Informasi dan Tips – informasitips.com

Ini Akibatnya Jika Kamu Tidak Mandi Berhari-Hari

informasitips.com – Pernahkah Kamu terpikir apa jadinya jika manusia tidak mandi dalam waktu yang cukup lama? Jika pernah, sebaiknya jangan Kamu lakukan ya, karena dampaknya tidak menyenangkan dan pasti Kamu gak mau merasakannya. Beberapa hal yang tidak mengenakkan akan Kamu alami jika Kamu sampai tidak mandi berhari-hari. Nah, inilah beberapa hal yang akan terjadi jika tidak mandi:

  • Tubuh akan memiliki aroma tidak enak (bau)

    Hal ini disebabkan karena tubuh Kamu selalu berkeringat, baik itu disadari atau tidak. Tahukah Kamu kalau tubuh manusia itu memiliki sekitar 2.6 juta kelenjar keringat. Ada dua kelenjar keringat yang ada di tubuh manusia yang disebut dengan ekrin dan apokrin. Keringat yang diproduksi oleh kelenjar apokrin mengandung protein dan berbagai asam lemak sehingga tampak seperti susu atau kekuningan. Nah, sekarang gak heran kan kalau di pakaian suka terlihat noda kekuningan? Sebenarnya keringat itu tidak memiliki bau loh, sampai bisa bau seperti itu karena ada mikroorganisme yang memetabolisme protein dan asam lemak yang terkandung dalam keringat. Karena proses fermentasi yang dilakukan mikroorganisme itulah akhirnya keringat sampai berbau.

  • Kulit dan Rambut akan semakin bertambah kotor dan kotor

    Salah satu fungsi mandi adalah untuk membersihkan kulit dari keringat. Nah, kalau tidak mandi berhari-hari, maka keringat akan menumpuk. Di samping itu, pada kelenjar keringat juga terdapat rambut-rambut halus. Kulit akan semakin pekat dengan keringat, sehingga kotoran atau debu akan mudah menempel pada kulit dan rambut pada permukaan kulit. Di saat yang sama mikroorganisme, seperti bakteri, kapang dan jamur, akan semakin banyak di kulit dan rambut pada tubuh Kamu. Mikroorganisme tersebut sebenarnya bukanlah merupakan ancaman bagi tubuh manusia selama berada di permukaan kulit, tetapi jika sampai masuk ke dalam aliran darah maka hal itu akan berbahaya bagi Kamu.

  • Kemungkinan Mengalami Infeksi akan Semakin Besar

    Jika jumlah mikroorganisme terus bertambah berkali-kali lipat, maka kemungkinan untuk mengalami infeksi akan semakin besar. Dengan mandi secara teratur, tidak hanya dapat membersihkan keringat dari tubuh Kamu, tetapi juga dapat menyingkirkan mikroorganisme yang bermukim di kulit dan rambut-rambut halus di tubuh Kamu.

  • Tubuh Akan Terasa Sangat Gatal, Kemungkinan Infeksi akan semakin Besar

    Kalau hanya sekedar gatal, maka dengan salep atau krim kulit gatal tersebut bisa hilang. Namun, jika tidak mandi berhari-hari dan dalam waktu yang cukup lama, maka gatal yang dirasakan akan sangat hebat. Aktivitas menggaruk yang dilakukan dapat membuat kulit tergores dan terluka. Luka tersebut membuat pintu akses bagi mikroorganisme untuk masuk ke dalam pembuluh darah. Jumlah mikroorganisme yang banyak akan semakin memperbesar kemungkinan mereka untuk masuk ke dalam pembuluh darah. Tentu saja, infeksi tidak hanya terjadi di permukaan kulit namun juga di dalam tubuh, hal itulah yang dapat membahayakan dan fatal.

Nah, sekarang sudah tau kan bagaimana akibatnya jika Kamu sampai nggak mandi berhari-hari? Jangan sampai deh terpikir untuk nggak mandi dalam waktu yang lama, apalagi kalau sampai beneran nggak mandi-mandi. Bukan hanya berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga bisa dijauhi oleh orang banyak (termasuk teman atau bahkan keluarga), karena tubuh Kamu kini mengeluarkan aroma busuk, nggak bakal ada yang nyaman deket-deket sama Kamu.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: