Informasi dan Tips – informasitips.com

Kaos Pintar yang Bisa Mendeteksi Kesehatan si Pemakainya

prototip kaos pintarinformasitips.com – Tim peneliti di Universitas Carlos III de Madrid (UC3M), Spanyol berhasil memaparkan temuan terbaru mereka, yaitu sebuah kaos pintar “intelligent T-shirt” yang dapat mendeteksi tingkat kesehatan si pemakainya. Eits, tapi kaos ini bukan kaos sembarangan loh.. Kaos pintar ini merupakan alat kesehatan yang ditujukan untuk digunakan oleh orang yang sakit.

Kaos pintar tersebut terbuat dari kain khusus yang digunakan dalam bidang kedokteran untuk memantau kondisi pasien. Kaos pintar dapat mengumpulkan informasi mengenai detak jantung si pemakai (pasien), suhu tubuh, tingkat aktivitas, posisi dan bahkan lokasi dimana pasien berada. Meskipun tergolong barang yang cukup canggih, namun kaos pintar tersebut dapat dicuci. Hm.. keren juga ya…

Di dalam kaos tersebut, terdapat beberapa elektroda yang dapat mengidentifikasi power bioelektris yang diproduksi manusia saat jantung berdetak. Elektroda tersebutlah yang memungkinkan untuk mendapatkan data layaknya alat rekam jantung electrocardiogram.
Selain itu, kaos pintar juga memiliki alat ukur suhu (termometer) dan alat ukut percepatan (akselerometer) yang mudah dipasang dan dilepas. Termometer dan akselerometer itu digunakan untuk mengukur suhu tubuh termasuk posisi pasien (misalnya apakah pasien sedang duduk, berdiri atau berbaring), dan memperkirakan tingkat aktivitas si pemakainya.

kaos pintar dapat mendeteksi kesehatan si pemakaiKaos pintar ini masuh merupakan prototip, sehingga masih perlu disempurnakan lagi. Tim peneliti yang menemukan kaos pintar merencanakan untuk melengkapi kaos pintar dengan perangkat lainnya yang dapat menerima sinyal dari jaringan transmisi (pemancar) yang dipasang di rumah sakit secara nirkabel. Data sinyal yang terkumpul selanjutnya diproses dan akan ditransmisikan kembali ke sistem pengaturan data pusat. Data tersebut selanjutnya diproses lagi secara logaritmik sehingga dapat mendeteksi lokasi pasien saat ia berada di dalam gedung (ruangan tertutup) , dengan margin kesalahan 6,6 kaki (2 meter).

Dengan kemampuan tersebut, kaos pintar temuan UC3M itu dapat digunakan tak hanya oleh dokter di rumah sakit namun juga dapat digunakan oleh pasien (dokter memonitor kondisi pasien dari jarak jauh) saat si pasien sudah kembali ke rumahnya. Alarm yang ada di kaos tersebut akan memberikan sinyal ke dokter bila jantung pasien berdetak sangat cepat atau bila suhu tubuh pasien berada di bawah suhu normal tubuh manusia, 37oC.

credit image: Universitas Carlos III de Madrid (UC3M)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: