Informasi dan Tips – informasitips.com

Jenis Olahraga (Aktivitas Fisik) untuk Kesehatan Jantung

informasitips.com – Setelah mengetahui betapa pentingnya Olahraga untuk Kesehatan Jantung, maka sekarang saatnya Anda untuk mulai praktek, yaitu berolahraga. Ada olahraga atau aktivitas fisik tertentu yang memang ditujukan untuk menjaga kesehatan jantung, dan Anda diwajibkan untuk melakukan olahraga yang benar agar tujuan Anda dapat tercapai. Seperti apa olahraga yang benar itu?

Olahraga atau latihan fisik yang benar selama 20-30 menit akan meningkatkan kemampuan sirkulasi darah sebesar 35% bila dilakukan 3 kali seminggu, dalam jangka waktu 1,5 bulan. Bila dilaksanakan selama 6 bulan berturut-turut maka akan diperoleh hasil yang optimal. Hal tersebut seperti diungkapkan Kusmana dalam bukunya berjudul “Olah raga bagi kesehatan jantung (1997)”.

Untuk mempercepat pembakaran lemak, latihan kardio menjadi sangat penting, yang termasuk latihan kardio adalah aerobik, lari dan bersepeda yang dapat dilakukan pagi hari ketika baru bangun tidur dan sebelum sarapan. Aktivitas fisik berupa olahraga yang dapat dilakukan antara lain: Jalan sehat dan jogging, bermain tenis, bermain bulu tangkis, sepak bola, senam aerobik, senam pernapasan, berenang, bermain bola basket, bermain voli, bersepeda, latihan beban: dumble dan modifikasi lain, mendaki gunung, dll. Olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan tersebut dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan olahraga atau aktivitas fisik:

1. Frekuensi, artinya berapa kali melakukan latihan selama waktu tertentu. Menurut berbagai penelitian, di samping intensitas olahraga, frekuensi olahraga mempengaruhi efektifitas hasil latihan secara keseluruhan. Bila dilakukan terlalu sering, misalnya setiap hari, otot tidak mempunyai kesempatan untuk istirahat, sedangkan bila terlalu jarang, hasilnya tidak efektif. Hasil penelitian menganjurkan Dalam seminggu melakukan olahraga secara teratur 3-5 kali seminggu dengan jarak 1-2 hari.

2. Intensitas, adalah ukuran berat ringannya atau beban suatu latihan. Bila ingin melakukan olahraga atau latihan, perlu diketahui terlebih dahulu berapa jauh intensitas yang ingin dicapai.

3. Tempo, atau waktu artinya berapa lama (durasi) waktu latihan berlangsung. Sirkulasi atau aliran darah dalam tubuh akan meningkat sesuai dengan bertambahnya denyut nadi. Bila dipertahankan denyut nadi pada zona latihan, kemampuan kerja dan daya tahan jantunng serta otot-otot yang bersangkutan akan meningkat dan sistem kardiovaskuler akan semakin tanggguh. Untuk memulai latihan olahraga maka dilakukan sesuai dengan kemampuan, kemudian ditambah secara perlahan/bertahap selama 30 menit.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: