Jauhi Gangguan Jantung dengan Sikat Gigi 2 Kali Sehari

informasitips.com – Baru-baru ini telah ditemukan penelitian yang mengungkapkan bahwa masalah gangguan jantung dapat dihindari dengan cara rajin menggosok gigi. Menggosok gigi dua kali sehari akan menurunkan resiko penyakit jantung.

Penelitian terdahulu menemukan bahwa bengkak dan radang di tubuh termasuk di gusi dan mulut dapat merangsang penyumbatan pembuluh arteri. Namun, hasil penelitian terbaru menemukan ada kaitannya antara resiko penyakit jantung dengan frekuensi menggosok gigi.
Fakta ini merupakan hasil survey “Scotthish Health Survey”, Scotland. Tim penelitian yang dipimpin oleh Richard Watt, professor dari University College London, melihat fakta ini pada lebih dari 11.000 orang dewasa yang ikut dalam survey tersebut.

Survey dilakukan dengan cara mengamati perilaku gaya hidup, seperti merokok, aktivitas fisik, dan masalah kesehatan mulut. Terkait masalah kesehatan mulut ini, poin penting yang menjadi perhatian adalah seberapa sering orang-orang yang disurvey tersebut memeriksakan kesehatan mulutnya ke dokter gigi, dan seberapa sering mereka menggosok gigi.

Tahapan selanjutnya, data kondisi medis dan riwayat keluarga terhadap penyakit jantung, tekanan darah dan sampel darah juga dikumpulkan dari orang-orang yang disurvey tersebut. Mereka kemudian mengizinkan tim peneliti untuk memeriksa tingkat peradangan di dalam tubuh mereka. Data-data yang dikumpulkan dalam survey tersebut selanjutnya dikirim ke rumah sakit di Scotland sampai Desember 2007.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam Brithis Jurnal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kondisi kesehatan mulut orang yang disurvey cukup baik. Sebanyak 62% dari mereka mengatakan bahwa mereka pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali, dan sebanyak 71% mengatakan bahwa mereka menggosok gigi dua kali sehari. Dan hampir sebagaian besar mereka yang kondisi kesehatan mulutnya baik ternyata memperlihatkan kondisi jantung yang baik pula.
(ST)

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012
Bagikan artikel:

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>