Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan 5 Minggu: Apa saja yang terjadi?

informasitips.com – Biasanya Anda baru menyadari bahwa diri Anda sedang hamil saat Anda mengalami telat haid atau menstruasi. Seminggu telat haid, setelah dilakukan pengecekan lewat tes pack dan ternyata hasilnya positif, itu menunjukkan bahwa Anda sedang hamil 5 minggu. Untuk memperkuat hasil tes pack yang telah dilakukan, biasanya juga diperlukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Ketika Anda mendapati diri Anda telat haid 1 minggu, dan setelah dilakukan pengecekan ternyata Anda memang positif hamil, itu artinya Anda sudah hamil 5 minggu. Di bulan sebelumnya, Anda sudah disebut mengalami kehamilan, dimana kehamilan pada minggu pertama merupakan periode menstruasi terakhir Anda, kehamilan minggu kedua merupakan periode pembuahan, kehamilan minggu ketiga merupakan periode perjalanan dan pembelahan sel, dan kehamilan di minggu keempat merupakan periode implantasi telur yang telah dibuahi ke rahim.

Selanjutnya, di usia kehamilan minggu ke-5 ini, plasenta yang sudah mulai terbentuk pada kehamilan minggu ke-4 sudah dapat berfungsi mengalirkan oksigen ke dalam tubuh bayi Anda. Serangkaian sel yang nantinya akan menjadi jantung bayi, mulai terbentuk, begitu juga dengan pembentukan otak.

Banyak hal yang akan terjadi di usia kehamilan 5 minggu ini. Tidak usah khawatir dengan gejala dan perubahan yang Anda alami, karena semua wanita mengalaminya.

Gejala yang sering muncul dan Anda alami di kehamilan 5 minggu adalah sebagai berikut:

  1. Sering buang air kecil

    Di kehamilan minggu kelima biasanya Anda akan lebih sering buang air kecil. Alasannya adalah kadar hormon kehamilan hCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang semakin meningkat di masa ini yang juga akan semakin meningkatkan aliran darah ke daerah panggul dan ginjal Anda, sehingga memicu peningkatan frekuensi keluarnya urin.

    Apa yang perlu Anda lakukan? Anda harus tetap mendapatkan cairan yang banyak karena tubuh Anda dan bayi membutuhkan pasokan cairan untuk tetap terhidrasi selama kehamilan. Sebaiknya, mulailah untuk mengurangi konsumsi kafein (teh dan kopi) yang bersifat diuretik, karena akan membuat Anda lebih sering buang air kecil.

  2. Kelelahan

    Selama trimester pertama, tubuh Anda menyiapkan diri untuk membangun sistem pendukung bagi kehidupan bayi anda di dalam rahim. Salah satu yang penting untuk dipersiapkan untuk menunjang pertumbuhan bayi Anda adalah plasenta. Untuk menyiapkan berbagai sistem pendukung tersebut, tubuh Anda memerlukan banyak energi yang pada akhirnya membuat Anda merasa lelah. Selain itu, pada masa kehamilan 5 minggu ini, juga terjadi perubahan hormonal yang di dalam tubuh Anda, yang juga dapat membuat Anda merasa lelah. Untuk mengatasi kelelahan yang Anda rasakan, banyak-banyaklah beristirahat dan perhatikan pula asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda.

  3. Nyeri dan Perubahan Ukuran Pay udara

    Pada kehamilan di minggu ke-5 ini juga akan terjadi perubahan pada pa yu dara Anda. Pay udara akan terasa nyeri, bengkak, lebih sensitif, dan ukurannya semakin membesar. Apa yang menyebabkan pay udara Anda menjadi lebih besar? Perubahan pada pa yuda ra disebabkan karena kinerja dua hormon, yaitu hormon estrogen dan progesteron. Faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi adalah penambahan lemak dalam pay udara dan juga peningkatan aliran darah ke daerah tersebut. Perubahan tersebut sebenarnya diperlukan untuk membantu pay udara Anda mempersiapkan ASI bagi bayi Anda.

  4. Mual Muntah

    Di masa kehamilan 5 minggu ini, Anda juga akan merasakan gejala-gejala awal kehamilan, seperti timbul rasa mual yang kadang-kadang dapat menyebabkan muntah. Kondisi ini sering disebut juga dengan istilah morning sickness. Tetapi, meski namanya morning sickness keluhan mual muntah yang dirasakan dapat terjadi hampir setiap saat, bisa siang atau malam, tak hanya di pagi hari saja.

    Mual muntah yang dirasakan disebabkan akibat kerja hormon kehamilan, dan perubahan tubuh lainnya (seperti indra penciuman yang menajam). Untuk meringankan keluhan mual yang dirasakan, jangan pernah melewatkan makan, meskipun Anda sangat tidak berselera dengan makanan. Makanlah dengan porsi sedikit, tetapi sering untuk membantu meringakan keluhan mual yang Anda rasakan.

  5. Mengidam dan Pantang Makanan

    Anda juga mulai akan merasakan ngidam atau pantang (menolak) makanan tertentu. Misalnya, tiba-tiba ada dorongan kuat untuk makan mangga muda, atau misalnya juga Anda merasa sangat tidak tahan dengan bau durian. Itu merupakan gejala yang normal muncul di awal-awal kehamilan. Penyebabnya adalah karena adanya perubahan hormon di masa awal kehamilan.

Apa yang harus Anda perhatikan dan lakukan di kehamilan 5 minggu?

  1. Kesehatan dan Nutrisi

    Perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh Anda. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi untuk mendukung kesehatan tubuh Anda dan bayi selama hamil. Rata-rata wanita hamil membutuhkan sekitar 300 kalori ekstra setiap hari.

    Kehamilan 5 Minggu

    Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti asam folat, kalsium dan zat besi. Asam folat, yang termasuk ke dalam vitamin B sangat penting dan diperlukan di masa-masa awal kehamilan ini. Asam folat diperlukan untuk mencegah kecacatan otak bayi dan mengurangi kemungkinan terjadinya lahir prematur; zat besi berperan penting dalam produksi sel darah merah yang membawa oksigen dalam darah; dan kalsium diperlukan untuk membentuk tulang dan gigi bayi Anda.

  2. Bayi Anda

    Seperti apa perkembangan bayi (janin) Anda di kehamilan minggu ke-5 ini?

    • Jantung janin mulai berdetak pada minggu ini. Hal tersebut mungkin juga akan dapat terlihat lewat pemeriksaan USG.
    • Perkembangan lebih jauh bayi Anda adalah munculnya kantung ketuban dan plasenta yang masih akan terus berkembang pada saat ini.
    • Ukuran janin Anda saat ini baru sekitar 1,2 mm dengan berat sekitar 1 gram. Namun seiring dengan semakin bertambahnya usia kehamilan Anda, perkembangan janin akan terus bertambah besar.
    • Pembentukan jaringan pada masa ini mulai terjadi, yang terdiri atas 3 lapisan, yaitu lapisan ektoderm yang akan membentuk sistem saraf, telinga, mata, dan jaringan ikat lainnya, lapisan endoderm yang akan berkembang menjadi organ-organ dalam tubuh bayi seperti paru-paru, usus, dan kandung kemih, dan satu lagi lapisan mesoderm yang nantinya akan membuat jalan bagi jantung dan sistem peredaran darah. Pada minggu-minggu selanjutnya, lapisan mesoderm ini juga akan berkembang menjadi tulang, otot, ginjal, dan sistem reproduksi.
    • Pembentukan jaringan kulit juga sudah dimulai pada masa kehamilan 5 minggu ini. Lapisan ektoderm akan membentuk 2 lapisan yaitu epidermis dan dermis. Epidermis berfungsi sebagai kulit pelindung, dermis berfungsi sebagai bantalan tubuh serta membentuk kelenjar keringat dan kelenjar minyak.


Artikel Terkait:

Kehamilan Minggu Ke-4

Kehamilan Minggu Ke-6: Yang Terjadi Pada Janin dan Ibu Hamil



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *