Informasi dan Tips – informasitips.com

Dampak dan Bahaya Merokok Saat Hamil

informasitips.com – Kita semua tentu sudah mengetahui bahwa merokok dapat mengganggu kesehatan, mulai dari masalah gangguan jantung, paru-paru, impotensi dan gangguan kesehatan pada ibu hamil dan janin. Berkaitan dengan gangguan kesehatan ibu hamil dan janin yang ditimbulkan akibat rokok, studi ilmiah menyebutkan bahwa ibu yang merokok selama kehamilan secara tidak langsung akan memprogram anak yang dikandungnya untuk menjadi perokok pula nanti. Studi tersebut dilakukan oleh sebuah universtas di Bribane, Australia yaitu MUSP (Mater-University of Queensland Study of Pregnancy).

Dari hasil studi yang dilakukan oleh MUSP tersebut disebutkan bahwa anak yang dilahirkan dari ibu perokok memiliki peluang 3 kali lebih besar untuk mulai merokok sebelum atau pada saat usia 14 tahun, dan berpeluang 2 kali lebih besar untuk mulai merokok setelah usia 14 tahun.

Merokok-Membahayakan-Kesehatan-Janin

Merokok selama kehamilan juga dapat menimbulkan efek buruk pada otak janin. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menurunkan berat otak bayi dan itu berarti juga akan menurunkan koneksi sel-sel otak sehingga mempengaruhi tingkat kecerdasannya.

Studi lainnya yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemilogy and Community Health menyebutkan bahwa ibu yang merokok selama kehamilan akan lebih besar kemungkinannya melahirkan anak dengan berbagai gangguan perilaku, misalnya hiperaktif, temperamental, dan perilaku antisosial lainnya. Fakta ini diperoleh dari hasil penelitian terhadap 18.000 bayi dalam rentang tahun 2000-2002. Penelitian tersebut mengukur temperamen bayi saat berusia 9 bulan, dengan menggunkan skala tertentu.

Ternyata hasil dari penelitian tersebut menemukan fakta bahwa ibu yang perokok berat memiliki bayi yang paling rewel, tidak tenang dan moodnya paling jelek. Sementara Ibu yang berhenti atau tidak merokok selama kehamilan memiliki bayi yang lebih tenang.

Bayi yang dilahirkan dari ibu yang tidak merokok juga memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menjadi stress saat dihadapkan pada situasi yang baru. Dari fakta tersebut, mereka menyimpulkan bahwa ibu yang tidak atau berhenti merokok saat hamil lebih bisa menahan emosi, sehingga bayinya menjadi lebih tenang.

Rokok mengandung nikotin, karbon monoksida, tar, dan zat-zat beracun lainnya yang tentu saja berbahaya bagi ibu dan janin. Rokok juga bisa menghambat pasokan oksigen yang dibutuhkan janin. Selain bahaya yang sudah disebutkan di atas, dampak dan bahaya lainnya dari merokok saat hamil adalah bisa menimbulkan komplikasi kehamilan, seperti resiko keguguran, bayi lahir prematur, bayi berat lahir rendah (BBLR), bayi meninggal dalam kandungan atau sesaat setelah lahir. Selain itu, juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan kecacatan fungsi tubuh dan organ bayi, seperti gangguan jantung, hati, paru-paru, dan kecacatan lainnya.

Bahaya ini tak hanya muncul pada perokok aktif, namun memberikan dampak (bahaya) yang sama pula pada perokok pasif.

Baca juga : Zat-zat Berbahaya Bagi Kehamilan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: