Informasi dan Tips – informasitips.com

Kecanduan-Kecanduan yang Aneh

informasitips.com – Setiap orang pastinya memiliki kegiatan favorit atau kebiasaan tertentu. Namun, ada sebagian orang menyikapi sesuatu hal yang disenanginya secara berlebihan sehingga menimbulkan kecanduan. Kecanduan merupakan perilaku kronis yang menimpa seseorang untuk terus menerus melakukan sesuatu hal meskipun memiliki konsekuensi negatif. Jika seseorang sudah terserang kecanduan tertentu, biasanya ia akan selalu terdorong dan sulit untuk menghindarinya.

Di satu sisi perilaku kecanduan ini memang memberikan sensasi kebahagiaan, namun ada juga yang berdampak buruk baik itu terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain. Mengetahui orang yang kecanduan rokok atau minuman beralkohol sepertinya hal yang biasa. Namun, tahukah Kamu ternyata di sekitar kita ada orang-orang yang memiliki kecanduan-kecanduan yang aneh. Apa saja itu?

  • Kecanduan Belanja

    Kecanduan Belanja

    Siapa yang tidak senang belanja? Hampir semua orang melakukannya. Namun, bagi orang yang kecanduan dalam berbelanja agak sedikit berbeda. Terjadinya kecanduan belanja diduga disebabkan oleh aliran endorfin dan dopamin yang menimbulkan pembelanja mengalami perasaan sangat bahagia tapi bersifat sementara. Dengan demikian ada keinginan untuk mengulanginya kembali terus menerus. Orang yang kecanduan belanja sering merasa bersalah atas perilakunya, namun ia tidak bisa menghentikan kegiatannya tersebut. Setiap kali dia melihat barang atau apa pun yang ia sukai, maka keinginannya akan sangat kuat untuk membeli barang tersebut. Setelah ia mendapatkan barang yang diinginkan, maka ada kebahagiaan luar biasa yang ia rasakan.

  • Kecanduan Olahraga

    Olahraga tentunya penting bagi kesehatan. Olahraga yang baik tidak hanya sekedar membuat tubuh menjadi langsing atau kuat saja tapi juga dapat membuat tubuh menikmati setiap gerakan ketika berolahraga. Sayangnya kegiatan yang menyehatkan ini berubah menjadi berbahaya bagi orang yang menderita kecanduan berolahraga. Dia akan sangat terobsesi dengan kemajuan dalam berolahraga, misalnya jarak yang tempuh dalam lari, banyaknya kalori yang terbakar, dan lain-lain. Dia akan terus melakukan olahraga meski kondisi tubuhnya tidak memungkinkan, misalnya sedang sakit atau cedera. Orang yang kecanduan olahraga bisa menjadi cemas atau merasa bersalah ketika dia tidak melakukan kegiatan ini.

  • Kecanduan Operasi Plastik

    Kecanduan Operasi Plastik

    sumber gambar: www.oddee.com

    Saat ini operasi plastik sudah dianggap hal yang biasa bagi orang-orang yang berkantong tebal. Mereka akan melakukan apa pun untuk menyempurnakan setiap bagian tubuhnya, meskipun jika dilakukan secara berlebihan akan sangat membahayakan. Potensi kecanduan operasi plastik mulai timbul ketika seseorang mendapatkan hasil yang bagus, setelah itu ia akan berpikir mengenai operasi selanjutnya. Tidak heran jika mulanya seseorang hanya melakukan operasi mata, tapi kemudian dia ingin operasi bibir, hidung, kaki dan bagian-bagian tubuh lainnya. Body Dysmorphic Disorder (BDD) seringkali menjadi akar keinginan seseorang untuk mengulangi operasi plastik. BDD merupakan penyakit yang ditandai dengan obsesif berpikir tentang penampilan fisik, kekurangan dalam penampilan, dan berbagai upaya untuk memperbaiki yang dianggapnya sebagai kelemahan.Salah seorang yang mengalami kecanduan operasi plastik adalah Jocelyn Wildenstein, yaitu seorang milioner yang menghabiskan 4 juta US dollar untuk operasi plastiknya.

  • Kecanduan Menarik Rambut

    Kecanduan Menarik Rambut

    sumber gambar: fsu.edu

    Menarik rambut merupakan kondisi psikologis yang dikenal dengan trikotilomania atau trich, yaitu gangguan impulse-control yang penderitanya tidak dapat mengatasi dorongan yang sangat kuat untuk menarik rambut mereka sendiri. Menarik rambut dari kulit kepala secara terus menerus tentu saja termasuk kegiatan yang sangat ekstrem karena akan menimbulkan kebotakan. Penderita trikotilomania tidak hanya menarik rambutnya saja, tapi dia juga akan mencabut bulu mata, alis atau bulu-bulu yang ada di bagian tubuh lainnya. Biasanya dia akan merasa lega dan senang setelah menarik rambut atau mencabut bulu-bulu lainnya, sehingga untuk mendapatkan kesenangan ini dia akan kembali berperilaku seperti itu.

  • Kecanduan Tato dan Tindik

    Ada beragam cara memodifikasi tubuh, salah satunya dengan tato dan tindik. Ada sebuah pepatah

    Tato itu seperti keripik kentang, Anda tidak dapat memilikinya hanya satu

    Ada juga sebagian orang yang memiliki persepsi bahwa tato adalah seni untuk mengeskpresikan diri. Apapun itu, jika mentato tubuh dan tindik sudah masuk pada tahap kecanduan, bukankah hal ini sangat mengerikan? Orang yang kecanduan tato dan tindik akan terdorong untuk mendapatkan yang lebih. Namun, jika kecanduan mentato dan tindik sudah memasuki tahap masalah emosional, hal ini sangat berbahaya. Karena untuk mengontrol emosional, si penderita akan melakukan teknik yang menyakiti diri sendiri yang dapat menimbulkan gejala penyakit mental seperti bipolar atau skizofrenia.

  • Kecanduan Makan Es Batu

    Kecanduan-kecanduan yang aneh

    sumber gambar: oddstuffmagazine.com

    Bagi kebanyakan orang mengunyah es batu dirasa tidak enak, namun ternyata ada sebagian orang yang menikmatinya bahkan tidak pernah merasa cukup. Hal ini terjadi pada orang-orang yang kecanduan makan es batu atau pagophagia. Penderita pagophagia tidak bisa berhenti makan es batu dalam jumlah banyak, meskipun akan menimbulkan sakit kepala dan merusak gigi. Ada yang berpendapat penyebab seseorang kecanduan makan es batu adalah murni psikologis seseorang, namun ada juga yang mengatakan hal ini terjadi karena kekurangan gizi dan anemia.

  • Kecanduan Kerja

    Setidaknya kebanyakan orang akan senang ketika menghadapi akhir pekan, karena mereka bisa terbebas dari tugas dan pekerjaan. Akhir pekan dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti berlibur, jalan-jalan ke tempat wisata atau sekedar bersantai di rumah. Namun, bagi orang yang kecanduan kerja, akhir pekan bukanlah hal yang menyenangkan. Bagi mereka bekerja jauh lebih menyenangkan meski dalam berbagai penelitian menunjukkan bahwa bekerja secara terus menerus dapat membahayakan kesehatan serta merusak berbagai hubungan sosial si penderitanya.

Itulah beberapa kecanduan-kecanduan aneh yang diderita oleh sebagian orang di sekeliling kita. Jika perilaku tersebut dikatakan jauh dari sikap normal, hal itu memang tidak bisa dipungkiri. Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam hidupnya, terbebas dari kebiasaan tersebut layak atau tidak, namun untuk sesuatu hal yang dianggap tidak wajar selalu ada jalan keluar untuk memperbaikinya. Seperti kecanduan-kecanduan aneh di atas tentu saja dapat dihilangkan, apakah dengan cara terapi, konsultasi dengan pakarnya, pengobatan atau cara lainnya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: