Informasi dan Tips – informasitips.com

Jangan Minum Teh Sebelum dan Sesudah Makan! Mengapa?

informasitips.com – Teh merupakan jenis minuman populer yang memiliki banyak penggemar di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Bukan hanya karena rasa dan aromanya yang nikmat, namun teh juga kaya akan senyawa polifenol yang merupakan antioksidan kuat yang berkhasiat menunda penuaan sekaligus meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh bagi mereka yang meminumnya.

Rasanya kegiatan meminum teh hampir tak mengenal tempat dan waktu, kapan saja dan dimana saja seseorang bisa mengonsumsi minuman yang satu ini. Di banyak tempat, baik di rumah sendiri ataupun di rumah makan, seringkali teh dijadikan sebagai minuman pendamping yang bisa diminum sebelum atau sesudah makan. Namun, tahukah Kamu kalau sebenarnya tidaklah tepat meminum teh sesaat sebelum dan sesudah makan?

Ini dia alasan kenapa Kamu jangan minum teh sebelum dan sesudah makan:

  • Jangan minum teh saat Kamu lapar atau sebelum makan

    Teh ternyata memiliki pengaruh dalam menekan sekresi cairan asam lambung dan asam empedu di dalam saluran pencernaan. Hal tersebut tentunya akan memengaruhi proses penyerapan protein dan nutrisi lainnya saat Kamu makan nanti. Tidak hanya itu, minum teh saat Kamu lapar akan menyebabkan Kamu kehilangan selera makan, karena teh akan menstimulasi mukosa lambung. Hal yang paling gak enak adalah dengan meminum teh dapat menyebabkan makanan yang dikonsumsi menjadi kurang terasa, kalau sudah begitu rasa nikmatnya jadi berkurang deh. Untuk mencegah itu semua, sebaiknya Kamu tidak minum teh saat Kamu lapar atau saat hendak makan, namun jika Kamu tetap ingin minum teh (minuman favorit Kamu) maka setidaknya minumlah teh 1 jam sebelum makan.

  • Minum Teh Sebelum dan Sesudah Makan

  • Jangan Minum Teh setelah Kamu makan

    Teh mengandung senyawa tanin yang memiliki aktivitas dalam mengikat zat besi yang dijumpainya. Nah, jika Kamu setelah makan minum teh, maka kandungan zat besi yang terdapat di dalam makanan akan terikat oleh senyawa tanin yang terdapat di dalam teh, sehingga zat besi tersebut tidak dapat terserap oleh tubuh (Baca juga Makanan Kaya Zat Besi). Kalau sudah begitu, maka Kamu tidak akan mendapatkan manfaat dari mengonsumsi zat besi. Hal tersebut tentunya tidak boleh terjadi, apalagi pada mereka yang menderita anemia. Kehadiran zat besi di dalam makanan sangat penting bagi para penderita anemia mengingat fungsinya dalam proses pembentukan sel darah merah. Hal tersebut juga berlaku pada kasus sebelum makan, jika Kamu minum teh sebelum makan maka senyawa tanin masih terdapat di dalam saluran pencernaan dapat mengikat zat besi yang baru saja masuk sehingga tidak dapat diserap.

Wah, ternyata minum teh tidak boleh sembarang waktu ya….



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: