Informasi dan Tips – informasitips.com

Kandungan Gizi dan Khasiat Kemangi

informasitips.com – Kemangi yang memiliki nama latin Ocimum citriodorum merupakan tanaman terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap(an). Daun kemangi memiliki aroma yang khas, aromanya tegas namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Bagi Kamu yang menyukai pepes pasti tahu kalau daun Kemangi sering digunakan untuk memberikan aroma yang khas pada masakan pepes, sehingga bisa menggugah selera makan sipapun yang mencium aromanya. Dalam dunia kuliner, manfaat Kemangi tentu sudah banyak diketahui orang. Lebih dari itu, Kemangi mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, sehingga membuatnya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Gizi Kemangi

Kemangi merupakan tumbuhan yang kaya akan kandungan vitamin K, vitamin A (dalam bentuk beta karoten), vitamin E, vitamin B Kompleks, vitamin C, mineral mangan, tembaga, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, selenium, sodium, zinc dan asam lemak omega-3.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Purdue University mengungkapkan bahwa Kemangi mengandung minyak esensial yang kaya akan komponen fenolik, serta berbagai produk alami lainnya, seperti flavonoid dan antosianin.

Khasiat Kemangi Bagi Tubuh Manusia

Berikut ini beberapa khasiat dari Kemangi:

Antibakteri. Kandungan minyak volatil (mudah menguap) dalam Kemangi, seperti estragole, linalool, sineol, eugenol, sabinene, myrcene, dan limonene, diketahui dapat menghambat beberapa pertumbuhan bakteri, seperti E. coli, Listeria, Stafilokokus, Yersinia dan Pseudomonas.

Melindungi DNA. Kemangi diketahui mengandung senyawa flavonoid, semisal Orientin dan Vicenin, yang memiliki khasiat dalam melindungi struktur sel, termasuk kromosom (DNA) dari bahaya radiasi atau akibat radikal bebas.

Tanaman Kemangi mengandung (E)-beta-caryophyllene (BCP) dalam jumlah yang relatif tinggi, sehingga berkhasiat dalam mengobati arthritis dan penyakit radang usus. Hal tersebut merupakan hasil penelitian dari Swiss Federal institute of Technology.

Mengurangi Peradangan dan Pembengkakan. Sebuah penelitian yang dipresentasikan di pertemuan tahunan Royal Pharmaceutical Society menyatakan bahwa ekstrak tanaman yang masih satu kerabat dengan Kemangi memiliki khasiat dalam mengurangi bengkak sebesar 73%, setelah 24 jam pengobatan dilakukan.

Kaya akan Antioksidan. Ekstrak etanol dari Kemangi menunjukkan adanya aktivitas antioksidan yang melebihi antioksidan standar, hal tersebut dipaparkan pada publikasi yang diterbitkan oleh Journal of Advanced Pharmacy Education and Research.

Kemangi Menghambat Penuaan

Menghambat Penuaan. Kemangi mengandung zat berkhasiat yang berguna dalam menghancurkan molekul berbahaya, serta dalam mencegah kerusakan akibat serangan radikal bebas yang terjadi di hati, otak dan jantung. Hal tersebut berkontribusi dalam menghambat kerusakan pada sel-sel tubuh yang dapat membuat seseorang terlihat menjadi lebih tua. Sel-sel tubuh yang rusak tentu akan termanifestasi pada tampilan seseorang yang akan terlihat lebih tua dibandingkan dengan umur yang sebenarnya.

Kesehatan Jantung. Kandungan mineral magnesium di dalam Kemangi bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena akan membuat otot dan pembuluh darah relaksasi sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan mengurangi risiko aritmia ataupun kekejangan pada otot atau pembuluh darah di jantung.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *