Informasi dan Tips – informasitips.com

Fenomena Déjà vu, Apa dan Bagaimana?

informasitips.com – Pernahkah Kamu mengalami suatu keadaan atau kejadian yang sepertinya pernah Kamu alami sebelumnya? Misalnya ketika Kamu sedang berkumpul dan bebincang-bincang dengan teman-teman, tiba-tiba Kamu merasa pernah mengalami kejadian ini sebelumnya. Atau saat Kamu sedang berada di suatu tempat yang baru pertama kali Kamu kunjungi, tapi Kamu merasa pernah berada di atempat tersebut sebelumnya. Tentunya keadaan ini membuat Kamu bingung, bukan? Kamu tidak dapat mengingat dengan jelas, tetapi Kamu merasakan sensasi peristiwa yang tidak asing. Itulah yang disebut dengan Déjà vu.

Dalam bahasa Perancis dejavu berarti pernah melihat atau pernah merasa, sementara dalam bahasa Yunani dejavu lebih dikenal dengan istilah paramnesia, para yang artinya sejajar dan mnimi artinya ingatan. Dengan kata lain dejavu adalah mengalami suatu pengalaman yang dirasakan pernah dialami sebelumnya. James Lampinen, seorang profesor psikologi dari University of Arkansas pernah melakukan survei yang mayoritas respondennya menyatakan pernah mengalami dejavu minimal sekali dalam seumur hidup. Hal ini didukung oleh para pakar yang juga melakukan penelitian dan menyatakan bahwa 70 persen penduduk bumi pernah mengalami fenomena dejavu.

Sampai saat ini belum ditemukan secara pasti penyebab fenomena dejavu, namun ada beberapa pendekatan teoritis yang sudah pernah dilakukan, seperti pendapat Sigmund Freud, seorang ahli psikoanalisis yang menyatakan bahwa dejavu terjadi ketika seseorang secara spontan teringat kembali pada sebuah fantasi yang muncul tanpa disadari, karena tidak disadari maka isi dari fantasi tersebut tidak dapat dicermati lebih lanjut. Seseorang yang mengalami dejavu hanya bisa mengingat sepintas peristiwa yang terjadi hanya beberapa detik saja.

Ada juga sebuah penelitian yang menemukan bahwa dejavu merupakan hasil dari kegagalan sistem listrik dalam otak, sehingga menimbulkan suatu sensasi yang salah pada ingatan atau memori. Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya yaitu pengaruh obat-obatan seperti amantadine dan phenylpropanolamine yang bisa menimbulkan aksi hyperdopaminergic pada area mesial temporal otak, sehingga terjadilah dejavu.

Arti Deja vu

Otak manusia memang termasuk organ yang cukup kompleks, karena otak seringkali mencoba bereksperimen dan cenderung membentuk suatu kesimpulan dari berbagai situasi yang telah atau belum pernah dialami. Selain itu, ada beberapa teori metafisis yang juga menjelaskan mengenai terjadinya fenomena dejavu, salah satunya yaitu teori yang menyatakan bahwa dejavu berasal dari kejadian serupa yang pernah dialami oleh jiwa seseorang dalam salah satu kehidupan reinkarnasi sebelumnya di masa lampau.

Fenomena dejavu terjadi dalam beberapa bentuk, setidaknya ada 4 jenis dejavu yang pernah dialami oleh manusia, yaitu:

  1. Dejavu

    Dejavu jenis inilah yang paling sering dan paling banyak dialami di mana seseorang merasakan suatu keadaan yang sama sebelumnya dan yakin kalau keadaan tersebut pernah terjadi di masa lampau. Fenomena ini biasanya dibarengi dengan perasaan takut, rasa familiar yang kuat dan merasa aneh.

  2. Deja Vecu

    Perasaan seseorang yang mengalami Deja Vecu akan lebih kuat. Ingatan terhadap suatu kondisi tertentu yang dirasakannya akan lebih detail, misalnya ingat terhadap suara atau bau.

  3. Deja Senti

    Deja Senti merupakan fenomena seseorang yang merasa pernah merasakan sesuatu. Seseorang yang mengalami Deja Senti meyakini bahwa apa yang dia rasakan saat ini pernah dirasakannya di masa lalu.

  4. Deja Visite

    Fenomena ini lebih cenderung kepada mengingat sebuah tempat atau lokasi. Seseorang yang mengalami Deja Visite akan merasa pernah berada di suatu tempat tertentu sebelumnya, padahal tempat tersebut baru pertama kali ia kunjungi.

Ada banyak sekali fenomena di dunia ini yang sulit atau belum ditemukan penjelasannya secara pasti, salah satunya fenomena dejavu ini. Namun, keadaan apa pun itu setidaknya akan membuat manusia menjadi terus belajar dan terus mencari tahu. Sebuah penelitian yang dilakukan timbul karena keingintahuan yang sangat kuat dalam diri seseorang dan tidak jarang dari berbagai penelitian tersebut menghasilkan sebuah ilmu pengetahuan yang baru. Ilmu pengetahuan itu tentunya akan sangat bermanfaat, baik bagi pribadi maupun untuk orang lain.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

2 thoughts on “Fenomena Déjà vu, Apa dan Bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: