Informasi dan Tips – informasitips.com

Hati-hati, Merica Palsu Beredar di Pasaran

Merica palsu beredar di pasaran informasitips.com – Baru-baru ini tersiar kabar mengenai beredarnya merica palsu di pasaran. Kabar ini cukup mengejutkan dan tentu membuat resah para konsumen. Kasus beredarnya merica palsu bermula dari ditangkapnya 3 pedagang penjual rempah-rempah di Pasar Anom Baru, Sumenep, Jawa Timur pada awal ramadhan lalu. Para pedagang tersebut, tertangkap tangan oleh Disperindag setempat yang tengah mengadakan sidak (inspeksi mendadak) ke pasar-pasar tradisional.

Merica palsu yang dijual oleh pedagang tersebut diakui berasal dari daerah Jawa. Bentuknya sepintas mirip dengan merica asli. Namun, teksturnya polos , dan warnanya lebih putih dari merica asli. Selain itu, merica palsu mudah hancur bila diremas dengan tangan, berbeda dengan merica asli yang berwarna agak gelap, teksturnya bergaris-garis dan tidak mudah hancur bila diremas dengan tangan. Merica palsu biasanya dijual dengan harga yang sangat murah. Merica palsu yang beredar di Sumenep dijual seharga Rp 30.000 per kg (hampir setengah dari harga merica asli). Ada yang menjualnya dalam kemasan plastik dan ada pula yang mengoplosnya (mencampur) dengan merica asli agar konsumen tidak curiga.

Sayangnya, para pedagang nakal yang menjual merica palsu tersebut hanya mendapatkan sanksi teguran. Alasan karena para pedagang tersebut merupakan korban dari para pemasok membuat pihak yang berwenang setempat hanya menempuh jalan kekeluargaan untuk menyelesaikan masalah ini. Padahal seharusnya perlu ada sanksi tegas untuk menimbulkan efek jera agar perilaku curang semacam ini tidak terjadi lagi.

Meskipun demikian, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat tetap akan meneliti temuan merica palsu ini ke Badan Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya. Pengujian di laboratorium BBPOM ini diperlukan untuk mengetahui keamanan bahan dan kandungan yang digunakan untuk membuat merica palsu. Sampai saat ini, penelitian di BBPOM terkait masalah ini masih belum membuahkan hasil.

Walaupun belum ada kejelasan yang pasti mengenai kasus ini, masyarakat sebagai konsumen disarankan agar lebih berhati-hati lagi. Tak hanya merica, banyaknya pedagang nakal yang menjual jenis bahan makanan palsu lainnya memaksa konsumen untuk harus semakin cermat dan jeli sebelum membeli. Telitilah dengan s*ksama sebelum membeli dan pastikan Anda benar-benar mengetahui perbedaan mana bahan makanan yang asli dan mana yang palsu.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: