Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan 7 Bulan

informasitips.com – Ini adalah pembahasan kehamilan di akhir trimester ke-2. Anda dapat membaca artikel mengenai perkembangan kehamilan dari bulan pertama hingga keenam dengan melihat link artikel terkait di halaman bawah.

Minggu ke-25
Kehamilan bagi para wanita pada akhir trimester ke-2 ini mulai dikeluhkan. Perut yang besar membuat nyeri punggung, menekan kantong kemih dan semakin sulit mencari posisi nyaman untuk tidur. Berbaringlah miring, tungkai yang bawah dijulurkan, sedangkan tungkai yang lebih atas ditekuk. Supaya lebih nyaman, selipkan bantal diantara kedua tungkai. Perut yang membuncit ini bukan hanya karena bobot bayi yang bertambah, namun juga karena cairan ketuban dan timbunan lemak yang dipersiapkan untuk menyimpan energi Anda saat masa menyusui. Adanya stretch mark pada perut merupakan indikator cepatnya pembesaran perut (normal).

USG kehamilan minggu 25 (bulan 7)

Si kecil kini beratnya 800 gram, dan panjangnya 33 cm. Otak si kecil dapat merespon stimulus, cobalah mengarahkan senter ke perut Anda, maka kepalanya akan berpaling.

Minggu ke-26
Semakin besar janin, semakin sering Anda mengeluh, benarkah? Rasa sakit pada punggung, panggul, rasa terbakar pada ulu hati, dan sesak kerap muncul. Cobalah cari info megenai Yoga untuk ibu hamil. Yoga dapat membantu mengurangi keluhan di atas. Keluhan juga dapat diterapi dengan akupuntur dan fisioterapi.

USG kehamilan minggu 26

Kini janin dapat membuka matanya, karena syaraf mata telah terkoneksi dengan otak. Ia dapat membedakan bentuk dan warna. Semua warna mata janin awalnya biru-hijau. Pigmen mata nantinya akan berubah secara individual. Jika si kecil lahir prematur pada minggu ini, ketahanan hidupnya sebanyak 85% (tergantung dari sarana pelayanan RS juga). Kini janin anda panjangnya 34 cm dan bobotnya 900 gram.

Minggu ke-27
Sekitar minggu ini, berat badan Anda semakin bertambah. Volume darah yang bertambah, bobot badan dan perubahan struktur kimia darah memudahkan cairan di pembuluh darah keluar ke jaringan, menyebabkan bengkak/ udem pada kaki dan tangan. Bobot perut yang searah dengan gaya gravitasi juga dapat menekan pembuluh darah vena besar di panggul yang menyebabkan retensi cairan pada kaki dan tungkai. Karena retensi cairan pada tangan dan jari-jari tangan, para wanita kerap mengalami sindrom carpal tunnel, yaitu nyeri, rasa kesemutan atau baal pada tangan dan jari-jari khususnya jempol, telunjuk dan jari tengah. Ini disebabkan karena retensi cairan menekan persyarafan tangan. Cobalah berbaring ke sisi kiri untuk memperlancar sirkulasi darah, supaya aliran vena besar di panggul yang letaknya di sisi kanan tidak terganggu. Pembengkakan ini terjadi perlahan dan normal, namun jika udem sangat menonjol atau juga ditemukan di sekitar mata, bisa saja ini tanda dari hipertensi kehamilan atau preeklampsia.

usg kehamilan 27 minggu

Sekarang janin Anda memproduksi sel-sel darah dari sumsum tulang. Organ-organnya sudah jauh berkembang, namun paru-paru belum membentuk surfaktan. Surfaktan adalah substansi yang memelihara fungsi pipa-pipa kecil/ bronkiolus di paru-paru. Ia juga menghindari melempelnya balon-balon kecil/ alveolus di paru-paru saat bernapas. Karena paru-parunya belum matang, bayi-bayi yang lahir prematur bisa mengalami masalah pernapasan. Meski ruang rahim berkurang, janin Anda tetap suka berputar ke kanan dan ke kiri, juga jungkir balik. Namun ia belum mengambil posisi lahir, sehingga kepalanya bisa saja di atas atau di bawah. Sekarang beratnya 1000 gram dan panjangnya 36 cm.

Minggu ke-28
Perut hamil Anda sekarang diukur 3 jari di atas pusar. Ruang rahim sebelah atas lebih besar dari pada sebelah bawah, ini memudahkan janin mengambil posisi kepala di bawah. Sekarang janin panjangnya 37 cm dan beratnya 1100 gram. Saat terjaga ia membuka matanya, ia juga dapat membedakan terang dan gelap walaupun pengelihatannya belum tajam. Ia belum bisa mengenali warna dengan detail. Oleh karena itu saat Anda bermain dengan bayi, beri jarak minimal 20 cm, supaya ia dapat melihat wajah Anda dengan baik. Di usianya dua bulan setelah lahir, ia baru dapat mengenali warna-warna.

usg kehamilan minggu 28

Akhirnya Anda melewati trimester kedua dan mempersiapkan diri untuk trimester terakhir kehamilan Anda. Tunggu artikel perkembangan kehamilan selanjutnya ya.

Salam 
dr. Vetta Fegitalasky

——————————-

Berikut Seri Perkembangan Kehamilan Lengkap (1 hingga 9 bulan) di informasitips.com :



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

4 thoughts on “Kehamilan 7 Bulan

  1. Diyanita

    🙂 Dan saya sedang merasakan Kehamiilan 7Bulan …sudah mulai menyenangii sakiit punggung ini …Yang pentiing si bayii sehat sll … amin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: