Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat dan Kebaikan Buah Semangka Bagi Tubuh

informasitips.com – Siapa yang tak menyukai buah semangka? Sepertinya, sangat jarang menemukan orang yang tidak menyukai buah yang satu ini. Rasanya yang manis dan segar membuat buah semangka menjadi primadona dan banyak dipilih sebagai camilan yang paling pas dikonsumsi di siang hari, terlebih ketika cuaca sedang terik.

Semangka termasuk buah yang rendah kalori, namun tinggi serat, kaya kandungan air, vitamin A, C, Kalium dan jenis mineral lainnya yang bermanfaat bagi tubuh. Tak cuma enak di lidah, semangka juga termasuk jenis makanan yang “enak” di tubuh kita. Ya, tergolong enak di tubuh karena menyehatkan dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Nah, apa saja manfaat dan kebaikan yang ditawarkan buah semangka bagi tubuh kita?

  • Semangka dapat meningkatkan fungsi otak
    Mungkin tak banyak yang tahu bahwa semangka termasuk buah yang bagus untuk otak. Buah ini dapat meningkatkan fungsi otak, karena kaya akan vitamin B6, yaitu vitamin yang sangat penting dan diperlukan untuk menjaga kesehatan sistem saraf pada otak. Semangka juga dapat memperlancar senyawa kimia di otak sehingga mampu memperbaiki kualitas tidur, meredakan stress dan memperbaiki mood. Vitamin B6 dalam buah semangka digunakan oleh tubuh untuk memproduksi bahan kimia otak , seperti serotonin, melatonin dan dopamin, yang mampu membantu tubuh mengatasi kecemasan dan rasa panik.

  • Semangka dapat mencegah dehidrasi
    Buah semangka termasuk buah yang tinggi kandungan air. Karena kandungan airnya yang tinggi, buah semangka dapat membantu menjaga pasokan air yang diperlukan tubuh. Mengonsumsi semangka bisa mencegah timbulnya dehidrasi, karena semangka mengandung sekitar 92% air per 100 gramnya. Makanya buah ini terasa sangat segar dikonsumsi terutama di siang hari saat cuaca sedang panas.

  • Semangka mampu mencegah kanker

    Buah semangka kaya akan likopen, sejenis antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan likopen pada buah semangka sangat tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, bahkan kadar likopen dalam buah semangka 40% lebih tinggi dari likopen yang terkandung dalam buah tomat. Likopen bersifat sebagai antikanker sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker, seperti kanker usus, kanker prostat, kanker payudara, kanker paru, dan lain-lain.

  • Semangka mampu meningkatkan daya tahan tubuh

    Selain likopen, semangka juga mengandung antioksidan kuat lainnya yaitu Vitamin C dan A (karotenoid), Vitamin B6, B1, dan Mangan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi penyakit.

    Manfaat-buah-semangka

  • Semangka bagus untuk menjaga kesehatan mata

    Semangka sangat kaya akan kandungan vitamin A, yaitu vitamin yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Selain mampu menjaga fungsi penglihatan mata, semangka juga mampu mencegah timbulnya berbagai infeksi pada mata.

  • Semangka mampu mencegah nyeri otot karena olahraga

    Seringkali, nyeri dan kram pada otot timbul setelah kita berolahraga. Nah, bila Anda ingin mencegah timbulnya nyeri otot dan kram setelah olahraga, konsumsilah jus semangka sebelum Anda berolahraga.

    Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural Food and Chemistry, minum jus semangka sebelum berolahraga efekif dalam meringankan keluhan nyeri dan kram otot setelah berolahraga. Hal ini disebabkan karena buah semangka sangat kaya akan asam amino L-citrulline yang oleh tubuh kita diubah menjadi L-arginine, yaitu suatu senyawa yang mampu melancarkan peredaran darah dan mengendurkan ketegangan pada otot.

    Jika Anda ingin lebih banyak mendapatkan citrulline dari semangka, pilihlah jenis semangka kuning, karena kandungan citrulline dalam semangka kuning 4 kali lipat lebih banyak daripada semangka merah.

  • Semangka bagus untuk kulit

    Buah semangka ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Buah ini tinggi akan kandungan likopen yang mampu berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari berbagai masalah dan kerusakan akibat terkena sinar matahari (sinar UV).

    Semangka juga kaya akan antioksidan lainnya yang mampu melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit. Selain mampu mencerahkan dan menghaluskan kulit, semangka juga efektif dalam mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit, seperti bintik hitam (flek hitam), garis dan kerutan.

  • Semangka bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal

    Buah semangka tinggi kandungan air, yaitu sekitar 92% air per 100 gramnya, sehingga berguna dalam memperlancar proses urinisasi.

    Selain tinggi kandungan air, buah semangka juga tinggi kandungan kalium yang mampu memperlancar proses pembuangan racun-racun yang telah difiltrasi oleh ginjal keluar dari dalam tubuh, sehingga tidak mengendap dan mengkristal menjadi batu ginjal. Dengan bantuan kalium, buah semangka mampu mencegah pembentukan batu ginjal dengan cara mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah.

    Kandungan antioksidan, kalium, dan air yang tinggi dalam buah semangka merupakan kombinasi yang sangat baik yang mampu membersihkan ginjal dan memperlancar proses urinisasi (buang air kecil). Tak hanya itu, semangka juga mampu membantu hati dalam memproses amonia guna memudahkan ginjal dalam membuang kelebihan cairan keluar dari dalam tubuh.

    Tingginya kandungan Likopen dan Citrulline dalam buah semangka menurut beberapa studi ternyata juga bisa bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal.

  • Semangka bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung

    Kebaikan lainnya dari buah semangka bagi tubuh kita adalah buah ini juga baik bagi jantung. Kandungan kalium yang tinggi dalam semangka ternyata tak cuma baik bagi ginjal, tapi juga baik bagi kesehatan jantung. Menurut badan kesehatan dunia, WHO, orang dewasa harus mengkonsumsi 3.510 mg kalium setiap harinya agar fungsi jantungnya tetap baik dan sehat.

Nah, itulah beberapa manfaat dan kebaikan dari buah semangka bagi tubuh kita. Semoga berguna dan bisa menambah wawasan Anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: