Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Agar Tubuh Lebih Tinggi

Tubuh Masih bisa tambah tinggi sampai Usia 30informasitips.com – Dari berbagai referensi yang sering kita baca atau dengar disebutkan bahwa pertumbuhan tubuh wanita sudah terhenti di usia 18-21 tahun. Apakah hal tersebut sifatnya mutlak? Tidak adakan peluang bagi wanita yang berusia di atas 21 tahun bila menginginkan badannya lebih tinggi? Tentu saja masiha ada. Anda yang berusia 21 tahun ke atas ternyata masih memiliki kesempatan untuk bertambah tinggi. Caranya adalah dengan mengkombinasikan asupan makanan, olahraga (latihan fisik), dan menjaga kualitas tidur hingga usia 30 tahun.

Secara alamiah, gaya hidup sehat seperti ini masih memungkinkan seseorang untuk bertambah tinggi setidaknya 2-4 inci atau sekitar 5-10 cm.

Untuk latihan fisik, Anda tentu harus memilih jenis latihan fisik (olahraga) apa yang bisa menambah tinggi. Latihan fisik tersebut tujuannya untuk mendorong pertumbuhan, memperpanjang tulang belakang, meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot perut. Apa saja latihan fisik yang bisa Anda lakukan agar tinggi badan bisa bertambah?

  • Lari cepat jarak pendek (sprint)

    Manfaatnya adalah untuk meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan, mampu memperpanjang tulang dan otot kaki karena penekanan pada otot kaki selama latihan. Meski bermanfaat, tentu Anda harus mematuhi “rambu-rambu” yang ada, yaitu jangan terlalu sering dilakukan karena bisa menyebabkan cedera dan pembengkakan pada otot dan tendon. Selain itu perlu juga diperhatikan permukaan tempat Anda berlari. Hindari berlari di lintasan yang permukaannya terbuat dari beton. Disarankan untuk berlari pada permukaan seperti lantai atau rumput.

  • Latihan Menendang
    Manfaatnya adalah dapat memperpanjang tulang kering dan paha. Caranya adalah dengan cara berdiri dengan kaki lebar dan mengangkat satu kaki lalu mulai menendang. Lakukan latihan ini minimal 20 kali tendangan untuk satu kaki dan selanjutnya berganti ke kaki yang satunya lagi. Meski terkesan mudah, namun jangan terlalu dipaksakan terutama bagi Anda yang tidak terbiasa (baru pertama kali) melakukannya. Karena pada awal-awal latihan biasanya kaki akan merasa sakit dan pegal. Untuk itu, lakukan secara perlahan dan bertahap terlebih dahulu, kemudian meningkat dan lakukan secara rutin sampai Anda terbiasa.
  • Latihan Melompat
    Saat kita melompat, tubuh kita berada di posisi yang lebih tinggi. Namun, ternyata bukan posisi tubuh saja yang menjadi lebih tinggi. Ukuran tinggi badan pun memang benar-benar bisa bertambah tinggi dengan latihan melompat. Anda bisa melakukan latihan melompat rutin. Caranya adalah berdiri di depan bangku atau tangga setinggi kaki, lalu melompatlah dengan satu kaki sebanyak 10 kali. Ulangi dan ganti untuk kaki yang satunya lagi. Bila merasa letih, Anda bisa melakukan lompatan sebanyak 3 kali lalu istirahat, kemudian mulai melakukan lompatan lagi.

    Selain melompat dengan cara tersebut, Anda juga bisa melakukan latihan melompat dengan cara lain yaitu latihan lompat tali. Lakukan latihan lompat tali sebanyak 300 kali setiap hari. Bila belum terbiasa, Anda bisa melakukannya secara bertahap misalnya 100 per hari baru meningkat sampai 300. Untuk memperingan, latihan ini bisa dilakukan sambil menonton TV atau mendengarkan musik.

  • Olahraga Bersepeda
    Bersepeda rupanya bermanfaat pula untuk meninggikan tubuh. Gerakan mengayuh saat bersepeda membuat jari kaki terus berusaha untuk mencapai pedal dan ini merupakan gerakan rangsangan yang baik untuk memperpanjang tulang dan otot kaki. Bersepeda secara rutin selama sekitar 10-15 menit sebanyak 3 – 5 kali seminggu dapat membantu tubuh lebih tinggi. Bila tidak ingin menggunakan sepeda biasa, Anda bisa menggunakan sepeda stati atau stationary cycle.
  • Berenang
    Berenang memang dikenal sebagai olahraga untuk menambah tinggi. Olahraga ini memang sangat efektid untuk membuat tubuh lebih fleksibel dan tentunya menjadi lebih sehat. Saat berenang, semua otot tubuh tertarik dan bergerak dan ini tentulah rangsangan gerak yang baik untuk menambah tinggi badan. Lakukan renang minimal 20 menit secara rutin sebanyak 3 kali seminggu. Ingat, Anda terlebih dahulu harus melakukan peregangan dan pemanasan ringan sebelum berenang untuk menghindari kram.
  • Latihan Berayun
    Latihan berayun-ayun pada tangan juga bisa menambah tinggi badan. Anda bisa melakukannya dengan cara memegang kayu ventilasi pintu atau pegangan yang tersedia di toko peralatan olahraga. Pertama-tama, berdirilah terlebih dahulu, lalu pegang bagian yang akan Anda gunakan untuk berayun, dan mulailah berayun. Berayunlah sebanyak 10 kali sehari. Saat berayun, kaki bisa diluruskan ataupun ditekuk, tergantung posisi mana yang Anda sukai dan dirasa lebih nyaman.s
  • Latihan tangan dan kaki
    Caranya adalah dengan berdiri tegak di ruangan yang cukup luas. Tarik nafas dalam-dalam terlebih dahulu, angkat tangan dan letakkan di bahu, lalu dorong (buang) tangan sejauh mungkin. Saat mendorong tangan, Anda harus dalam keadaan membuang nafas, bukan menarik nafas. Lakukan sebanyak 8 – 10 kali sehari. Selanjutnya, Anda juga bisa memposisikan kembali tangan ke posisi semula (lurus di samping tubuh), tarik nafas, dan berjinjitlah sambil hembuskan nafas. Lakukan sebanyak 80 – 10 kali sehari. Yang terakhir mengangkat lengan, kemudian rentangkan di atas kepala sambil menarik nafas. Kemudian ayunkan ke arah dalam dengan gerakan melingkar sambil hembuskan nafas. Lakukan latihan ini sebanyak 80 – 10 kali per hari.

Lakukan latihan-latihan tersebut secara teratur dan konsisten. Anda tak perlu melakukan semua jenis latihan di atas bila memang tidak nyaman. Pilih mana yang Anda sukai dan selanjutnya lakukan dengan konsisten agar didapat hasil sesuai dengan yang Anda harapkan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait