Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan Bulan 5 (Trimester Kedua Kehamilan)

informasitips.com – Kita sudah melihat bagaimana perkembangan kehamilan di bulan pertama, kedua, ketiga, dan keempat. Sekarang kita lanjutkan lagi melihat perkembangan bayi di bulan kelima kehamilan.

Minggu ke-17
Pada minggu ini gairah s e ks Anda meningkat, karena suplai darah ke sekitar organ intim sangat baik. Karena volume darah Anda maningkat, maka kebutuhan zat besi juga meningkat, sehingga pemeriksaan darah dibutuhkan untuk mengetahui adanya kekurangan zat besi.

USG 3D kehamilan minggu 17 trimester kedua

Bobot janin sekarang 100 gram dan panjangnya 10.6 cm. Mulai minggu ini pertumbuhan kepala melambat, sehingga besar kepala dan badan mulai proporsional. Sebaliknya pertumbuhan tungkai semakin cepat. Jaringan lemak pada tubuhnya juga bertambah. Jemarinya sudah mulai berkembang sebagai indra peraba, sehingga kini ia dapat melatih reflex menggenggam, bermain dengan tali pusarnya dan juga menghisap-hisap jarinya sendiri. Jika ibu bergerak, janin ikut terayun-ayun, ini melatih keseimbangan janin.

Minggu ke-18
Besarnya rahim anda sekarang hampir setinggi pusar. Pay*d*ra dan pinggul mulai terlihat membesar, pada beberapa wanita mulai tampak stretch mark. Selama kehamilan, otot-otot di perbatasan antara esofagus dan lambung melemah, sehingga cairan lambung dapat naik ke atas menyebabkan rasa terbakar di dada. Ada baiknya Anda makan dalam jumlah yang sedikit-sedikit, supaya cairan lambung tidak naik, juga saat berbaring, letakan kepala anda lebih tinggi. Apakah anda merasa keram pada betis? Itu bisa dikarenakan kurangnya kalsium. Janin anda butuh kalsium untuk pertumbuhan tulangnya.

USG kehamilan minggu 18

Bobot janin sekarang 125 gram, panjangnya 12 cm. Janin anda belum mempunyai ritme tidur, jumlah tidurnya dalam sehari 20 jam. Ia sering terjaga saat malam, justru saat ibu sedikit bergerak. Pada saat terjaga, waktunya si kecil bermain-main dengan kaki, tangan dan tali pusarnya.

Minggu ke-19
Mulai minggu ini, ibu dapat merasakan adanya kontraksi kecil. Hal ini normal dan tidak berbahaya dan melatih tubuh Anda untuk mempersiapkan persalinan. Kontraksi ini maksimal berlangsung selama 45 detik dan terjadi tidak lebih dari 3x dalam satu jam. Jika kontraksinya tidak demikian dan atau disertai adanya flek, segeralah ke dokter. Antara minggu ke-19 dan akhir minggu ke-22 adalah waktu check-up penting termasuk didalamnya yaitu pemerksaan tekanan darah, berat badan, darah dan urin (memeriksa protein, gula dan kuman). Pada pemeriksaan USG, selain menentukan usia janin, juga dilakukan pemeriksaan letak plasenta, jumlah cairan ketuban, jantung janin, letak dan gerakan janin. Anda merasa rambut berubah? Wanita merasa rambutnya lebih tebal berkilap dan kukunya padat, karena kadar hormon estrogen yang tinggi saat ini. Anda tidak terkena flu, namun mengapa hidung rasanya mampet? Ini karena volume darah yang meningkat, sehingga pembuluh darah di mukosa hidung membesar dan rasanya hidung menjadi mampet.

USG kehamilan minggu 19

Jika diukur dengan USG dari puncak kepala hingga kaki janin panjangnya 24 cm dan bobotnya 200 gram. Tubuh sikecil sudah dipenuhi bulu-bulu halus/ lanugo. Hati dan limpa memproduksi sel darah putih. Kini cairan ketuban diproduksi sendiri oleh fetus. Lambung dan usus sudah mulai bekerja, pada usus besar ada sisa metabolism pencernaan (mekonium) dan nanti kotoran tersebut dikeluarkan dalam 24 jam setelah bayi lahir.

Minggu ke-20
Anda sudah mulai mengganti BH ke ukuran yang lebih besar. Cobalah menggunakan BH yang talinya lebar dan nyaman dipakai, agar punggung anda tidak terasa sakit.

USG 3D kehamilan minggu 20

Si kecil sangat suka menggerak-gerakan kakinya dan tangannya kesana kemari. Hal ini adalah latihan bagi janin, agar saat lahir dan diletakkan di dada ibu, bayi dapat merangkak mencari putting susu ibunya. Bayi mengenal secara insting bahwa ia harus merangkak untuk mendapatkan ASI ibu. Kekuatan janin semakin bertambah dari hari ke hari, ibu bisa merasakannya melalui tendangannya, pasangan anda juga bisa merasakannya saat meraba perut Anda. Musik yang lembut dan usapan Anda dapat menenangkannya. Jika anda ingin merasakan tendangan-tendangan kecilnya, coba rangsang dia dengan menyinarkan senter ke perut anda atau dengan ketukan ringan jari-jari anda.
Sungguh luar biasa bila Anda mengamati apa yang terjadi di setiap minggu kehamilan Anda. Tunggu saja kelanjutan artikel perkembangan janin selanjutnya.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

——————————–

Berikut Seri Perkembangan Kehamilan Lengkap (1 hingga 9 bulan) di informasitips.com :



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: