Informasi dan Tips – informasitips.com

Fungsi Badan Golgi: Membungkus, Melabel dan Mengirim Molekul-Molekul Sel

informasitips.com – Fungsi badan golgi memegang peranan penting bagi keberlangsung an hidup suatu sel. Badan golgi mengambil peranan sebagai organel yang bertugas dalam proses modifikasi dan pengangkutan produk yang dihasilkan oleh sel, tepatnya oleh Retikulum Endoplasma (RE). Tidak hanya memodifikasi dan mengangkut, badan golgi juga mampu memroduksi sendiri sejumlah produk biologi, terutama produk yang berupa polimer. Badan golgi juga menjalani fungsi sortir untuk memilih molekul mana saja yang diproses/dimodifikasi dan ditranspor ke dalam atau ke luar sel.

Berbagai produk yang disintesis di dalam RE selanjutnya akan dikirim ke badan golgi guna dimodifikasi terlebih dahulu sebelum akhirnya diangkut dengan cara pembentukan vesikel. Berbagai produk yang dimodifikasi oleh badan golgi dapat berupa protein ataupun fosfolipid. Di dalam badan golgi terdapat sejumlah enzim yang berfungsi dalam proses penambahan atau pemindahan subunit karbohidrat pada molekul yang hendak diangkut. Nah, ketika molekul sudah dimodifikasi maka langkah selanjutnya adalah mensekresi molekul yang sudah dalam bentuk vesikel itu untuk ditransport ke tempat tujuan.

fungsi badan golgi

Molekul yang dimodifikasi oleh badan golgi dan akan diangkut itu digunakan baik untuk keperluan sel itu sendiri maupun untuk disekskresikan ke luar sel. Untuk keperluan sel biasanya digunakan oleh bagian membran sel untuk proses perbaikan serta digunakan juga untuk mengirim sinyal antar area di dalam sel. Bagi molekul yang disekskresikan ke luar sel, maka vesikel terlebih dahulu harus bergabung dengan membran sel untuk kemudian dilepaskan ke area luar sel. Lisosom yang juga termasuk salah satu organel sel yang berfungsi dalam proses pencernaan sel ternyata dibentuk oleh badan golgi. Molekul yang dikirim oleh badan golgi terbuka kemungkinan untuk diproses kembali oleh badan golgi untuk keperluan yang sama atau lain.

Berikut inilah ringkasan dari fungsi badan golgi bagi sel:

  • Makromolekul yang banyak diproduksi oleh sel dimodifikasi, disortir dan di’paket’kan oleh badan golgi, baik untuk disekresikan maupun untuk digunakan sendiri di dalam sel.
  • Utamanya, badan golgi berfungsi dalam proses modifikasi molekul-molekul protein yang dipersiapkan oleh reticulum endoplasma kasar.
  • Badan golgi juga berperan dalam proses transport molekul lipid.
  • Badan golgi adalah organel yang menciptakan organel lain, yaitu lisosom.
  • Bagi sel, badan golgi adalah tempat dimana molekul-molekul yang telah diproduksi dibungkus, dilabeli dan dikirim ke berbagai bagian berbeda di sel.
  • Modifikasi protein pada bagian cisternae dari badan golgi terjadi dengan cara menambahkan molekul karbohidrat dan fosfat melalui proses glikosilasi dan fosforilasi, secara berturut-turut. Pada proses fosforilasi itu, badan golgi membutuhkan ATP yang diimport dari tempat lain.
  • Dalam memodifikasi protein, badan golgi juga membutuhkan molekul lain, yaitu nukleotida, yang diimport dari sitosol. Modifkasi yang dilakukan badan golgi akan menentukan akan kemana protein tersebut dikirim.
  • Badan golgi juga berfungsi dalam memroduksi molekul proteoglikan, yaitu merupakan senyawa yang terdapat pada matriks ekstraselular dari sel hewan.
  • Di badan golgi, proses sintesis karbohidrat juga terjadi, termasuk di dalamnya adalah sintesis senyawa glikoasaminoglikan yang akan membentuk molekul proteoglikan bersama molekul protein.
  • Badan golgi juga berperan dalam proses sulfasi pada suatu molekul tertentu.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: