Informasi dan Tips – informasitips.com

Jus Mentimun untuk Mengatasi Jerawat

informasitips.com – Siapa yang tidak kenal dengan mentimun? Buah perkebunan yang termasuk dalam keluarga sayur-sayuran ini ternyata selain enak dikonsumsi, mentimun juga bermanfaat untuk ragam pengobatan herbal. Bahkan, jus mentimun dipercaya ampuh dalam mengatasi dan mengobati jerawat secara alami. Bangsa Timur Tengah dan beberapa negara-negara di Asia, turun temurun mengonsumsi jus timun untuk perawatan kulit terutama perawatan kulit berjerawat.

Jus Mentimun Bermanfaat untuk Kulit

Ada beberapa alasan mengapa jus mentimun baik untuk kesehatan kulit dan mengatasi jerawat. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Mentimun mendinginkan kulit. Salah satu sifat mentimun ialah memberikan efek sejuk pada kulit. Efek sejuk tersebut membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat. Selain itu, jus mentimun sangat baik untuk mendinginkan kulit sehabis terkena paparan sinar matahari.

Kandungan air dalam mentimun. Dalam sebuah mentimun, mengandung lebih dari 90% air. Jadi ini adalah cara alami untuk menjaga kulit agar tetap lembab, kencang dan terhidrasi. Pengonsumsian jus mentimun dapat membantu melembutkan kulit Anda dan merangsang pembentukan tekstur kulit yang lebih baik. Penggunaan mentimun untuk pelembab alami jauh lebih baik daripada harus menggunakan pelembab kimia yang seringkali dapat memperburuk kulit dan kondisi jerawat Anda.

Vitamin A dan klorofil. Buah yang satu ini ternyata mengandung jumlah vitamin A yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kulit. Klorofil atau zat hijaunya juga memberi pengaruh yang baik untuk kesehatan kulit.

Jus Mentimun untuk Menghilangkan Jerawat

sumber gambar: healthmetz.com

Kandungan asam amino dan mineral dalam mentimun. Asam amino dan mineral sangat penting untuk mencegah terjadinya penuaan dini sehingga baik dalam mengurangi kerutan pada kulit. Selain itu, dua nutrisi tersebut membantu mengencangkan kulit, meregenarasi kulit, memperkecil pori-pori kulit sehingga meminimalkan terjadinya penumpukan dan penyumbatan kotoran pada pori-pori wajah yang menyebabkan terjadinya jerawat.

Cara Memilih dan Mengolah Mentimun untuk Mengobati Jerawat

Reclaim Your Life yang ditulis oleh Carolyn Levett menunjukkan bahwa mentimun saat dijus atau diparut dapat berfungsi sebagai toner (penyegar) fungsional untuk kulit Anda. Ada beberapa hal yang harus Ada perhatikan sebelum mengonsumsi mentimun untuk mencegah dan mengobati jerawat Anda. Pemilihan dan teknik pengolahan mentimun yang baik tentu akan menghasilkan fungsi yang maksimal pula. Cara-caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, carilah timun dengan warna hijau yang pekat. Semakin hijau warnanya, semakin baik zat klorofil yang terserap dalam daging mentimun. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi keseluruhan mentimun. Mentimun yang baik memiliki permukaan yang bergelombang dengan panjang kira- kira 20 sentimeter.
  • Kedua, kupas kulit mentimun. Kulit mentimun biasanya sudah terkontaminasi dengan racun pembasmi hama. Jadi jangan sampai kulit itu ikut termakan oleh Anda, kecuali Anda mengonsumsi mentimun organik.
  • Ketiga, iris daging mentimun tipis-tipis lalu masukkan ke dalam teko atau gelas yang berisi air dingin. Biarkan beberapa jam daging mentimun terendam dalam air, fungsinya memaksimalkan nutrisi vitamin A, klorofil, dan mineral keluar dan bercampur dengan air.
  • Keempat, setelah beberapa jam kemudian, ayak/saring mentimun dari air dan airnya bisa langsung Anda minum.

Jus Mentimun bukan saja bisa Anda minum. Jus mentimun alami bisa Anda jadikan air pencuci wajah. Pilihan lainnya, bisa pula digunakan sebagai penyegar (toner) setelah Anda membersikan wajah. Pembersihan wajah dengan mentimun sangat baik untuk membersihkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran dan bakteri dalam kelenjar sebaceous. Ini adalah alternatif dari pengobatan yang dapat digunakan sebagai pengganti perawatan lain untuk kulit berjerawat Anda.

Selamat mencoba!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: