Intel Siapkan Celeron ULV untuk Saingi AMD Trinity

informasitips.com – Saat ini, perusahaan produsen prosesor terbesar di dunia, Intel disebut-sebut sedang mengembangkan sebuah prototipe Ultrabook murah yang akan diotaki oleh prosesor terbawah dari seluruh jajaran prosesor buatan Intel, yakni Intel Celeron.

Banderol Ultrabook yang masih cukup tinggi di pasaran yaitu berada di kisaran US$ 699, dinilai overpriced oleh banyak kalangan. Inilah salah satu penyebab utama Intel mengembangkan prototipe ultrabook yang akan menggunakan prosesor Intel Celeron demi menekan harga jual akhir di konsumen.

Selain itu, ultrabook ini juga dipersiapkan guna bersaing dengan kompetitor mereka satu-satunya yakni AMD yang beberapa waktu lalu telah mengumumkan Ultrathins, sebuah platform ultrabook rancangan sendiri yang menggunakan APU (Accelerated Processor Unit) Trinity. Dengan menyiapkan ultrabook super tipis dengan prosesor Celeron ULV yang memiliki konsumsi daya sangat rendah, berarti Intel telah menjawab tantangan AMD tersebut.

Varian prosesor Celeron ULV (Ultra Low Voltage) untuk ultrabook yang dikembangkan oleh Intel ada dua, yaitu Celeron 877 dan Celeron 807, dimana keduanya hanya membutuhkan daya 17 watt saja. Namun bedanya, seri Celeron 877 adalah prosesor ber-inti ganda dengan clockspeed 1.4 GHz, sedangkan Celeron 807 merupakan prosesor dengan inti tunggal yang memiliki kecepatan 1.5 GHz. Biaya produksi Celeron ULV 807 dan Celeron 877 dapat ditekan oleh Intel karena prosesor ini menggunakan arsitektur yang lebih lama dengan pengurangan beberapa fitur-fiturnya.

Setelah meluncurkan dua varian prosesor Celeron ULV ini, kabarnya Intel juga akan menurunkan harga beberapa prosesor, seperti Core i7, Core i5 Ivy Bridge. Ini juga merupakan upaya Intel agar tetap dapat berkompetisi dengan Trinity AMD. Celeron ULV 807 dan Celeron 877 ini diprediksi akan dilepas ke pasaran dengan harga tak lebih dari US$90, dengan tujuan agar harga ultrabook bisa dikurangi hingga dibawah US$600 atau sekitar 5 jutaan saja.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>