Informasi dan Tips – informasitips.com

Fotosintesis: Pengertian, Reaksi dan Tahapannya

informasitips.com – Secara umum, fotosintesis dapat dirangkum pada reaksi berikut ini:

6 CO2 + 6 H2O + Energi Sinar Matahari —-> C6H12O6 + 6 O2

Pengertian Fotosintesis

Dari reaksi di atas, maka dapat diketahui apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan fotosintesis. Fotosintesis adalah serangkaian proses yang melibatkan penggunaan energi yang berasal dari sinar matahari, karbon dioksida yang berasal dari udara dan air yang berasal dari tanah untuk membuat gula (C6H12O6) dan oksigen atau udara.

Penjelasan Reaksi Fotosintesis

Gula merupakan produk utama dari proses fotosintesis, sedangkan oksigen sebenarnya adalah produk sampingan dari fotosintesis. Namun, meski oksigen merupakan produk sampingan tetapi Kita manusia sangat membutuhkannya. Pada reaksi di atas, karbon dioksida berfungsi sebagai material utama bagi tumbuhan untuk membuat makanan bagi mereka, dalam hal ini gula. Kalau Kita andaikan dalam pembangunan rumah, maka karbon dioksida atau CO2 adalah batu batanya. Sementara air dibutuhkan, karena air merupakan sumber hidrogen sehingga gula bisa dibuat. Atom hidrogen yang ada dalam struktur gula, C6H12O6, berasal dari air.

Dengan dibuatnya gula, ditambah lagi dengan adanya nitrogen dan juga mineral, maka tumbuhan bisa memproduksi sendiri semua molekul yang mereka butuhkan. Tidak seperti manusia yang tidak bisa memproduksi sendiri molekul dibutuhkan, manusia membutuhkan makanan untuk mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh tubuh. So, untuk membuat gula, maka tumbuhan membutuhkan karbon (berasal dari karbon dioksida atau CO2 yang berasal dari udara), hidrogen (yang berasal dari air di tanah) dan energi yang berasal dari sinar matahari (hanya pada organisme autotroph).

Nah, kalau sudah tahu hal di atas, maka sekarang pun Kamu juga tahu bahwa tumbuhan sebenarnya tidak hanya membutuhkan air, namun juga udara dan sinar matahari. Bahkan, dari air hanya dibutuhkan atom hidrogen, sementara untuk C dan O diambil dari CO2 yang ada di udara. Untuk menyatukan semua itu, maka dibutuhkan energi yang berasal dari sinar matahari. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jean Baptiste van Helmont menunjukkan bukti bahwa tumbuhan sebenarnya tidak mengambil banyak materi dari tanah, melainkan mayoritas diambil dari udara dalam bentuk CO2.

Dua Tahap Fotosintesis

Fotosintesis terjadi melalui dua tahap, yaitu:

  • Energi cahaya diubah menjadi energi kimia. Energi kimia disimpan dalam bentuk ATP (Adenosin Trifosfat). Tahap pertama fotosintesis merupakan tahap yang tergantung oleh adanya cahaya sebagai sumber energi.
  • Energi kimia berubah menjadi makanan. Dengan adanya energi dari ATP, CO2 dan air dapat diubah menjadi gula (C6H12O6). Pada tahap ini tidak membutuhkan cahaya layaknya tahap pertama, karena energi sudah ada dalam bentuk ATP. Siklus yang terjadi pada tahap ini disebut juga siklus Calvin-Benson, seperti nama sang penemunya.

Saat produksi glukosa oleh tumbuhan telah berlimpah, maka kelebihannya akan disimpan dalam bentuk pati atau starch sebagai cadangan makanan. Nah, jika suatu saat tumbuhan membutuhkan energi maka pati akan diurai menjadi glukosa atau komponen yang lain, seperti asam nukleat, protein (dengan adanya nitrogen yang diambil dari tanah) atau lipid (seperti pada tanaman zaitun, jagung, kacang dan alpukat).



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: