Informasi dan Tips – informasitips.com

Ini Dia Pengaruh Kafein bagi Tubuh Anda

informasitips.com – Kafein sepertinya sudah menjadi bagian dari gaya hidup manusia. Bagaimana tidak, senyawa ini setiap harinya selalu dikonsumsi oleh manusia, khususnya dalam bentuk minuman, baik itu teh ataupun kopi. Apa yang Anda ketahui tentang kafein? Umumnya, Kita mengetahui kafein sebagai suatu stimulan yang mampu membuat seseorang untuk lebih terjaga dan tidak mengantuk, hingga akhirnya mencegah seseorang untuk tidak tidur. Namun, apakah benar kafein memiliki efek seperti itu? Lepas dari itu, sesungguhnya masih banyak efek kafein bagi tubuh yang belum kita ketahui. Nah, pada kesempatan kali ini, beberapa efek kafein bagi tubuh akan diuraikan di artikel ini.

  • Kafein tidak membuat Anda tidak mengantuk

    Sebuah studi yang dilakukan menunjukkan bahwa kafein tidak memberikan pengaruh berarti bagi tidur seseorang. Hal itu dibuktikan dari percobaan dimana seseorang secara diam-diam diberi kafein sebelum mereka tidur, dan secara mengejutkan ternyata tidur mereka tidak berubah secara berarti. Jadi, mungkin saja efek kafein yang dirasakan seseorang selama ini merupakan sugesti.

  • Kafein mungkin tidak Menyebabkan Kecanduan

    Kamu pasti sering mendengar bahwa kafein itu dapat menyebabkan kecanduan bagi mereka yang sering mengonsumsinya, namun apakah itu benar? Sebenarnya kafein tidaklah menyebabkan kecanduan karena cara kerjanya di otak berbeda dengan obat-obatan yang memang menyebabkan kecanduan, seperti kokain atau heroin. Selain itu, banyak orang yang mengonsumsinya tidak mengalami ‘sakau’ setelah tidak mengonsumsinya.

  • Pengaruh Kafein

    sumber: mentallyfine.com

  • Merasa lebih baik

    Bagi para penikmat kafein, beberapa gelas kopi akan membuat mereka merasa lebih baik, namun terlalu banyak malah akan membuat mereka merasa tidak lebih baik. Dosis yang sedang adalah kuncinya, seberapa sedang? Itu semua tergantung dari kebiasaan Anda meminumnya, juga tergantung dari gen Anda yang akan menentukan seberapa besar tubuh bisa menerima dosis kafein. Nah, biasanya jika orang tua Anda adalah seorang penikmat kopi, maka kemungkinan Anda juga, dan dosis kafein bagi Anda mungkin lebih besar dibandingkan dengan teman Anda yang orang tuanya bukan seorang penikmat kopi.

  • Menghilangkan rasa sakit

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat membantu Anda dalam mengurangi rasa sakit yang Anda alami. Jika Anda mengalami sakit kepala, maka pengobatan kombinasi parasetamol dan kafein akan lebih efektif dibandingkan dengan hanya diberi parasetamol.

  • Mempertajam Indera

    Berdasarkan beberapa studi yang dilakukan diketahui bahwa kafein memiliki kemampuan dalam mempertajam indera seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa setelah seseorang mengonsumsi secangkir kopi mereka dapat melihat lebih baik di kegelapan, peningkatan terjadi sekitar 20 hingga 38%. Selain itu, dengan mengonsumsi kafein, seseorang dapat membedakan warna dengan lebih baik dibanding ketika mereka tidak mengonsumsinya.

  • Membantu dalam mengerjakan tugas yang membosankan

    Kafein diketahui dapat membuat seseorang untuk bisa lebih menaruh perhatian terhadap sesuatu yang tengah dihadapi atau dikerjakannya. Hal itu sangat berguna bagi siapa saja yang kerap kali mengerjakan sesuatu yang dianggap membosankan. Dengan mengonsumsi kafein, seseorang dapat lebih bisa untuk menaruh perhatiannya pada hal tertentu, termasuk hal-hal yang membosankan atau dianggap membosankan.

Itulah beberapa pengaruh kafein bagi tubuh manusia. Ternyata masih ada hal salah yang orang pikirkan mengenai kafein, semoga artikel ini bisa berguna untuk Anda.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *