Informasi dan Tips – informasitips.com

Ide-ide Kreatif Menghabiskan Liburan Weekend Di Rumah Bersama Anak dan Keluarga

informasitips.com – Weekend atau akhir pekan adalah waktu yang umumnya dinanti oleh kebanyakan keluarga. Hari libur Sabtu dan Minggu adalah saat yang tepat bagi seluruh anggota keluarga untuk berkumpul bersama setelah melewati hari-hari sibuk bersekolah atau bekerja. Ada beberapa keluarga yang memilih untuk menghabiskan akhir pekan dengan pergi ke tempat-tempat hiburan, bertemu dengan anggota keluarga besar lainnya atau memilih beristirahat di rumah saja.

Mengunjungi beberapa tempat hiburan tentu membutuhkan uang dan waktu. Seperti misalnya butuh uang untuk makan di restoran, bayar tiket masuk taman hiburan, membeli mainan baru di pusat perbelanjaan untuk anak dan waktu yang habis terbuang di jalan karena kemacetan.

Solusi untuk menghemat uang dan waktu saat akhir pekan adalah dengan menghabiskan waktu bersama anak-anak di rumah. Lakukan aktivitas menarik yang tak hanya menyenangkan namun tentunya juga bermanfaat dan bisa mengasah kreativitas anak. Kegiatan menarik yang seperti apa? Berikut beberapa ide kreatif kegiatan yang bisa dilakukan orang tua untuk menghabiskan weekend bersama anak-anak di rumah:

  1. Melukis kamar anak-anak
    Kegiatan ini tidak hanya membuat kamar anak lebih indah dan punya kesan tersendiri, tapi juga sarana bagi anak-anak untuk menuangkan daya imajinasi mereka. Tentu saja dengan pengawasan Anda sebagai orang tua ketika anak-anak mengecat kamar mereka. Tokoh-tokoh kartun favorit anak misalnya saja Mickey mouse dan Winnie the pooh bisa Anda gunakan sebagai tema lukisan di dinding kamar anak.

  2. Memasak di dapur
    Bukan hanya anak perempuan yang bisa membantu ibu di rumah untuk memasak, tapi anak laki-laki juga bisa lho. Dapur di rumah bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk meningkatkan kreativitas anak dan mengajarkan keterampilan yang akan berguna baginya di masa depan.

    Banyak sekali resep-resep sederhana yang bisa Anda gunakan dalam melakukan aktivitas memasak bersama ini. Misalnya, membuat muffin mini dan menghiasnya dengan coklat beras yang berwarna-warni atau membuat biskuit dengan menggunakan cetakan-cetakan kue lucu berbentuk binatang seperti beruang, gajah atau bentuk sederhana seperti bintang dan hati.

    Pastikan anak-anak tidak dekat dengan oven yang panas dan alat-alat memasak yang tajam di dapur. Selesai memasak di dapur, Anda juga bisa meminta anak untuk membantu menyiapkan, menata atau menyusun kue di piring untuk dimakan bersama anggota keluarga yang lainnya di rumah.

  3. Bermain bersama keluarga di halaman rumah
    Kegiatan kreatif yang bisa dilakukan anak dan orang tua di taman antara lain adalah meminta anak untuk menggambar bunga-bunga yang ada di taman rumah atau mengajak anak untuk menanam tanaman (berkebun).

    Kegiatan berkebun dapat mengajarkan anak untuk lebih mencintai alam dan menghargai makanan yang dimakannya. Salah satu jenis tanaman yang paling mudah untuk ditanam yakni tomat. Anda bisa membeli tanaman tomat kecil yang dijual di toko bunga dan bersama anak menanamnya di pot bunga atau langsung ke tanah di taman.

    berkebun, ide kreatif menghabiskan weekend bersama anak dan keluarga

    Gambar : HGTV.com

    Anda juga bisa mengajarkan proses lebih awal dalam menanam tanaman, misalnya dengan mengeringkan biji-biji tomat. Setelah dikeringkan, ajarkan anak untuk menyebarkan biji-biji kering tomat tersebut di halaman. Dengan penyiraman yang teratur dan cara penanaman yang benar, anak akan dapat menikmati hasil tanaman yang ditanamnya setelah beberapa bulan. Tentu akan ada rasa kebanggaan tersendiri dalam diri anak ketika memakan buah hasil kesabaran dan ketelatenannya dalam merawat tanamannya.

  4. Scrapbooking
    Membuat scrapbook dapat mengembangkan daya kreativitas mereka. Beberapa ide scrapbooking antara lain adalah mengumpulkan foto-foto sejak anak lahir sampai usianya yang sekarang. Anda bisa mengumpulkan foto-foto, dan meminta anak untuk menempelkan dan menuliskan komentar-komentar lucu di dalam buku tersebut. Selain foto-foto, anak juga bisa menggunakan sticker, kertas berwarna-warni, wool atau hiasan lainnya dalam membuat scrapbook.

    Bisa juga dengan membuat scrapbook tentang liburan terakhir bersama keluarga, misalnya saja ke pantai. Ajarkan anak untuk menggunting dan menempel foto-foto liburan di sebuah buku. Minta anak untuk menggambar sampul buku tersebut dengan pemandangan atau suasana yang diingat saat di pantai tersebut.

    Di dalamnya, anak juga bisa menempelkan kerang-kerang yang di temukan di pantai dan menggambar bermacam jenis ikan dengan berbagai warna yang menarik. Dari kegiatan kreatif ini, Anda sebagai orang tua dapat menilai keterampilan, perasaan seni anak dan kemampuan bahasa anak dalam rangkaian kata-kata yang mereka susun di setiap lembar buku tersebut.

  5. Melakukan permainan kreatif lewat mainan
    Saat ini banyak sekali dijual berbagai macam produk mainan anak. Salah satu mainan yang dapat membuat anak kreatif adalah Lego. Dengan tekun dan kreatif anak mencoba menggabungkan bagian yang satu dengan lainnya sampai menjadi suatu hal yang diinginkannya, misalnya saja rumah, jembatan atau mobil.

    Permainan kreatif lain adalah dengan menyusun puzzle yang dapat melatih daya konsentrasi anak sekaligus mengasah daya ingatnya. Playdough dapat melatih kemampuan motorik halus anak, membantu anak mengenal bentuk, warna dan mengembangkan imajinasinya dalam membuat berbagai hal yang diinginkan. Untuk anak perempuan, Anda bisa membelikan mute, bandul, hurup-hurup dan karet elastik yang bisa dirangkai menjadi sebuah gelang atau kalung yang unik. Mengenakan kalung atau gelang buatan sendiri dan bertuliskan namanya tentu akan membuat anak bangga akan hasil kerajinannya.

  6. Melukis dengan tangan
    Waktu berlalu begitu cepat, dan anak-anak tumbuh begitu cepat. Tanpa disadari anak-anak akan segera beranjak besar. Salah satu kegiatan kreatif yang dapat digunakan juga sebagai kenangan di masa mendatang ketika anak sudah dewasa adalah melukis dengan tangan.

    Bahan yang diperlukan sangat sederhana yakni cat air (atau cat khusus untuk finger paint) dan sebuah kaos putih. Minta anak untuk melukis tangan atau kakinya dengan cat air dan meletakkan tangan/kaki yang basah dengan cat di atas kaos putihnya. Setelah itu Anda bisa menuliskan namanya dan mengeringkan kaos tersebut. Kaos bergambar cetakan tangan dan kaki mungil anak adalah salah satu cara untuk melestarikan kenangan ukuran tangan dan kaki mereka ketika masih kecil.

    Tidak hanya cetakan gambar tangan dan kaki, tapi Anda juga bisa membebaskan anak dalam melukis apa saja yang anak inginkan dengan tangannya. Kegiatan kreatif ini dapat Anda gunakan untuk mengajarkan anak nama-nama warna dan teknik mencampur warna-warna dasar menjadi berbagai macam warna yang tentunya akan sangat menarik bagi anak.

  7. Menulis cerita
    Anak-anak tentu memiliki banyak teman dan banyak cerita tersendiri. Anda bisa mengajarkan anak untuk menuliskan cerita-cerita lucu yang mereka ingat dalam kehidupan sehari-hari. Di masa mendatang nanti tentu cerita-cerita ini akan menjadi semakin menarik untuk dibaca. Melatih anak menulis atau menuangkan gagasan atau pikiran di kepala juga dapat membuat anak kreatif.

    Bukan hanya terbatas pada cerita kehidupan sehari-harinya yang menarik, anak juga bisa mengembangkan daya imajinasinya dengan mengarang cerita. Cerita-cerita ini bisa juga disisipi gambar-gambar anak yang berkaitan dengan ceritanya tersebut. Dampingi anak ketika menulis, dan bantu anak apabila mengalami kesulitan dalam menuliskan ejaan kata-kata.

    Kegiatan ini selain membuat anak lebih kreatif, juga bisa menjadi hobi anak di masa mendatang. Dan bukan tidak mungkin, hobi menulis ini akan berkembang terus dan anak bisa menjadi penulis ternama.

  8. Membuat family tree
    Ide kreatif lainnya adalah dengan membuat family tree yakni pohon sejarah keluarga bersama anak. Anda bisa mengumpulkan foto-foto dari mulai kakek buyut sampai keturunan keluarga yang sekarang masih ada di dalam keluarga dan meminta anak untuk menempelkan pada tempatnya atau bagan yang sudah Anda buat. Dengan begitu anak menjadi tahu sejarah keluarga besarnya dan kegiatan kreatif ini dapat membuat rasa keterikatan antar seluruh anggota keluarga menjadi lebih erat.

  9. Membuat tenda di rumah
    Hampir semua anak-anak sepertinya menyenangi ide bermain di dalam tenda. Apabila Anda tidak mempunya tenda yang bisa dipasang di halaman rumah, membuat tenda buatan di dalam rumah juga tidak kalah mengasyikan lho.

    Dengan bermodal meja besar atau beberapa kursi Anda bisa membuat “tenda” atau “gua” dengan selimut atau taplak meja yang besar. Anda bisa membantu anak menata kursi-kursi untuk dijadikan tiang tenda, dan bantu meletakkan selimut atau taplak meja besar tersebut sampai menyerupai sebuah tenda atau gua. Biarkan anak-anak bermain dengan mainannya, menikmati snack sambil menonton film kartun favoritnya, bahkan tidur siang di dalam tenda buatan mereka.

  10. Bermain gelembung sabun
    Kegiatan ini termasuk kegiatan yang praktis, mudah dilakukan dan tentunya menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Cara membuatnya pun mudah sekali. Anda bisa mencampurkan sedikit detergen pencuci piring dengan air. Lalu minta anak untuk mengaduknya sampai menjadi larutan yang bisa digunakan untuk membuat gelembung-gelembung sabun. Untuk melakukan kegiatan ini juga diperlukan kawat yang dibentuk sedemikan rupa sebagai alat yang digunakan untuk membuat gelembung-gelembung tersebut. Jangan lupa bahwa Anda harus terus mendampingi anak ketika bermain dan melakukan kegiatan kreatif ini karena cairan sabun bisa saja tertelan oleh anak.

  11. Berburu harta karun
    Daripada membiarkan anak hanya duduk bermalas-malasan menonton TV atau bermain online games seharian ajak anak melakukan kegiatan berburu harta karun. Selain menyenangkan, aktivitas fisik yang satu ini tentu saja dapat membuat anak lebih sehat karena aktif bergerak.

    Anda bisa menyembunyikan mainan favoritnya (sebagai harta karun) di salah satu kamar di rumah dan membuat peta dimana “harta karun tersebut” disimpan. Lebih seru lagi apabila Anda juga membuat beberapa anak panah dan beberapa pertanyaan seperti warna benda atau tesktur benda yang dapat membantu anak untuk menemukan jejak-jejak sampai akhirnya anak menemukan “harta karunnya”.

  12. Tanyakan ide kreatif anak
    Mungkin saja sebagai orang tua Anda punya banyak ide di kepala tentang kegiatan atau ide-ide kreatif apa saja yang bisa dihabiskan di rumah bersama anak saat akhir pekan. Tapi bagaimana dengan anak Anda? Pernahkan Anda menanyakan ide-ide kreatifnya dalam menghabiskan akhir pekan?
    Dorong anak untuk mengekspresikan pilihan dan pemikirannya dalam melakukan kegiatan akhir pekan. Inspirasi yang anak sampaikan berupa ide-ide kreatifnya boleh jadi akan sangat menarik dan mengejutkan Anda!

    Tanya jawab ide kegiatan kreatif ini adalah sesi yang menyenangkan karena Anda dan anak saling tukar ide kegiatan yang akan dilakukan bersama. Anda bisa menuliskan ide-ide kreatif ini dalam suatu buku dan menyusun jadwal kegiatan kapan ide-ide tersebut akan dilakukan bersama anak. Anak-anak Anda tentu tidak akan sabar menunggu kapan ide kreatifnya bisa dilakukan bersama anggota keluarga lainnya.

Selamat melakukan kegiatan kreatif bersama anak-anak Moms and Dads!

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: