Informasi dan Tips – informasitips.com

Gangguan Tidur pada Manusia

informasitips.com – Tidur merupakan istirahat jasmani setelah melakukan banyak aktivitas sebagai upaya untuk memulihkan kembali tenaga yang telah dipakai. Alangkah tidak nyamannya apabila aktivitas istirahat tersebut terganggu karena adanya faktor-faktor yang tidak diinginkan baik dari aspek internal orang yang tidur atau hal-hal eksternal lainnya. Efek tentang gangguan tidur yang menjangkiti sebagian orang bisa mengakibatkan tidur yang dilakukan tidak berjalan dengan sempurna, akibatnya keletihan akan terus dialami, mudah stres, menurunkan stamina tubuh, mengurangi prestasi dalam bekerja dan beraktivitas, serta mudah tersinggung, bahkan bisa mempengaruhi keselamatan diri pribadi dan juga orang lain. Waspadai gejala tentang gangguan tidur pada diri Anda, ketahui segera gangguan tidur yang menjangkiti diri Anda.

Macam-macam gangguan tidur

Untuk dapat mengenali tentang gangguan tidur yang ada pada diri Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah mengetahui macam-macam dari gangguan tidur yang ada, beberapa macam contoh dari gangguan tidur yang biasa diderita oleh banyak orang adalah sebagai berikut:

  1. Gangguan yang timbul karena mimpi buruk
    Tentang gangguan tidur yang berupa mimpi buruk sering kali terjadi pada sebagian orang. Saat bermimpi buruk biasanya orang akan terbangun dengan kondisi ketakutan dan keringat dingin yang mengucur, dan pada keesokan harinya ia akan selalu memikirkan perihal mimpi yang dialaminya tadi malam. Ini merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang akan menggangu proses dan kesempurnaan tidur tersebut. Mimpi buruk bisa diakibatkan oleh kurangnya persiapan saat akan tidur, misalnya sepulang Anda bepergian dengan kondisi letih dan kamar masih berantakan, Anda langsung saja tidur tak sadarkan diri. Bisa juga karena faktor stres yang Anda alami karena banyak hal yang dipikirkan. Hampir setiap orang pernah mengalami gangguan tidur seperti ini, hanya kualitas dan intensitasnya saja yang berbeda-beda.
  2. Gangguan tidur pada manusia

  3. Gangguan tidur dengan gaya berjalan
    Sleep walking atau tidur sambil berjalan merupakan salah satu macam dari jenis gangguan tidur yang sering dialami orang. Tentang gangguan tidur yang satu ini lebih dominan dialami oleh anak-anak. Namun banyak juga orang dewasa yang ketika sedang tidur tiba-tiba terbangun dan berjalan menuju sebuah tempat tertentu. Aktivitas yang dilakukan pada saat berjalan dengan posisi tidur pun berbagai macam, ada yang membuka pintu, melakukan aktivitas biasanya seperti layaknya tidak tidur. Bahkan yang lebih hebat lagi, dalam posisi tidur seseorang dapat melihat arah sehingga ia bisa berjalan tepat pada posisinya. Namun hal ini sangat membahayakan apabila aktivitas yang dilakukan bersentuhan dengan benda-benda tajam ataupun kabel listrik yang mengandung arus. Berjalan sambil tidur juga bisa terjadi akibat faktor genetika, kondisi banyak pikiran dan stres serta penyebab lainnya. Jika Anda ataupun keluarga Anda ada yang sering menderita gangguan tidur seperti ini, ada baiknya sebelum tidur Anda mengamankan rumah dari berbagai barang-barang berbahaya demi keselamatan seseorang yang mengalami sleeping walking.
  4. Halusinasi
    Tentang gangguan tidur yang satu ini juga sering dialami banyak orang. Halusinasi ataupun hypnagogic hallucination merupakan gangguan tidur yang dialami seseorang pada masa transisi saat akan mulai tidur dan sebelum tidur nyenyak. Halusinasi ini biasanya ditandai dengan gejala seseorang melihat sesuatu di kamar, atau mendengarkan suara-suara aneh di dalam kamarnya. Halusinasi bukanlah mimpi sebab ia terjadi sebelum seseorag betul-betul tertidur.
  5. S*ksomnia dan insomnia
    S*ksomnia merupakan kebiasaan yang terjadi pada seseorang yang sedang tidur. S*ksomnia dapat mengganggu karena dapat menimbulkan erangan, masturbasi serta bahaya kriminal yang mungkin akan muncul berupa pemerkosaan. Sementara insomnia merupakan penyakit gangguan susah tidur yang dialami oleh seseorang. Kesulitan tidur bisa diakibatkan oleh kurangnya aktivitas, stres dan banyak pikiran yang ada di kepala.
  6. Gangguan tidur teror malam
    Tentang gangguan tidur yang satu ini berbeda dengan gangguan tidur berupa mimpi buruk. Teror malam biasanya terjadi pada awal-awal saat akan tidur. Penderita biasanya akan berteriak-teriak, meronta-ronta dan sebagainya. Teror malam juga bisa terjadi pada anak-anak dengan ditandai posisi bangun lantas duduk dan mata terbuka, padahal mereka tidak melakukan pandangan.
  7. Sonabulisme
    Sonabulisme merupakan gangguan tidur yang terjadi dengan ditandai bunyi gemeretak pada gigi. Sonabulisme akan sangat mengganggu kenyamanan orang-orang yang tidur bersama penderita gangguan tidur yang satu ini.

Cara mencegah gangguan tidur

Gangguan tidur yang Anda alami bisa diminalisir dengan beberapa cara berikut:

  1. Menjaga diri dari gangguan stres dan beban pikiran sebelum tidur.
  2. Bersiap akan tidur, yakni dengan membersihkan diri maupun tempat yang akan kita tiduri. Jangan tidur dengan posisi yang tak siap, terlebih Anda dalam kondisi letih sedangkan kamar Anda kotor dan berantakan. Kondisi kotor akan sangat disukai oleh jin yang juga punya kebiasaan mengganggu orang dalam posisi tidur. Pastikan kondisi kamar Anda rapi dan bersih terlebih dahulu sebelum akan tidur.
  3. Membaca doa sebelum tidur, sebab ini merupakan salah satu penyebab kunci yang membuat banyak orang mengalami beragam gangguan tidur seperti yang dijelaskan di atas. Membaca doa sebelum tidur akan menenangkan pikiran serta melindungi diri dari gangguan tidur sampai kita terbangun lagi.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *