Informasi dan Tips – informasitips.com

Hemangioma

informasitips.com – Apakah Anda pernah melihat benjolan berwarna merah seperti tanda lahir pada anak-anak? Apakah tanda dan bercak merah yang timbul hanya sebuah tanda lahir atau kelainan? Berbahayakah jika tidak diatasi? Bagaimana cara merawatnya?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaaan-pertanyaan di atas, yuk simak penjelasan mengenai hemangioma di bawah ini.



Apa itu hemangioma?

Kata Hemangioma diambil dari bahasa Latin yang merupakan gabungan unsur kata yakni haema (darah) – angeio (pembuluh) – oma (pelebaran atau benjolan yang bersifat jinak).

Menurut dr. Endang Windiastuti, MD, MM dari bagian hematologi RSUPN Cipto Mangunkusumo di Jakarta, hemangioma bisa dimasukkan sebagai tumor jinak tapi bukan seperti kanker melainkan benjolan yang terbentuk dari pembuluh darah.

Walaupun disebut tumor jinak, hemangioma tidak selalu berbentuk benjolan seperti tumor pada umumnya. Hemangioma juga bukan tanda lahir, karena pada tanda lahir memang akan tampak warna biru atau merah tapi datar, tidak ada benjolan. Sementara pada hemangioma terlihat benjolan.

Hemangioma tidak memiliki kecenderungan untuk membesar. Jadi, hemangioma adalah pelebaran pembuluh darah, baik pembuluh vena maupun pembuluh darah lainnya. Jumlah pembuluh darahnya lebih banyak dari normal.

Apa tanda-tanda hemangioma?

Pada saat kemunculan terlihat benjolan berwarna merah seperti tanda lahir. Biasanya akan kelihatan setelah 1 minggu sampai 4 minggu setelah lahir. Bahkan terkadang 1 sampai 2 bulan setelah lahir. Benjolan pada umumnya memiliki diameter sekitar 1 sampai 4 cm.

Pertumbuhan hemangioma terjadi lebih cepat pada usia antara 6 sampai 12 bulan. Pada usia 1 sampai 7 tahun hemangioma biasanya mulai menyusut dan biasanya menciut pada anak berusia 10 sampai 12 tahun. Kebanyakan ada pula yang menghilang pada usia 10 sampai 13 tahun.

Jenis Hemangioma

hemangiomaMenurut dr. Endang Windiastuti, MD, MM, hemangioma bisa dibedakan menjadi dua jenis, yakni:

  1. Hemangioma yang dangkal dimana letak pelebaran pembuluh darahnya di permukaan kulit.

    Ciri-cirinya pada benjolan yang seperti kol akan tampak gambaran pembuluh darah berwarna merah. Terkadang ada bintik-bintik merah di sekeliling benjolan. Hemangioma superfisial ini termasuk ringan dan biasa juga disebut hemangioma strawberry karena berwarna merah seperti strawberry.

  2. Hemangioma yang letaknya dalam.

    Ciri-cirinya tampak berwarna kebiru-biruan. Bisa juga berwarna merah kalau pembuluh darahnya cukup banyak dan letaknya semakin ke atas permukaan. Hemangioma jenis ini bisa timbul di mana saja di seluruh tubuh. Bisa di kaki, tangan, bibir, di bawah mata, kepala, leher, muka, di dalam hidung dan bahkan ada yang di liver. Paling banyak lokasi yang ditemukan itu pada tangan, kaki, dan leher.

Penyebab Hemangioma

Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab terjadinya hemangioma.

Hal yang baru diketahui sampai saat ini adalah bahwa hemangioma:
– biasanya dibawa anak sejak lahir.
– lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak.
– lebih banyak ditemukan terjadi pada anak perempuan dibandingkan anak laki-laki.
– lebih sering terjadi pada anak kembar.
– lebih sering dijumpai pada ras Kaukasia daripada ras lainnya, seperti Afrika dan Asia.

Apakah Hemangioma berbahaya?
Hemangioma bukan lah suatu penyakit yang ganas, karena umumnya hemangioma dapat hilang dengan sendirinya. Meski pun tidak berbahaya sebaiknya penderita hemangioma memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Meskipun begitu, ada pula kasus-kasus hemangioma yang membutuhkan penanganan khusus lebih lanjut.

Hemangioma memang tidak berbahaya namun dapat membuat pasien merasa rendah diri karena memiliki kelainan secara penampilan. Pada beberapa kasus juga terjadi gangguan penglihatan, pernapasan, pendengaran, cara berbicara dan bergerak.

Selain itu bisa terjadi komplikasi pada hemangioma bila terjadi pendarahan misalnya karena terlalu sering dipegang-pegang sehingga terluka. Bila hemangioma berdarah, segera bawa bayi atau anak Anda ke dokter.

Bagaimana cara mengatasi Hemangioma?
Tersedianya alat-alat canggih kedokteran saat ini memungkinkan adanya berbagai jenis terapi yang bisa dilakukan oleh penderita hemangioma. Tentu saja dengan keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

Pada umumnya cara merawat hemangioma dibedakan menjadi dua macam, yakni:

  1. Terapi secara konservatif yaitu dimana secara alamiah hemangioma mengalami perubahan dalam bulan-bulan pertama, kemudian mencapai besar maksimum dan setelah itu terjadi regresi (penyusutan dan penciutan) spontan sekitar usia 12 bulan. Hemangioma terus mengalami regresi sampai usia 5 tahun.
  2. Terapi secara aktif yaitu:
    a. tindakan bedah,
    b. radiasi,
    c. penggunaan kortikosteroid dan elektrokoagulasi.

    a. Tindakan bedah
    Perawatan dengan tindakan bedah telah banyak berkembang, beberapa diantaranya
    adalah:
    – eksisi,
    – laser,
    – bedah krio dan skleroterapi.

    Tindakan bedah dilakukan apabila terjadi indikasi:

    • terdapat tanda–tanda pertumbuhan yang terlalu cepat, misalnya dalam beberapa
      minggu lesi menjadi 3 sampai 4 kali lebih besar.

    • hemangioma yang besar dengan trombositopenia.
    • tidak ada regresi spontan, misalnya tidak terjadi pengecilan sesudah 6-7 tahun.

    Eksisi
    Eksisi biasanya jarang dilakukan karena hemangioma cenderung untuk berdarah. Eksisi dilakukan dengan cara dikombinasikan dengan skleroterapi untuk mengurangi perdarahan tersebut.

    Laser
    Penggunaan laser telah banyak digunakan untuk merawat hemangioma. Tindakan bedah menggunakan Argon laser telah dikenal dalam memberikan hasil yang lebih baik.

    Bedah krio
    Perawatan dengan bedah krio merupakan aplikasi dingin dengan memakai nitrogen cair.

    b. Radiasi
    Perawatan dengan radiasi pada tahun–tahun terakhir sudah banyak ditinggalkan. Hal ini dikarenakan beberapa hal sebagai berikut:

    – penyinaran berakibat kurang baik pada anak–anak yang pertumbuhan tulangnya masih aktif,
    – komplikasi perawatan berupa keganasan yang terjadi dalam jangka waktu lama
    – dapat menimbulkan fibrosis pada kulit yang masih sehat sehingga akan menyulitkan bila diperlukan suatu tindakan.

    c. Kortikosteroid
    Pengobatan dengan kortikosteroid dilakukan untuk jenis hemangioma strawberry (yang letaknya dangkal), kavernosum (yang letaknya dalam), dan campuran. Kortikosteroid yang digunakan adalah prednisone yang mengakibatkan hemangioma mengadakan regresi..

Bagaimana cara mencegah hemangioma?

Hemangioma kemungkinan sulit untuk dideteksi secara dini. Jika Anda menemukan tanda-tanda hemangioma dan kelainan pada kulit anak Anda seperti tanda-tanda yang disebutkan di atas, segera konsultasi dengan dokter Anda untuk mencari cara mengatasi atau mencegah perkembangan hemangioma lebih lanjut.

Semoga bermanfaat!

————————
Sumber :
– repository.usu.ac.id
– i-jex.blogspot.co.uk



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

25 thoughts on “Hemangioma

  1. Iva

    Jadi benjolan itu bukan tanda lahir ya???

    terima kasih untuk infonya, untuk sekarang ini istilah hemongioma memang masih sangat jarang saya dengar

  2. noor faizah ahmad

    sya ada baby girl yang mehgidap hemangioma sejak lahir lagi,sekarang masih berurusan di HKL.pada setiap bulan saya akan berjumpa dengan doctor untuk folow up.

  3. Dhian

    Saya salah seorang penderita hemangioma sejak msh balita di bagian paha.. Seiring bertambahnya usia hemangioma saya tidak berkurang malah bertambah jumlahnya… Memang pernah beberapa kali saya mengalami hemangioma saya yg semula berwarna merah berubah menjadi berwarna hitam lalu mengering dan mengelupas, tentunya mengalami sedikit pendarahan karena tidak seluruh bagian dr hemangioma tersebut mengering.. Hemangioma yg saya derita mengakibatkan pembuluh darah saya melebar, membiru dan tampak timbul seperti varises yg lebarnya seukuran jari bahkan selebar ibu jari… Sejak kecil saya tidak kuat untuk berdiri lama, berjalan kaki dengan jarak yg cukup jauh, bahkan akan terasa sakit setiap haid.. Saya baru di operasi saat umur saya 22 tahun… Ini di karenakan sejak kecil setiap kali saya berobat ke dokter, dokter pun bingung dengan penyakit yg saya derita, dan obat yg diberikan hanya trombophob saja… Namun setelah di operasi 6 tahun yg lalu, saya tidak mengalami kendala lg dalam beraktivitas… Hanya saja saya mengalami mati rasa pada kulit di sekitar area bekas operasi hemangioma saya…

  4. yuyuntriyani

    Putra ku pnya hemonium d bwh mata dekat dg hidung.dokter anak+dokter kulit sma sdh saya datangi.katanya tidak apa2&tidak bahaya,benjolan itu akan hlng saat anak usia 2thn.tp saya mrasa sedih krna anak saya beda dg yg laen&tiap d tmpat umum slalu d perhatikan orng.moga2 aja cepat mengecil & hilang.amiin

  5. viesophi

    Bunda yuyuntriani Anak saya pun mengalami hemangioma..letaknya di kepala,,org2 selalu menanyakan benjolan itu,karena bentuknya yg menonjol disangka itu karena terjatuh..awalnya saya mulai cemas dan khawatir..tp brdasarkan dokter katanya itu akan hilang dengan sendirinya..saya berharap itu benar2 cepat hilang,,

  6. ayu

    Anak saya juga mengalami hemangioma di sekitar ketiak melebar sampai dada,berbagai dokter bedah saya datangi hasilnya sama menyuruh saya untuk bersabar karna akan hilang dgn sndirinya,bahkan wkt pertama kali tau kena hemangioma dktr bedah menyarankan oprasi alhasil saya mengikuti sarannya, dgn hasil oprasi tersebut memang tdk berbahaya, saya berharap
    اَللّهُ
    Mengangkat penyakitnya mudah2n cepat hilang…aminn

  7. husna

    Jagoan sy yg kedua dikasih hemangioma di bibir sama yg Maha Kuasa,,, awalnya pas dia umur sebln hanya seperti bekas gigitn nyamuk tp makin mmbesar ke arah dpn dan blkng sampe umur 4 bln. Sjk itu – skrng hemangiomanya sdh ga tumbh lg. Awalny sy dan suami bnr2 cemas, tp alhamdulillah setelh periksa ke 3 dktr kulit trnyata jawabnny sm kl itu akan hilang sendiri….

  8. eka savitri

    saya jg mengalami hemangioma kira-kira 10 tahun yg lalu sejak sy usia 13 thn.mkin kesini benjolan dikepala saya makin besar bahkan klw sedang mengalami stress atau pusing.
    adany dibawah kulit kepala.

  9. Esa

    Anak saya perempuan usia 53 hari per tanggal posting ini, juga menderita hemangioma dikening kanan dan mulai ada yang tumbuh di telapak tangan kiri serta didada kanan, gejala awal berupa bintik merah seperti habis digigit nyamuk, kemudian membesar. kasihan melihat keadaannya, dokter menyarankan untuk ambil tindakan operasi pd usia 6-7bulan.
    Mohon dia dan dukungannya agar penyakitnya d angkat Alloh dan tidak bertambah penyebarannya. T_T

  10. misbah

    Saya baru pulang daro dokter untuk imunisasi dan cek hernia di pusar anak saya. Tapi kaget ketika dokter malah memberitahukan anak saya terkena hemangioma. Saya pikir itu tanda lahir di sekitar ketiaknua, walau istri saya bilang ketika lahir anak saya tidak ada tanda lahir merah. Sekarang usia nya hampir 2 bulan. Semoga bisa hilang dengan sendirinya 🙁 o:)

  11. frista

    Sy punya baby usia 3bulan, awal kelahiran ada tanda merah diperut & kepalanya, sy pikir tanda lahir, dgn bertambahnya usia warna merah yg ada diperut menjadi timbul berwarna merah & garisnya seperti kulit lutut,krn dr hasil browsing sy khawatir ini hemangioma sy priksa ke dokter anak & benar saja dr anak bilang ini hemangioma & disarankan utk ke dr bedah di Surabaya sj, mgkn disurabaya dianggap lbh lengkap fasilitas medisnya. Sambil menunggu waktu cuti suami utk pergi ke Surabaya sy berharap hemangioma tsb tdklah termasuk yg ganas.

  12. Al faqirah

    Saya mengalami hemangioma. Di pipi dekat telinga. Pada asalnya memang rasa rendah diri kerana kelainan yang ada. Sampai kini saya sudah berusia 24 tahun. Alhamdulillah, saya sudah boleh terima. Apa2 yang Allah takdirkan punyai hikmah dan sebab sendiri. Sebagai hamba kita kena usaha untuk redha dan bersyukur. Semoga ujian kecil ini akan membuat Allah redha.

  13. zafira

    saya memiliki putri usia 6 bln didiagnosa dokter hemangioma sejak usia kandungan saya 7 bln dAn sejak awal kandungan saya rutin USG tidak ada, namun pada usia kandungan 7 bln besar hemangiomanya langsung sebesar 15cm ditangan,ketiak sampai dada sebelah kaNan. sedih banget apalAgi saat Awal kelAhiran dengan caesar hemangiomanya sama besar dengan tubuhnya, namun semua takdir dr yang maha kuasa, dan Allah punya caranya sendiri menyayangiku dan keluArgaku. saat ini sedAng dirawat karena badan dan hemangiomanyA panas seperti Api juga muntah2. syukur Alhamdulillah setelah diberikan antibiotik, propanolol, dan diberikan albumin 2x sekarang panasnya stabil. mohon doanya semoga anak2 kita bisa segera diangkat penyakitnya, diberikan kesembuhan yang sempurna dan kesehatan selalu..aamiin..

  14. resty wisma bintari

    Putra saya juga terkena hemangioma di bibir atas bagian dalam. Awalnya khawatir karena takut sakit waktu makan tetapi pas dibawa k dsa diberitahu bahwa akan mengecil sampai usia 7th
    Udah lega tetapi sekarang agak worry karena selalu ditanya2 orang.
    Kalau pas nangis juga terlihat membesar

  15. yani anwar

    Keponaan sy pn kna penyakit hemangioma..udah d bw ksemua rs d surabaya tpi dy ksi suntik n tiada hasilnya.. sy bw dy ke malaysia.. tpi dokter ckap gk usah bwt oprasi nnt jdi cacat sbb dy akn mngecil smpai usia 7 thn.. skrg sy msih brusaha untk ksembuhan ke ponakan sy..

  16. ivonty

    saya memepunyai adik bernama ivonty dia mempunyai penyakit hemagioma di kepala dan usianya 2 thn lebih tapi belum juga menghilang tapi di bilang dokter akan menghilang atau menipis di usia 2 thn tapi tidak terjadi kuharap demikian menghilang

  17. putri

    Sy mnderita hemangioma di sudut kiri bibir sjk bayi dan smpai saat ini sy brumur 22 th tetap ada. Sy sudah melakukan operasi tp tdk brguna hanya menimbulkan keloid di bibir sy dan hemangiomanya trkadang masih sering mengembang diawali dg membesarnya keloid brwarna merah, ungu dan kmdian mghitam dan trkadang masih mgeluarkan darah. Sy bingung hrus mncoba pgobatan apa lagi. Sy ingin dy mghilang krn sgt mggangu dan mnjadi bhan tontonan.

  18. Budhe Sri

    Bismillah, saya ingin sharing, semoga bermanfaat. Saat anak saya yg bungsu (perempuan) berusia 35 hari, di kepala bagian depan kiri muncul hemangioma. Kami ketahui saat akan dicukur rambutnya, mula2 hanya muncul 1 titik merah, lama kelamaan tumbuh dg cepat titik2 merah yg lain dan menumpuk seperti rumah cacing. Kata dokter anak yg kami datangi waktu itu, bahwa memang tetumbuhan ini tidak membuat anak kita sakit, hanya saja jika pertumbuhan yg sangat cepat mengkhawatirkan jika ada di kepala apalagi bagian depan. Apalagi anak perempuan nanti dalam pergaulannya bisa membuat dia tidak percaya diri,. Sehingga waktu itu disarankan oleh dokter anak tersebut untuk dibedah, mumpung anak masih bayi. Tanpa menunggu lama kami segera menemui dokter bedah anak dan usia 1,5 bulan atau kira2 45 hari anak saya langsung dilakukan operasi bedah di RS Telogorejo Semarang. Alhamdulillah setelah operasi tsb anak saya tidak lagi ada hemangioma , hanya saja bekas luka bedah sampai saat ini tidak ditumbuhi rambut dan mirip jepitan rambut. Saya biasa mengatakan pada anak saya bahwa kita harus bersyukur krn dia telah dianugerahi asesoris rambut alami. Semoga sharing kami ini ada manfaatnya.

  19. Budhe Sri

    Oya saya terlupa info, usia anak saya sekarang ini hampir 12 tahun, insyaaAllah tanggal 28 November 2015 nanti.

  20. miswanto

    Saya penderita hemangioma berada di sekitar jidat saya apa mungkin di usia saya 23 tahun bisa disembuhankan kalau pakai bpjs

  21. Dina

    Saya adalah seorang perawat. Kemarin saya memiliki pasien dengan hemangioma yang menjalani kemoterapi. Memang, sebagian besar pasien hemangioma memiliki masalah yang sama yaitu merasa rendah diri. Walaupun hemangioma bisa disembuhkan dengan menjani pengobatan medis, kita juga harus selalu berfikir positif dan menjauhkan rasa rendah diri tersebut. Dengan berpikir positif inilah, kita menjadi lebih sabar, selalu semangat dan justru dapat membuat kita cepat sembuh. Kita harus tetap meyakini dan berdoa supaya penyakit hemangioma yang diderita ini bisa segera sembuh.

  22. yetri

    Anak saya umur 3 bln jg ada tanda sprti itu di paha kiri dekat dengkul. Awalnya saya pikir tanda lahir tp pas di kasih tau teman trnyat hemangioma. Pas tau itu saya deg-deg an dan kawatir, mohon doa spy tidak membesar dan cepat hilang krn kasian dia anak perempuan… dan sedang lutcu lutcunya..amin yra

  23. Ammara

    Untuk bude sri…Anda operasi di RS Telogorejo semarang dengan dokter siapa? Apakah dengan dokter Edwin Basyar dokter spesialis bedah anak?
    Anak sy sekarang umur 5 bulan dan menderita hemangioma sejak umur 1bulan. Sudah saya periksakan ke dokter dan dokter menganjurkan untuk dioperasi saat umur anak sy 5 bln.

  24. kiki

    Saya jg mengalami hemangioma,bibir sebelah kiri sy membesar. Sya sda operasi 4x tp tdk membuahkan hasil yg maksimal. Sy skrg ud pasrah,krn pengobatan apapun sda dilakukan. Putus asa iya,tp ya sdh lah. Hidup ttp berjalan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: