Informasi dan Tips – informasitips.com

Jenis Olahraga yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

informasitips.com – Kehamilan merupakan waktu yang diidam-idamkan oleh pasangan suami istri. Beberapa macam cara dilakukan untuk mempunyai buah hati yang sehat, seperti cukupnya asupan makanan, istirahat yang cukup, sampai olahraga yang teratur. Olahraga tersebut dimaksudkan agar ibu hamil tetap fit dan energik sepanjang kehamilannya. Olahraga ini pun dapat bermanfaat untuk melatih otot-otot yang berhubungan dengan jalan lahir.

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, namun tidak semua ibu hamil bisa melakukannya, tergantung dari kondisi ibu hamil itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum melakukan olahraga.

  • Senam kegel

    Olahraga yang difokuskan untuk melatih basic panggul ini bermanfaat untuk meringankan kelahiran. Dalam latihan ini ibu hamil diajak agar bisa mengendalikan otot-otot sepanjang sistem persalinan. Latihan kegel usai persalinan juga menolong pengobatan, mengembalikan kontrol kandung kemih, serta memperkuat otot-otot basic panggul. Senam kegel sangat mudah dilakukan dimana saja, berikut ini langkah-langkahnya:

    • Langkah pertama, posisi duduk atau berbaring, cobalah untuk mengkontraksikan otot panggul dengan cara yang sama ketika kita menahan kencing. Anda harus dapat merasakan otot panggul anda meremas uretra dan anus. Apabila otot perut atau bokong juga mengeras maka anda tidak berlatih dengan otot yang benar
    • Ketika anda sudah menemukan cara yang tepat untuk mengkontraksikan otot panggul maka lakukan kontraksi selama 10 detik, kemudian istirahat selama 10 detik
    • Lakukan latihan ini berulang-ulang sampai 10-15 kali per sesi. Sebaiknya latihan ini dilakukan 3 kali sehari
    • Latihan kegel hanya efektif bila dilakukan secara teratur
  • Jenis Olahraga Ibu Hamil

    sumber: newparent.com

  • Renang

    Para ahli kesehatan menyatakan bahwa berenang merupakan salah satu olahraga terbaik bagi ibu hamil. Berenang sangat baik, sebab sangat bagus melatih otot-otot besar (kaki dan tangan), memberi manfaat bagi kinerja jantung dan juga mempermudah menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang overweight. Selain itu. olahraga renang dapat menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi. Meskipun demikian, ibu hamil disarankan setiap 15 menit sekali minum satu gelas air selama melakukan olahraga renang dan satu gelas setelah selesai. Olahraga berenang sendiri bisa dilakukan ibu hamil selama 30 menit dalam sehari.

    Gaya dada cocok dilakukan oleh ibu hamil karena tidak membutuhkan banyak putaran, begitu juga dengan gaya bebas yang hanya membutuhkan tenaga minim. Selain itu, gaya punggung juga baik dilakukan oleh ibu hamil saat renang, karena air dapat mengurangi efek gravitasi pada tubuh dan dengan posisi terlentang menghindari resiko terganggunya aliran darah. Berenang dapat membuat tubuh kencang serta dapat menghindari stres pada sendi. Ibu hamil yang melakukan olahraga ini, denyut jantungnya akan meningkat, melatih sistem kardiovaskular dengan cara yang aman dan tidak menyebabkan tubuh terasa panas.

  • Jalan kaki

    Merupakan jenis olahraga terbaik yang bisa dilakukan oleh ibu hamil selama kehamilannya. Jalan kaki sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga ibu hamil tetap fit. Ssemua orang tentu bisa melakukannya, tidak memerlukan peralatan, bisa dilakukan di mana saja dan aman dilakukan hingga akhir kehamilan.

    Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil bisa melakukan olah raga jalan kaki selama 30 menit per hari. Selama melakukan olahraga jalan kaki, ibu hamil jangan sampai mengalami dehidrasi, oleh karena itu selalu bawa persediaan air minum atau jangan melakukannya saat terik di siang hari, serta hindari melakukan jalan kaki saat malam hari. Hindari pula jalan kaki dengan jalur yang menanjak. Hentikan olahraga jalan kaki jika ibu hamil mengalami perdarahan, sesak nafas, mengalami kontraksi, pusing, sakit dada, sakit atau kram pada betis, dicurigai adanya pecah ketuban atau ketika dirasakan pergerakan janin yang berkurang.

  • Jogging

    Lari-lari kecil ini bisa dikerjakan sepanjang ada rekomendasi dari dokter. Bila dokter menyebutkan “tidak”, baiknya jangan dilakukan.

  • Bersepeda

    Bila anda hobi bersepeda, sebaiknya gunakan saja sepeda statis untuk berolahraga selama masa kehamilan. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari ibu jatuh dari sepeda. Harus diingat bahwa dalam bersepeda, lakukan dengan perlahan serta berhentilah bila tidak kuat.

  • Menaiki tangga

    Bila di dalam rumah ada tangga menuju lantai atas, ibu hamil dapat memanfaatkannya untuk fasilitas berolahraga. Langkah ini cukup murah, namun Anda harus berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum melakukannya, serta perlu ada seseorang atau keluarga yang mendampingi. Biasanya, menaiki tangga dianjurkan bagi mereka yang sudah mendekati masa-masa melahirkan.

  • Aerobik

    Olahraga ini statusnya sama juga dengan joging. ibu hamil harus memperoleh rekomendasi dulu dari dokter sebelum saat mengerjakannya supaya tidak membahayakan jiwa.

  • Yoga

    Sama halnya dengan senam hamil, jika ibu hamil ingin melakukan yoga ada baiknya mengikuti kelas-kelas yoga dengan panduan ahli. Selain membantu kebugaran tubuh, kelebihan yoga adalah melatih pernapasan dan relaksasi ibu hamil yang sangat penting diperlukan saat persalinan nanti, karena pada saat persalinan dibutuhkan teknik-teknik pernapasan yang baik serta ibu hamil yang rileks, yoga bisa membantu mewujudkan itu. Relaksasi yang dihasilkan dari latihan yoga dapat membuat ibu hamil menjalani hari-harinya dengan tenang, juga mampu mengurangi rasa takut akan proses persalinan.

  • Peregangan

    Dengan melakukan latihan peregangan dapat membantu fleksibilitas tubuh ibu hamil yang diperlukan saat proses persalinan dan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan. Latihan peregangan juga dapat membantu proses relaksasi ibu hamil.

Selamat Mencoba Bunda



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: