Informasi dan Tips – informasitips.com

Jenis Makanan ini Membuat Nafsu Makan Berkurang

informasitips.com – Keinginan untuk menurunkan berat badan merupakan agenda banyak orang, baik itu pria terlebih lagi perempuan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan cara menekan nafsu makan yang dimiliki. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengurangi nafsu makan yang menggebu. Cara yang terbilang unik adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu, makan untuk mengurangi nafsu makan? Kok bisa ya? Bisa saja, karena ada beberapa jenis makanan yang ketika dikonsumsi justru malah membuat Kita kehilangan selera untuk makan makanan yang lain. Dengan cara itu, maka Kita bisa menjalankan program menurunkan berat badan tanpa harus merasakan betapa tidak enaknya kelaparan. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi dengan tujuan untuk mengurangi nafsu makan:

Makanan mengurangi nafsu makan

Makanan Kaya Serat dan Air

Jenis makanan ini, seperti buah dan sayuran, juga disebut sebagai makanan yang memiliki volume besar, sehingga apabila dikonsumsi maka perut akan terasa penuh. Peneliti Barbara Rolls, PhD menyatakan bahwa ketika seseorang banyak mengonsumsi makanan yang bervolume besar dan rendah densitas (rendah kalori) maka di sepanjang hari itu dia akan cenderung lebih sedikit mengonsumsi makanan. Hal itu dikarenakan nafsu makannya yang berkurang. Bahkan program yang diajukan Barbara Rolls tersebut (Rolls’ Volumetric) dianggap sebagai pola diet yang paling baik oleh majalah Consumer Report.

Untuk menjalankan programnya, Rolls mengatakan sebaiknya seseorang mengonsumsi salad atau semangkuk sup sebelum makan makanan inti. Tujuannya agar tidak terlalu banyak makan saat menyantap makanan inti. Atau cara lain yang bisa dilakukan adalah menambah konsumsi air atau serat (dan sedikit lemak), namun jangan terlalu banyak sehingga akan mengurangi kenikmatan kamu menyantap makanan inti, karena rasanya sudah berubah. Makanan yang kaya air dan serat, serta rendah kalori akan memenuhi ruang perut dan berada lama di sana, sehingga akan mengurangi nafsu makan. Dawn Jackson Blatner dari American Dietetic Association mengatakan setidaknya sediakan satu atau lebih makanan yang kaya serat atau air serta makanan berprotein tanpa lemak dalam setiap waktu menyantap makanan inti (makan besar) dengan tujuan untuk mengurangi asupan kalori ke dalam tubuh Kamu.

Makanan Berprotein Tanpa Lemak

Makanan jenis ini, seperti ikan, daging unggas, kedelai dan telur membantu Anda untuk merasa kenyang sekaligus dapat berimplikasi dalam menurunkan berat badan. Menurut Wayne Campbell, profesor nutrisi dari Purdue University, mengonsumsi makanan yang kaya protein akan membuat Kita merasa kenyang dibandingkan dengan mengonsumsi makanan yang lain, termasuk makanan tinggi serat, dan menyelaraskan hal tersebut dengan program diet kerap membuat program diet yang dijalankan akan berhasil, karena makanan kaya protein membantu Kita untuk tidak merasa lapar. Selain itu, mengonsumsi makanan kaya protein akan membantu Anda dalam memeroleh massa otot, alih-alih mengurangi nafsu makan Kita malah mendapat bonus dengan memeroleh tubuh berotot. Protein merupakan komponen utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun massa otot.

Mengonsumsi protein sebanyak 20-30 gram atau 3-4 ons protein tanpa lemak cukup untuk membantu Anda dalam mengurangi nafsu makan. Oleh karena itu, ketika sarapan sebaiknya perbanyak mengonsumsi protein dibandingkan karbohidrat, karena hal itu akan memengaruhi selera makan Anda di hari itu. Sebuah studi pada tahun 2007 di Pennington Biomedical Research Center menemukan bahwa sarapan makanan kaya protein (rendah lemak, rendah kalori) secara rutin akan meningkatkan keberhasilan penurunan berat badan sebesar 65%, pengecilan lingkar lengan sebesar 83% dan tidak berdampak signifikan terhadap kadar kolesterol darah. Mereka yang mengonsumsi makanan kaya protein akan merasa lebih puas dibandingkan dengan mereka yang mengonsmusi banyak karbohidrat, hel tersebut tentunya akan memengaruhi selera makan selama sehari.

Makanan Padat Lebih Mengenyangkan

Para ahli menyatakan bahwa mengonsumsi makanan padat lebih mengenyangkan dibandingkan dengan makanan cair atau semi-padat. Cairan tidak membuat seseorang merasa kenyang dibandingkan dengan padatan.

Makan Perlahan

Ketika perut Kita terisi oleh makanan, maka sebuah sinyal akan terkirim ke otak bahwa tubuh Kita telah cukup mengonsumsi makanan, namun sinyal tersebut tidak selamanya berhasil menyampaikan pesan, apalagi jika makanan penutup yang manis itu telah tersedia di meja makan. Menurut para ahli, agar sinyal tersebut berhasil menyampaikan pesannya sehingga tubuh selalu merasa kenyang, maka mereka menyarankan agar Kita mengunyah makanan secara perlahan dan berkonsentrasi dengan makanan yang tengah dimakan, serta jangan teralihkan dengan hal yang lain apalagi makanan penutup atau jenis makanan lainnya. Selagi makan jangan ber-multitasking, artinya jangan melakukan kegiatan lain, tekunlah mengunyah makanan yang Anda makan, dengan demikian sinyal “kenyang” itu akan sampai ke otak, dan akhirnya nafsu makan menjadi berkurang. Jangan terburu-buru saat makan, para ahli menyarankan setidaknya habiskanlah waktu setengah jam untuk menghabiskan makanan Anda.

Semoga berhasil.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: