Informasi dan Tips – informasitips.com

Jambu Biji, Manfaat dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

Posted on by in , with 0 Comments

informasitips.com – Tubuh membutuhkan banyak nutrisi dan senyawa penting untuk menangkal serangan berbagai penyakit. Satu sumber yang menyediakan ketersediaan itu semua adalah buah-buahan. Karenanya, pakar kesehatan selalu menganjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan setelah makan.

Buah memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan senyawa pentingnya menjadi sumber utama ketersediaan gizi yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Satu jenis buah yang sangat penting untuk dikonsumsi adalah jambu biji (Psidium guajava L).

Saat masih mentah, buah jambu biji memiliki warna kulit hijau dan daging buah yang keras berwarna putih dengan biji yang banyak. Bila sudah matang, kulit buah berwarna kuning, dengan daging buah berwarna merah muda.

Manfaat dan Khasiat Jambu biji bagi kesehatan

Kandungan senyawa penting yang terdapat dalam buah jambu biji adalah vitamin C dan vitamin A. Seperti diketahui, dua macam vitamin ini sangat bermanfaat sebagai antioksidan dan kesehatan mata. Daging buah jambu biji juga mengandung banyak serat yang membantu proses kimiawi tubuh di saluran pencernaan.

Vitamin C yang terdapat dalam buah jambu biji diketahui dua kali lebih banyak dibandingkan yang dikandung oleh buah jeruk. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh. Fungsi lain dari pektin adalah membantu menurunkan tekanan darah.

Jambu biji juga memiliki kandungan senyawa likopen yang melimpah. Adapun likopen ini berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh dari serangan penyakit kanker. Senyawa lain yang juga dikandung oleh buah jambu biji adalah minyak atsiri (eugenol), zat samak, triterpinoid, tanin, damar, minyak lemak, dan asam apfel.

Senyawa penting ini banyak dikandung oleh buah jambu biji di bagian kulit dan daging buah, terutama saat sedang matang. Daging buah akan terasa lunak dan memiliki kandungan air yang banyak bila dibandingkan dengan buah yang masih mentah.
Tidak hanya buah jambu biji saja yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Daunnya juga sudah digunakan sebagai obat tradisional yang digunakan sejak zaman nenek moyang. Penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun jambu biji adalah batuk, diare, dan melancarkan proses di saluran pencernaan.

Penggunaan daun jambu biji sebagai obat, sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu untuk mengambil daun yang tidak terlalu tua beberapa helai, kemudian direbus. Air rebusan daun jambu biji itu disaring dan diminum. Kandungan senyawa pada daun yang larut dalam air rebusan itu akan segera berkerja dalam tubuh untuk membasmi penyakit yang menyerang.

Mengkonsumsi buah jambu biji sangat cocok saat di siang hari. Karena, buahnya yang segar dapat mendinginkan badan. Suatu sumber vitamin yang murah meriah dan alami yang tidak mahal. Lagipula, sangat baik bagi tubuh dibandingkan menggunakan obat buatan pabrik yang sudah tercampur bahan kimia.

Menyajikan buah jambu biji menjadi resep yang siap digunakan untuk menyembuhkan penyakit, tidaklah rumit. Semua alat dan bahan yang dibutuhkan pastilah sudah tersedia di rumah Anda. Bahkan, Anda bisa membuatnya setiap hari, agar tubuh selalu terjaga dan terhindar dari serangan penyakit.

Penyakit apa dan bagaimanakah membuat resep dari buah jambu biji?

  1. Resep untuk memperlancar sistem pencernaan, memperkuat jantung, meningkatkan trombosit, mencegah demam berdarah, dan sebagai anti kanker.

    Anda siapkan buah jambu biji, apel, dan melon. Potongan buah itu dicampurkan dalam alat blender, dan tambahkan dengan sedikit air. Agar memberikan rasa manis, masukkan sedikit madu asli. Kemudian, blenderlah semua bahan hingga menghasilkan jus.
    Jus segar yang dihasilkan itu dapat langsung Anda minum. Sebaiknya, jus sehat dari buah-buahan ini diminum pada pagi dan sore hari. Dengan meminum jus buah secara teratur dan rutin, kesehatan tubuh Anda akan terjaga selalu.

  2. Resep untuk mengatasi penyakit maag

    Kali ini yang digunakan untuk menjadi bahan pengobatan adalah daun buah jambu biji. Petik delapan helai daun buah jambu biji yang masih segar dari pohonnya. Jangan lupa untuk dicuci. Setelah itu, rebus daun dengan air sebanyak 1,5 liter.
    Bila sudah mendidih, angkat dan saring air rebusan. Minum air rebusan tersebut pada pagi, siang, dan sore hari. Apabila Anda minum secara teratur, Anda dapat terhindar dari serangan penyakit maag.

  3. Resep untuk mengatasi disentri

    Anda membutuhkan akar dan daun jambu biji. Setelah kedua bahan tersebut sudah diambil secukupnya, cuci bersih. Potong hingga akar dan daun tersebut membentuk potongan-potongan kecil. Lalu, rebuslah.
    Air rebusan akar dan daun itu kemudia disaring. Jangan berikan campuran apapun seperti gula, dalam air rebusan itu. Minum, hingga disentri Anda hilang.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat dan khasiat yang berasal dari buah jambu biji, sudah seharusnya membuka kesadaran untuk lebih sering mengkonsumsinya. Bila memungkinkan dan ada sedikit lahan di rumah Anda, cobalah untuk menanam pohon jambu biji.
Selain berfungsi sebagai penghias rumah, pohon jambu biji yang berbuah lebat bisa menjadi sumber vitamin berharga untuk Anda dan keluarga. Sehingga, Anda tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk hidup sehat.

Nah, semoga informasi ini dapat bemanfaat bagi Anda yang ingin hidup sehat secara murah meriah dan alami. Lebih baik mencegah terlebih dahulu dibandingkan mengobati.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

TEMUKAN KAMI DI:

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih