Foundation dan Penggunaannya

foundation dan pemakaiannya


informasitips.com – Foundation atau yang lebih dikenal secara umum sebagai alas bedak memiliki fungsi bukan hanya untuk lebih merekatkan bedak pada wajah tetapi juga untuk menutup kekurangan kecil yang mungkin terdapat pada wajah anda, misalnya semacam flek atau bintik hitam. Dengan foundation, tekstur wajah juga akan terlihat lebih halus, namun tentu saja tetap mempertimbangkan pemilihan warna foundation yang tepat untuk jenis dan warna kulit anda.

Karena pentingnya penggunaan foundation pada kesempurnaan seni make up ini, banyak hal yang perlu diketahui untuk membuat fungsinya semakin maksimal. Beberapa hal diantaranya yang perlu anda ketahui tentang pemilihan foundation adalah; sebelum memutuskan untuk membeli foundation, sebaiknya anda test dulu dengan cara mengoleskannya di bagian daerah wajah seperti pipi atau dagu untuk mendapatkan hasil yang pas dengan warna kulit anda; dan untuk pemilihan warna, sebaiknya anda menggunakan warna yang memiliki tingkat kecerahan 1 tingkat di atas kulit anda, hal ini untuk membuat warna kulit terlihat lebih bersih dan cerah.

Jika fungsi foundation atau alas bedak yang anda gunakan lebih untuk menyamarkan noda yang ada di wajah anda, maka pemakaian foundation sebaiknya setelah menggunakan pelembab atau moisturizer.

Foundation yang kerap dipakai biasanya berbahan krim, padat (compact), atau cair. Semua bahan ini mudah diaplikasikan secara merata ke seluruh wajah cukup dengan menggunakan jari tangan saja. Anda juga dapat menggunakan beauty blender sponge untuk meratakan foundation yang digunakan bila ingin mendapatkan hasil yang lebih mulus dan merata.

Untuk jenis dan bentuk foundation itu sendiri ada berbagai macam. Tetapi, pada dasarnya bentuk dan jenis foundation hanya dibagi menjadi 3, yaitu foundation padat, foundation cair, dan foundation krim.

1. Foundation Padat

Foundation Padat

sumber gambar: makeupforlife.net

Jenis foundation padat ini sangat cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak. Untuk hasil yang maksimal, sebelum menggunakan, basahilah spons pengusapnya dengan air terlebih dahulu untuk kemudian anda usapkan foundationnya ke wajah, tetapi jika anda ingin kesan warna yang lebih tajam, gunakan saja spons kering.

Pemilik kulit kering sebaiknya menghindari pemakaian foundation padat, karena akan membuat wajah terlihat semakin kering. Jenis foundation yang cocok untuk pemilik kulit kering adalah foundation cair.

2. Foundation Cair

Foundation cair

sumber gambar: www.the-cosmetics-campus.com

Jenis Foundation cair ini paling cocok digunakan oleh mereka yang berkulit kering untuk mendapatkan kesan kulit sedikit licin. Tetapi bisa juga jika ingin diterapkan pada kulit normal karena kulit normal cenderung tidak bermasalah dengan jenis kosmetik apapun.

Karena foundation cair ini lebih ringan, maka bisa anda gunakan dalam keseharian. Kadang anda hanya akan terasa seperti menggunakan pelembab, hanya saja lebih memiliki warna.

Loading...

Foundation cair juga terbilang lebih mudah untuk diaplikasikan dan diratakan ke area permukaan wajah, sehingga tentunya akan lebih praktis saat digunakan.

3. Foundation Krim

Foundation Krim

sumber gambar: www.sephora.com

Teksturnya yang creamy membuat foundation jenis ini sangat cocok untuk kulit yang sudah berusia lanjut entah itu yang berkulit kering ataupun normal. Kerena biasanya orang yang telah lanjut usia memiliki masalah flek atau bintik hitam, maka foundation ini adalah media yang tepat untuk menutupi kekurangan dengan lebih sempurna pada wajah tersebut.

Untuk pemilihan foundation mana yang akan digunakan, sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit yang anda miliki.

Anda juga perlu tahu tips-tips yang tepat dalam pemakaian foundation:

  • Penerapan foundation pada wajah bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan jari, dengan spons beauty blender, ataupun kuas khusus.

    Tiap orang memiliki selera masing-masing cara mana yang paling mereka sukai untuk mengaplikasikan foundation. Ada yang merasa bahwa penggunaan foundation dengan jari tangan lebih praktis dan mudah, serta memberikan hasil yang lebih bagus, ada juga yang lebih menyukai pemakaian spons beauty blender dalam pengaplikasian foundation di wajah.

    Jika ingin menggunakan foundation dengan jari tangan, satu hal yang perlu di ingat, sebelum pemakaian pastikan bahwa tangan Anda harus benar-benar dalam keadaan bersih karena akan langsung berhubungan dengan wajah anda.

    Begitu pula dengan penggunaan spons, beauty blender, gunakan spons yang bersih (oleh karenanya, Anda harus rajin merawat dan membersihkannya), dan satu hal yang perlu diingat adalah, saat ingin meratakan foundation dengan spons caranya adalah foundation diratakan dengan cara ditepuk-tepuk ringan (tap tap) dengan spons, bukan dengan cara menyeret spons tersebut.

  • Pada saat mengaplikasikan foundation pada wajah, pastikan bahwa seluruh bagian wajah tertutup rata oleh foundation, jangan sampai ada sedikitpun bagian wajah yang terlewatkan. Maka gunakan foundation ini di tempat yang cukup terang. Pemakaian foundation yang tidak rata bisa mengakibatkan kesalahan yang fatal pada hasil make up anda.
  • Pada bagian pipi, sebaiknya penerapan foundation harus lebih diperhatikan. Pipi adalah bagian pertama yang sebaiknya mendapatkan usapan foundation. Mengingat pipi biasanya merupakan bagian yang paling mudah terlihat dan banyak diperhatikan orang, maka foundation harus sempurna melekat pada pipi anda.
  • Penggunaan foundation yang terlalu tebal atau terkesan berlebihan sebaiknya dihindari. Karena setelah foundation, pastinya masih ada tempelan bedak yang akan menambah ketebalan, maka sebaiknya hanya oleskan foundation seperlunya, terapkan sedikit-sedikit saja, jika memang perlu lagi bisa anda tambahkan kemudian.
  • Anda juga bisa menambahkan pemakaian concealer untuk lebih menyempurnakan make up anda. Dibandingkan foundation, penggunaan concealer akan lebih optimal dalam menutup dan menyamarkan noda hitam di wajah.

    Mana yang lebih dahulu digunakan, foundation atau concealer? Concealer dapat Anda gunakan setelah menggunakan foundation atau alas bedak. Satu hal yang harus diingat, setelah menggunakan conceler pastikan untuk meratakannya dengan foundation yang sebelumnya telah digunakan, untuk menghindari kesan make up seperti dempulan bertumpuk-tumpuk pada wajah.

    Terapkan conceler pada beberapa bagian di wajah anda yang dianggap perlu, misalnya di bekas jerawat atau bawah mata untuk menyamarkannya. Untuk area bawah mata dimana sering terdapat area gelap kantung mata, pilih concealer yang warnanya 2 tingkat lebih cerah dari warna foundation. Sedangkan untuk foundation, sebaiknya pilih warna yang paling mendekati warna natural kulit Anda. Bentuk concealer yang umumnya berupa stick sangat mudah sekali diterapkan pada wajah anda.

Demikianlah ulasan beberapa hal penting tentang foundation atau alas bedak yang perlu diketahui. Semoga ulasan tadi berguna bagi anda.

Selamat mencoba!

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: