Informasi dan Tips – informasitips.com

Ini Dia Cara Untuk Menyingkirkan Pikiran yang Mengganggu

informasitips.com – Dalam keadaan tertentu, tidak jarang kita terjebak dalam pikiran-pikiran buruk yang sulit dikontrol. Misalnya takut melakukan kesalahan, khawatir tidak dapat menyelesaikan pekerjaan, cemas ketika memikirkan masa depan atau pikiran-pikiran buruk lainnya yang sebenarnya belum tentu dialami. Timbulnya pikiran-pikiran tersebut akan membuat perasaan tidak tenang bahkan bisa mengganggu kesehatan. Untuk menghindarinya memang bukan hal yang mudah. Namun, rasa tidak nyaman ini bisa dihilangkan dengan sejumlah cara. Berikut beberapa cara untuk menyingkirkan pikiran yang mengganggu.

Mengalihkan Pikiran

Berpikir sesuatu hal lain adalah salah satu cara untuk mengalihkan perhatian dari pikiran-pikiran yang dianggap mengganggu. Sebaiknya fokus terhadap satu hal saja, seperti berkonsentrasi pada bagian tertentu dari musik, menikmati acara televisi atau mengerjakan tugas dibanding membiarkan pikiran melayang-layang membayangkan sesuatu tanpa tujuan yang tidak jelas.

Hindari Stres

Terdapat sebuah metode yang menyatakan bahwa untuk menghindari pikiran-pikiran yang mengganggu adalah dengan menempatkan diri dalam tekanan. Dengan melakukan kegiatan yang menguras energi mental akan membuat pikiran-pikiran yang mengganggu sedikit demi sedikit terlupakan. Namun, setelah diuji secara ilmiah justru hal ini merupakan pendekatan yang buruk. Dalam keadaan stres, pikiran-pikiran yang tidak diinginkan justru sebaliknya akan kembali dengan porsi yang lebih kuat, sehingga metode tersebut tidak boleh dugunakan sebagai cara untuk menghindari pikiran-pikiran yang tidak menyenangkan.

Cara Menyingkirkan Pikiran yang Mengganggu

sumber gambar: thesavoia.com

Terapi Paradoxical

Terapi paradoxical merupakan terapi di mana ketika seseorang merasa khawatir atau cemas terhadap sesuatu, maka dia dianjurkan untuk berkonsentrasi terhadap sesuatu tersebut, bukan menghindarinya. Misalnya ketika seseorang takut terhadap laba-laba, hadapkan dia pada laba-laba. Secara perlahan, rasa takut tersebut dapat hilang, namun dalam hal ini dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Menerima Pikiran yang Dianggap Mengganggu

Ada juga sebuah studi yang mengungkapkan bahwa mencoba untuk menerima pikiran-pikiran yang mengganggu akan dirasa lebih baik daripada berusaha untuk menghilangkan atau menghindarinya. Hal ini bisa dicoba dengan cara membayangkan pikiran-pikiran yang dianggap mengganggu ibarat tentara yang sedang berbaris seperti parade kecil. Jangan menghindarinya atau memberi perlawanan untuk menghilangkan mereka, cukup hanya dengan menyaksikannya saja.

Meditasi

Meditasi juga merupakan salah satu cara untuk menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu, karena saat melakukan meditasi pikiran menjadi tenang. Meditasi juga sangat bermanfaat untuk melatih dan mempertajam daya konsentrasi.

Menulis Pikiran-pikiran yang Mengganggu

Ketika pikiran-pikiran yang mengganggu muncul, cobalah untuk menuliskannya. Dampak yang dihasilkan memang kecil, karena tidak secara langsung bisa menghilangkannya. Namun, cara ini cukup memberikan manfaat, setidaknya tulisan bisa dijadikan tempat untuk berbagi ketika tidak dapat bercerita kepada orang lain. Dengan cara menuliskan pikiran-pikiran yang mengganggu tersebut, nanti akan terlihat dan bisa membedakan apakah pikiran-pikiran itu memang sangat mengganggu dan memang pantas untuk dikhawatirkan atau tidak.

Membuat Daftar Solusi Berupa Tindakan

Ketika Kamu menuliskan pikiran-pikiran yang menurutmu sangat mengganggu, tuliskan pula tindakan yang harus dilakukan sebagai solusi secara spesifik. Mulailah dengan melakukan hal kecil atau tindakan yang sederhana, lakukanlah secara bertahap sampai semua daftar tindakan yang telah ditulis Kamu kerjakan. Cara ini bisa membantu agar Kamu lebih fokus terhadap sesuatu yang lebih penting dan lebih membutuhkan perhatian daripada terkungkung dalam pikiran-pikiran yang menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan saja. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Carol Kryder, PhD, seorang psikolog klinis dan ahli kesehatan mental yakni dengan menulis bisa menjadi kunci untuk mengusir emosi negatif. Menulis dapat menjadi media untuk mengendalikan pikiran.

Lakukan Relaksasi

Cobalah untuk menghirup udara segar di pagi hari, kegiatan ini akan menimbulkan efek relaksasi ketika sedang mengalami ketegangan dan dihampiri pikiran-pikiran yang mengganggu. Cara ini sedikitnya akan menenangkan pikiran, menjernihkan logika dan perasaan. Dengan begitu, tentunya Kamu dapat menyusun langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Selain itu, Kamu juga bisa melakukan spa atau perawatan diri lainnya yang dapat menjernihkan pikiran dan membuat fisik menjadi lebih nyaman.

Percaya Diri dan Berpikir Positif

Tekankan pada diri Kamu bahwa Kamu dapat menyelesaikan segala persoalan dan mampu menghadapi rintangan. Ketika Kamu memiliki kepercayaan diri yang kuat, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, ditakutkan dan tidak ada kecemasan. Isilah hari-harimu dengan selalu berpikir positif.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan pikiran-pikiran yang dianggap mengganggu. Tidak ada sesuatu yang akan terjadi apabila hanya memikirkannya tanpa melakukan tindakan, justru kegagalanlah yang akan datang apabila terus menerus diliputi kekhawatiran dan pikiran-pikiran yang tidak menentu.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

2 thoughts on “Ini Dia Cara Untuk Menyingkirkan Pikiran yang Mengganggu

  1. ade

    salah satu artikel yang sy sukai adalah tentang psykologi,terima kasih informasitips.com,

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: