Informasi dan Tips – informasitips.com

Karir dan Pekerjaan yang Sesuai dengan Karakter (Kepribadian)

informasitips.com – Semua orang tahu bahwa sangat sulit untuk dapat bekerja sama dengan orang lain yang memiliki kepribadian yang sangat berbeda dengan kita. Apalagi bila kepribadian itu dapat menyebabkan perselisihan. Dan lebih penting lagi adalah ketika Anda tidak lagi mencintai pekerjaan Anda karena Anda tidak merasa nyaman dengan apa yang sedang Anda kerjakan saat ini.

Pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan kepribadian

Sebagai contoh nyata adalah ketika Anda merupakan pribadi yang aktif dan menyukai kegiatan di luar ruangan namun harus bekerja sepanjang hari di dalam ruangan dan tidak melakukan apa-apa selain berhadapan dengan komputer Anda, apakah Anda menikmati pekerjaan tersebut ? Atau jika Anda pemalu dan tipe pembicara yang bercakap-cakap dengan suara pelan, Anda mungkin tidak terlalu merasa nyaman dengan pekerjaan yang membutuhkan banyak interaksi sosial. Apalagi bila Anda termasuk golongan yang suka bekerja sendiri, pastinya Anda tidak akan berkembang dalam lingkungan tim.

Di sini kita memiliki 6 kelompok kepribadian yang menyesuaikan dengan kebutuhan kepribadian Anda. Namun yang perlu diingatkan pula adalah masing-masing membutuhkan pendidikan, pelatihan, dan kualifikasi yang berbeda.

  1. Kepribadian Artistik
    Karakter: kreatif, imajinasi yang tidak pernah berhenti, suka mengekspresikan diri, suka bekerja tanpa aturan, menikmati pekerjaan yang berkaitan dengan desain, bentuk, pola, warna, dan kata-kata. Orang artistik merupakan pemecah masalah yang sangat hebat karena mereka menggabungkan pola pikir intuisi dan pendekatan rasional.

    Pekerjaan yang cocok: editor, grafik desainer, guru drama, arsitek, produser, ahli kecantikan, seniman/seniwati, model, pemail film, sutradara, produser, interior desainer.

  2. Kepribadian Konvensional
    Karakter: menyukai aturan, prosedur yang rapi, teliti, jadwal tepat waktu dan tertarik pada instruksi bertahap dan pasti., suka bekerja dengan rincian data dibandingkan ide-ide praktis. Seorang yang tertib, cenderung pendiam, lebih hati-hati, bekerja efisien.

    Pekerjaan yang cocok: akuntan, petugas asuransi, kontraktor, perencana keuangan, penegak hukum, pengacara, penulis, penerjemah, inspektur bangunan.

  3. Kepribadian Aktif
    Karakter: merupakan orang yang giat, gigih, berani, pekerja keras. Menyukai pekerjaan atau proyek yang dimulai dari awal, khususnya usaha bisnis. Lebih pemikir dan perhitungan. Karakter yang menonjol lainnya adalah suka berkompetisi, enerjik, ekstrovert, progresif, dan penuh semangat.

    Pekerjaan yang cocok: agen penjualan, wiraswata (pengusaha), petugas keuangan, manajemen analisis, direktur program, manajer, pemimpin.

  4. Kepribadian Investigasi
    Karakter: analitis, intelektual, ilmiah. Lebih suka bekerja secara individu, menggunakan logika dalam memecahkan masalah, menyukai misteri atau teka teki, memusatkan diri pada ilmu pengetahuan, sangat memperhatikan detail. Orang tipe ini suka mengumpulkan banyak informasi sebelum membuat sebuah keputusan. Biasanya sering mempertanyakan ide-ide yang tidak didukung oleh data-data rasional.

    Pekerjaan yang cocok: analis sistem komputer, programmer, pustakawan, dokter, dosen, professor, statistik.

  5. Kepribadian Realistis
    Karakter: realistis, praktis, simple, berorientasi pada masalah dan solusinya, suka bekerja dengan objek yang konkrit, bekerja di luar ruangan, pekerjaan yang menggunakan alat bantu atau mesin.
    Pekerjaan yang cocok: tukang listrik, dokter gigi, petugas patrol bandara, insinyur.
  6. Kepribadian Sosial
    Karakter: suka membantu orang lain dan bekerja dalam tim, sabar, murah hati,memiliki empati, dapat berkomunikasi dengan baik, memusatkan diri dengan interaksi manusia, suka berbicara dari pada bekerja dengan mesin atau data.

    Pekerjaan yang cocok: pelatih pribadi, psikolog, guru, pekerja sosial, entertainer, selebriti, mediator, perawat.

Masalah yang muncul di kemudian hari adalah ketika kita baru menyadari bahwa pekerjaan yang selama ini kita tekuni bukan merupakan pilihan dari kepribadian kita sendiri tetapi karena kebutuhan finansial atau karena kita tidak memiliki pilihan lain.

Bila kondisinya demikian, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya :

  • Menggabungkan kepribadian yang Anda miliki di dalam karir Anda.
    Contohnya adalah Anda memiliki kepribadian yang konvensional dan lebih suka bekerja secara individu tetapi sayangnya Anda sedang bekerja pada bidang sosial dimana Anda dituntut untuk berhadapan dengan banyak orang. Hal yang Anda harus lakukan adalah melihat tugas-tugas yang sesuai dengan kepribadian Anda seperti melakukan pengaturan jadwal, menawarkan diri sebagai penanggung jawab pengolahan data tim, dan sebagainya.
  • Ketika Anda merasa putus asa dan mulai tidak menyukai pekerjaan itu, sebaiknya Anda segera berhenti dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian Anda. Hal ini sangat penting ketika Anda menyukai apa yang Anda lakukan bukan hanya melakukan apa yang harus Anda lakukan.
  • Buatlah beberapa daftar tentang diri Anda dan kepribadian Anda agar Anda benar-benar mengenali seperti apa karakter Anda dan pekerjaan apa yang cocok bagi Anda. Bisa saja saat ini Anda berpikir bahwa Anda berada pada kepribadian tertentu tetapi ternyata tidak. Sangat penting pula untuk mengenali diri Anda sendiri sebelum memutuskan sesuatu berdasarkan suasana hati saja.

Meskipun demikian, deskripsi pekerjaan yang cocok disesuaikan dengan tipe karakter di atas tentunya tidak bersifat mutlak (100 % benar). Deskripsi di atas merupakan sebuah pendekatan saja yang bisa mengarahkan seseorang dalam menentukan mana profesi yang paling pas dengan karakter yang dimiliki. Dan bila pada akhirnya Anda sudah terlanjur bekerja di profesi yang tidak terlalu cocok dengan karakter Anda, pilihan kembali lagi kepada Anda. Tetap menekuni dan mencintai pekerjaan Anda atau memilih profesi baru yang memang benar-benar cocok untuk karakter Anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: