Informasi dan Tips – informasitips.com

Hamil Lagi setelah Operasi Sesar

informasitips.com – Pertanyaan “Berapa lama bisa Hamil lagi setelah Operasi Sesar?” seringkali ditanyakan oleh para ibu hamil maupun suaminya ketika mereka menghendaki untuk memiliki keturunan yang banyak. Pasutri sering tidak sabar agar mereka bisa segera memiliki anak lagi selepas kelahiran anaknya melalui operasi sesar. Mengingat operasi sesar merupakan operasi besar, maka seorang ibu untuk bisa hamil lagi haruslah menunggu beberapa waktu lagi agar tubuhnya siap dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Para ahli menyarankan seorang ibu (yang di kehamilan sebelumnya dioperasi sesar dan menginginkan) untuk bisa hamil lagi harus menunggu kira-kira selama 18 hingga 24 bulan. Dalam rentang waktu itu diharapkan luka akibat operasi sesar telah sembuh benar, serta keadaan fisik ibu yang telah pulih sepenuhnya begitu juga dengan kondisi fisiologisnya. Nah, jika ibu hamil lagi lebih cepat daripada waktu yang telah ditentukan itu, maka bisa jadi akan berdampak serius terhadap kesehatan ibu dan si jabang bayi. Perlu diketahui bahwa ibu yang menjalani operasi sesar akan kehilangan 2 kali volume darah lebih banyak dibandingkan dengan ibu yang melahirkan secara normal.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika seorang ibu hamil kembali dengan jarak kurang dari 6 bulan dari kehamilan sebelumnya, maka resiko untuk mengalami komplikasi, kelahiran prematur ataupun bayi lahir dengan berat badan rendah akan lebih besar. Oleh karena itu, sangat wajar jika diberi jarak aman antara kehamilan pertama (yang dioperasi sesar) dengan kehamilan berikutnya. Bahkan, ada juga dokter yang berkata bahwa membuat jarak antar-kehamilan tidak hanya berlaku untuk ibu dengan riwayat operasi sesar, tetapi juga berlaku untuk ibu yang melahirkan normal.

Panduan jarak minimal 18 bulan oleh para ahli didesain sedemikian rupa sehingga dalam jangka waktu itu mampu mengurangi resiko terjadinya keluhan atau komplikasi, meski ada juga ibu yang hamil lebih cepat dari waktu itu tetap baik saja, tanpa masalah. Faktor usia juga memengaruhi lamanya jarak antar-kehamilan, semakin bertambah usia seorang perempuan maka semakin beresiko kehamilannya, juga semakin sulit terjadinya proses pembuahan.

Nah, jika Anda telah siap untuk hamil kembali, maka jangan lupa untuk mempersiapkan tubuh Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak mempersiapkan kehamilan, yaitu pastikan mengonsumsi vitamin prenatal (utamanya yang mengandung asam folat dan zat besi), tetap selalu menjaga gaya hidup yang sehat, hindari keadaan dimana Anda rentan untuk mengalami stres (berat), hindari asap rokok, konsumsi selalu makanan dengan nutrisi seimbang, dan jangan lupa untuk selalu membuat tubuh Anda merasa rileks.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *