Informasi dan Tips – informasitips.com

Inilah Alasan Mengapa Menyiram Tanaman Tidak Boleh Dilakukan di Siang Hari

informasitips.com – Menyiram tanaman merupakan salah satu bagian merawat tanaman agar tetap tumbuh dengan baik. Namun, rupanya menyiram tanaman pun tidak bisa sembarangan. Ada waktu-waktu tertentu dalam melakukan perawatan tanaman yang satu ini. Hal ini tentu saja ada alasannya. Kapan Kamu biasanya menyiram tanaman di rumahmu? Pagi, siang atau Sore? Jika Kamu selalu menyiram tanaman di siang hari, sebaiknya Kamu segera menghentikannya. Kenapa? Karena hal ini justru akan merusak tanaman yang seharusnya tumbuh indah di pekarangan rumahmu, bahkan bisa membuatnya mati.

Bahaya Menyiram Tanaman di Siang Hari

Pada siang hari, proses penguapan terjadi dengan cepat. Jika Kamu menyiram tanaman di siang hari, maka sinar matahari akan membuat air menguap terlebih dulu sebelum terserap oleh tanaman. Sel-sel pada tanaman pun akan mengkerut karena disiram dalam keadaan panas, sel-sel tersebut akan menggelembung terisi air lalu akan pecah. Jika hal ini terus terulang, maka lama kelamaan tanaman akan rusak dan mati.

Jangan Menyiram Tanaman di Siang Hari

sumber gambar: smartgardener.com

Selain itu, air yang cepat menguap akan membuat komponen mineral atau zat terlarut lainnya yang sebelumnya terkandung di dalam air siraman akan tertinggal di permukaan daun atau bagian tanaman lainnya. Hal tersebut tidak baik bagi tanaman dan dapat membuat tanaman menjadi mati karena sifatnya yang toksik. Ditambah lagi air yang tidak sempat terserap ke dalam tanah (dan tetap berada di permukaan tanah) akan menyebabkan akar tanaman terstimulasi untuk bergerak ke arah permukaan tanah. Pertumbuhan akar yang tidak normal itu tentunya sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup tanaman, sehingga tanaman bisa mati.

Waktu yang Tepat Menyiram Tanaman

Kapan waktu yang tepat untuk menyiram tanaman? Idealnya menyiram tanaman dilakukan pada pagi hari, dimana pada saat ini matahari mulai muncul dan memiliki kesempatan untuk mengeringkan kelembapan yang berlebihan pada tanaman dan mencegah berkembangnya jamur. Selain itu, suhu udara pun belum panas, sehingga memungkinkan air akan terserap oleh tanaman. Air yang digunakan juga tentu saja jangan terlalu banyak, untuk menghindari hal ini sebaiknya Kamu tidak menggunakan sprinkler alat penyiram tanaman yang akan menghabiskan banyak air dan membasahi tanaman secara berlebihan. Hal ini tentunya akan membuat tanaman Kamu menjadi rentan terhadap pembusukan.

Kamu juga harus melakukan penyiraman secara teratur, menyiram tanaman satu atau dua kali dalam seminggu akan mendorong perkembangan akar tanaman menjadi lebih dalam. Kemudian gunakan air dengan temperatur yang mendekati temperatur udara, karena hal ini akan menghindari tingkat “keterkejutan” tanaman ketika Kamu menyiramnya. Sebaiknya Kamu tidak menyiram tanaman dengan menggunakan air PAM, karena air PAM mengandung kaporit yang akan mengurangi keasaman tanah yang dibutuhkan oleh tanaman serta dapat menghilangkan bakteri apatogen yaitu bakteri yang berguna untuk pertumbuhan tanah. Dengan begitu, tanah akan menjadi tidak subur lagi. Adapun air yang paling baik untuk tanaman adalah air hujan, namun tentu saja dalam kadar yang stabil. Oleh karena itu, peran Kamu dalam mengatur kesuburan tanaman sangatlah penting.

Bagaimanapun, dalam menjaga lingkungan ini tetap memiliki aturan. Agar memperoleh hasil yang baik dan memuaskan, tentu saja kita harus mengikuti aturan yang telah dianjurkan. Jadi, sekarang Kamu sudah tahu kan kenapa dilarang menyiram tanaman pada siang hari? Untuk itu, sekarang mulailah menyiram tanaman sesuai dengan waktu yang memang baik untuk melakukan penyiraman, karena hal ini sangat penting bagi kelangsungan hidup tanaman kesayangan Kamu.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: