Informasi dan Tips – informasitips.com

Benarkah Hidung Pria Lebih Besar daripada Hidung Wanita?

informasitips.com – Benarkah ukuran hidung pria dan wanita berbeda? Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Physical Anthropology pada 31 Oktober yang lalu, ukuran hidung pria dan wanita memang berbeda. Hasil dari studi tersebut mengungkapkan bahwa hidung pria 10 persen lebih besar dibandingkan dengan hidung wanita.

Apa penyebabnya?
Hal tersebut dikarenakan, pada umumnya, tubuh pria memiliki lebih banyak jaringan otot dibandingkan dengan perempuan. Oleh karena itu, pria membutuhkan lebih banyak oksigen untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan ototnya. Nah, dengan hidung yang lebih besar, pria bisa mendapatkan lebih banyak oksigen dibandingkan dengan perempuan.

Menurut studi yang dipimpin oleh Nathan Holton, asisten profesor di University of Iowa College of Dentistry, sebenarnya saat pria dan wanita masih kanak-anak (belum puber), ukuran hidung mereka tidaklah terlalu berbeda. Barulah pada saat mereka beranjak remaja, kira-kira di usia 11 tahun, terjadi perubahan pada tubuh pria. Metabolisme tubuh pria menjadi lebih cepat pada usia itu. Begitu juga dengan konsumsi energi dan oksigennya yang meningkat, ditambah lagi dengan pertambahan massa otot pria yang juga semakin cepat. Sebagai konsekuensinya hidung pria tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan hidung wanita. Pada wanita, pertambahan massa lemaklah yang terjadi lebih cepat ketimbang massa otot.

Temuan ini sekaligus menjelaskan mengapa manusia purba memiliki hidung yang lebih besar dibandingkan dengan manusia modern yang sekarang. Manusia purba, seperti Neanderthal, memiliki massa tubuh yang lebih besar dibandingkan manusia zaman kini, oleh karena itu hidung mereka juga lebih besar dibandingkan dengan manusia modern. Mereka lebih membutuhkan banyak oksigen untuk massa ototnya yang lebih banyak.

Tidak hanya hidung, paru-paru dan tulang rusuk manusia modern juga lebih kecil dibanding manusia purba. Penelitian yang dipimpin oleh Nathan Holton ini mengindikasikan bahwa manusia modern yang sekarang merupakan hasil perubahan yang terjadi secara fisiologi pada manusia purba.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *