Informasi dan Tips – informasitips.com

Kalsium Penting Untuk Perkembangan Fungsi Motorik Anak

Kecukupan Kalsium Anak Sangat Penting Untuk Tumbuh Kembang informasitips.com – Anak butuh nutrisi untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan anak adalah kalsium. Kalsium diperlukan untuk menunjang perkembangan fungsi motorik agar lebih optimal. Perkembangan motorik disebut optimal jika kemampuan motorik tersebut dicapai pada waktunya. Asupan kalsium yang cukup akan membuat sistem saraf, otot, dan tulang menjadi lebih siap untuk melakukan fungsinya motoriknya seperti tengkurap, merangkak, berdiri, berjalan, berlari, dan melompat. Sebuah penelitian Levitsky & Stupp mengungkapkan bahwa kurang gizi salah satunya kurang kalsium akan menyebabkan anak menjadi malas beraktivitas, mengisolasi diri, dan kemampuan eksplorasinya kurang.

Kebutuhan seorang anak akan kalsium tidak boleh kurang dan harus ditabung sejak dini. Anak umur 1 tahun ke bawah membutuhkan kalsium 200-400 mg per hari. Sementara anak usia 1-9 tahun memerlukan kalsium sebanyak 500-600 mg per hari. Kebutuhan akan kalsium tersebut bisa diperoleh dari makanan sehari-hari seperti ikan, produk susu (keju, yogurt), sayuran, kacang-kacangan, dan tomat.

Kalsium amat berperan bagi jantung yaitu untuk mengatur ritmenya saat jantung berkontraksi. Anak dengan kondisi jantung yang sehat dapat melakukan berbagai macam aktivitas untuk menunjang perkembangan fungsi motorik tubuhnya. Kalsium juga bermanfaat pada proses pembekuan darah. Saat seorang anak terluka, darahnya akan cepat membeku dan lukanya akan cepat sembuh bila sel darahnya banyak mengandung kalsium.

Anak yang asupan kalsiumnya kurang akan mengalami berbagai gangguan pertumbuhan seperti gigi tidak tumbuh dengan baik, tulang mudah keropos dan patah, perkembangan sistem saraf akan terganggu, dan bisa menurunkan tingkat kecerdasan otak anak. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa anak yang gelisah saat tidur dan hiperaktif salah satu penyebabnya adalah akibat kekurangan kalsium.

Jadi, penuhi kebutuhan kalsium harian anak Anda agar pertumbuhan dan perkembangan fungsi motoriknya bisa berjalan baik dan optimal. (ST)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *