangan darah di otak dalam waktu sekejap dan Anda merasa berkunang-kunang. Kejadian ini tidak mempengaruhi janin. Cobalah menaikan kaki anda saat berbaring dan duduk atau gerakkanlah tungkai dan kaki anda sehingga darah mengalir lebih cepat ke seluruh tubuh. Bila anda mengalami black out/ pingsan, periksakan diri ke dokter, karena dapat menyebabkan kurangnya oksigen ke janin. Hal ini bisa disebabkan adanya anemia karena kekurangan zat besi.

USG kehamilan minggu 23

Pada minggu ini janin anda panjangnya 30 cm dan bobotnya 580 gram. Kelenjar sebasea yang ada di kulit menghasilkan lemak/ vernix caseosa, lemak ini selain melindungi bayi juga memudahkan bayi saat melalui jalan lahir. Gerakan janin sekarang mulai terkoordinsi dan ada tujuannya. Ibu tidak hanya dapat merasakan tendangan si kecil, namun juga saat si kecil memutar badannya ke sisi yang lain. Anda bahkan dapat melihatnya, saat bokong si kecil bergerak dari satu sisi ke sisi lain. Bahkan pada minggu ini mimik janin pun sudah dapat diamati.

Minggu ke-24
Antara awal minggu ke-24 sampai akhir minggu ke-27 adalah waktu yang tepat untuk pemeriksaan rhesus. Rhesus adalah antigen yang terdapat di permukaan sel darah merah. Jika Anda mempunyai rhesus (-) dan janin memiliki rhesus (+), maka pada saat persalinan dapat terjadi kontak darah janin ke ibu melalui plasenta. Kontak darah ini akan membuat ibu memproduksi antibodi. Kelahiran anak tersebut tidak menyebabkan komplikasi, namun pada kehamilan selanjutnya antibodi ibu akan menyerang sel darah merah janin, sehingga sel darah janin banyak rusak. Hal ini dapat mencetuskan keguguran, atau jika bayi lahir, ia akan menderita anemia berat dan gagal jantung. Anda sendiri tidak mengalami penyakit karena inkompatibilitas rhesus ini. Namun untuk menghindari komplikasi pada janin, Anda akan diberikan suntikan pencegah inkompatibilitas rhesus (anti-D immunoglobulin) pada saat persalinan atau antara minggu ke-28 dan minggu ke-40.

Antara awal minggu ke-24 dan akhir minggu ke-28 akan diperiksa juga apakah Anda menderita diabetes gestasional (diabetes saat hamil). Dokter akan menyuruh Anda meminum larutan gula dan setelah satu jam, gula darah akan diperiksa. Jika hasilnya lebih dari 140 mg/dl artinya Anda menderita diabetes gestasional. Dengan diet yang dianjurkan dokter, diabetes gestasional bisa terkontrol, namun jika ini belum cukup maka Anda akan mendapatkan suntikan insulin. Setelah melahirkan, diabetes gestasional akan menghilang.

Pada minggu ini rahim anda sudah setinggi pusar. Janin anda panjangnya 31 cm dan bobotnya 700 gram. Kini ia mempunyai siklus tidur dan terjaga. Ia semakin terangsang oleh adanya bunyi, musik dan suara. Ia mengenali suara Anda dan mengingatnya bahwa itu suara ibunya.

USG kehamilan minggu 24

Si kecil semakin hari semakin pintar. Ajak ia berkomunikasi, perdengarkan suara ayahnya. Saat ia lahir, ia akan mengerti bahwa orang yang memeluknya adalah ibu dan ayahnya, karena saat masih dalam kandungan, janin sudah belajar menghafal suara. Ikuti terus perkembangan kehamilan Anda dengan membaca artikel selanjutnya ya. Semoga menambah wawasan Anda.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

——————————–

Berikut Seri Perkembangan Kehamilan Lengkap (1 hingga 9 bulan) di informasitips.com :

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih