Informasi dan Tips – informasitips.com

Kebutuhan Air Minum (Cairan) untuk Manusia Per hari

informasitips.com – Air memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh manusia. Tanpa air, semua sel-sel, organ dan jaringan tubuh kita tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Karena tubuh manusia sehari-harinya banyak mengeluarkan air saat bernafas, berkeringat, buang air kecil, buang air besar, dan lain-lain, maka sangatlah penting bagi kita untuk memenuhi kembali pasokan dan kecukupan air dalam tubuh lewat konsumsi minuman dan makanan yang mengandung air.



Berapa banyak air yang harus kita minum setiap harinya?
Rokemendasi terdahulu dari para ahli kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi air putih yang dianjurkan adalah sekitar 6 – 8 gelas atau 1,5 – 2 liter perhari. Namun, ada juga rekomendasi terbaru saat ini yang menyebutkan bahwa kebutuhan air tiap-tiap orang berbeda bergantung pada kondisi-kondisi tertentu, yaitu aktivitas fisik, cuaca, diet, berat badan, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Untuk itu minumlah secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing dan minumlah saat Anda merasa haus, karena haus dan dahaga adalah indikator terbaik untuk mengetahui kapan saatnya tubuh kita membutuhkan minum.

Kebutuhan cairan ke dalam tubuh tidak hanya diperoleh dari air putih saja, namun juga dari konsumsi sayur, buah, serta minuman dan makanan lainnya yang mengandung air.

Air putih
Tanda kecukupan cairan
Bagaimana cara mengetahui cukup tidaknya pasokan air kedalam tubuh kita? Caranya adalah dengan melihat kondisi air seni. Bila air seni berwarna kuning cerah/bening dan jumlahnya banyak, itu berarti kebutuhan cairan tubuh cukup baik dan sudah terpenuhi. Sedangkan jika warna air seni berubah menjadi lebih gelap (kuning tua/oranye) dan jumlahnya sedikit, itu berarti tubuh kekurangan cairan.

Selain itu tanda-tanda kecukupan air juga bisa dilihat dari beberapa kondisi lainnya, yaitu bila sering merasa haus, mulut dan bibir kering, merasa pusing, nyeri otot dan sendi, nyeri tulang belakang dan juga mengalami sembelit (konstipasi) berarti kebutuhan cairan tubuh masih kurang terpenuhi.

Faktor yang memengaruhi kebutuhan konsumsi air:

  • Aktivitas fisik
    Orang yang aktivitas fisiknya cukup tinggi membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak. Mereka yang banyak bergerak misalnya atlit dan olahragawan tentunya membutuhkan pasokan air yang lebih tinggi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas.

  • Cuaca dan lingkungan
    Mereka yang berada di daerah yang cuacanya panas dan kering biasanya lebih banyak berkeringat dan sering merasa haus. Ini menunjukkan bahwa kebutuhan cairan bagi mereka yang berada di lingkungan panas dan kering jauh lebih tinggi. Mereka yang hidup di daerah dataran tinggi (2500 m dari permukaan laut) juga membutuhkan cairan dalam jumlah yang lebih banyak, karena terjadinya peningkatan proses respirasi dan urinasi.

  • Diet/makanan
    Faktor diet/makanan seseorang juga berpengaruh terhadap kebutuhan cairan yang harus dikonsumsi. Seseorang yang mengonsumsi buah dan sayur membutuhkan air putih lebih sedikit daripada mereka yang hanya mengonsumsi makanan berlemak saja. Mereka yang sering menyantap makanan yang berlemak dan makanan yang rendah serat tentunya membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak.

  • Faktor berat badan
    Orang gemuk juga butuh mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang lebih banyak daripada orang yang kurus. Orang gemuk memiliki simpanan lemak tubuh yang lebih banyak sehingga membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak, agar bisa dimetabolisme.

  • Kondisi kesehatan
    Kebutuhan konsumsi air juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan seseorang. Mereka yang menderita kondisi kesehatan tertentu seperti demam, muntah-muntah, diare, batu ginjal, dan infeksi saluran kemih memerlukan air dalam jumlah yang lebih banyak.

    Di sisi lain, beberapa kondisi kesehatan seperti gagal jantung dan beberapa tipe penyakit ginjal, hati atau penyakit adrenal lainnya dapat mengganggu ekskresi air dan bahkan mengharuskan Anda untuk membatasi konsumsi cairan.

  • Jenis kelamin
    Kebutuhan cairan laki-laki jauh lebih banyak dari pada wanita. Rekomendasi dari Institute of Medicine, Amerika menyebutkan bahwa total kebutuhan cairan tubuh untuk pria perhari adalah sekitar 3 liter, sementara untuk wanita adalah 2,2 liter perhari.

    Sementera mereka yang aktivitas fisiknya lebih tinggi, contohnya atlit dan olahragawan tentunya membutuhkan cairan dalam jumlah yang lebih banyak lagi, yaitu sekitar 3.7 liter untuk atlit pria, dan 2,7 liter perhari untuk atlit wanita. Ingat, yang dimaksud cairan disini bukanlah dari konsumsi air putih saja melainkan dari konsumsi makanan dan minuman lainnya yang mengandung air.

  • Kondisi-kondisi lainnya
    Kondisi-kondisi lainnya, misalnya saat hamil dan menyusui juga membutuhkan cairan dalam jumlah yang lebih banyak.

    Kebutuhan cairan ibu hamil adalah 2.3 liter perhari, sementara ibu menyusui butuh cairan sekitar 3.1 liter perhari.

    Mereka yang berpuasa juga perlu menjaga kebutuhan cairan tubuh. Air sangatlah diperlukan untuk mencegah dehidrasi selama siang hari saat berpuasa agar tubuh tidak lemas.

    Orang yang sedang mengkonsumsi obat-obatan juga perlu mengkonsumsi air dalam jumlah yang lebih banyak.


Tips
Kebutuhan cairan tubuh tak hanya berasal dari konsumsi air putih saja, melainkan juga dari makanan dan minuman yang mengandung air. Meskipun begitu, akan jauh lebih baik bila kita memilih untuk mengkonsumsi air putih ketimbang jenis minuman lainnya yang banyak mengandung gula, kalori, kafein dan zat-zat lainnya.

Berikut ini tips mengonsumsi air putih:

  1. Minumlah sehabis makan untuk melancarkan proses pencernaan.
  2. Minumlah air di antara waktu-waktu makan untuk menjaga kecukupan kebutuhan harian air.
  3. Minum 500 cc air putih saat bangun tidur sebelum gosok gigi.
  4. Minum air dengan suhu sedang (sesuai dengan suhu tubuh) untuk mengurangi pengeluaran kalori akibat menghangatkan suhu air, kecuali jika anda sedang diet.
  5. Minumlah 1-2 gelas air putih setelah selesai kencing pada malam hari untuk menghindari serangan jantung mendadak.
  6. Minum air putih sebelum makan bagi yang ingin berdiet.
  7. Minumlah air putih sebelum, saat dan setelah berolahraga.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih