Informasi dan Tips – informasitips.com

Fakta-Fakta Mengenai Kolesterol

Fakta-Fakta-KolesterolJika mendengar kata kolesterol seringkali terbesit sesuatu yang mengerikan yang akan menyerang kesehatan kita, terutama menyangkut organ jantung. Hal tersebut bukannya tanpa alas an, memang kandungan kolesterol di dalam tubuh harus benar-benar diperhatikan dan senantiasa dipantau. Jika tidak, kelebihan kadar kolesterol di dalam tubuh akan menyebabkan munculnya gangguan-gangguan kesehatan yang jika tidak ditangani akan berdapak fatal nantinya. Sebenarnya tidak semua hal yang menyangkut kolesterol selalu buruk, ada keadaan dimana tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk aktivitasnya. Oleh karena itu, rasanya penting bagi kita untuk mengetahui beberapa fakta mengenai kolesterol, sehingga kita lebih bisa bersikap bijak dalam mengantisipasi dampak negatif kolesterol bagi kesehatan sekaligus dapat mengambil secara optimal dampak positifnya.

Berikut fakta-fakta mengenai koleterol:

  • Kolesterol merupakan lipid utama di dalam tubuh. Kolesterol dapat menghambat pembuluh darah arteri dan menyebabkan angina serta serangan jantung. Kolesterol merupakan faktor resiko yang sangat penting dan kuat bagi pembuluh darah di organ jantung

  • Kadar kolesterol yang tinggi akan meningkatkan resiko seseorang untuk terkena stroke (suatu keadaan dimana suplai darah dan oksigen ke otak kurang, sehingga dapat menyebabkan paralisis pada salah satu sisi tubuh dan terkadang penderita dapat kehilangan kemampuan untuk bicara).

  • Semakin tinggi kadar kolesterol, semakin tinggi resiko terkena Penyakit Jantung Koroner (PJK)

  • Sedangkan semakin rendah kadar kolesterol, semakin rendah pula resiko terkena PJK serta semakin rendah terjadinya penyumbatan pembuluh darah di otak dan penyubatan pembuluh arteri kaki.

  • Ada dua tipe kolesterol, yaitu kolesterol jahat (LDL Cholesterol – Low Density Level Cholesterol) yang menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah arteri, dan kolesterol baik (HDL Cholesterol – High Density Level Cholesterol) yang melindungi tubuh dari terjadinya penumpukan lemak.

  • Banyak penduduk UK dan US memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

  • Kadar kolesterol yang tinggi ditambah dengan adanya satu atau lebih factor resiko bagi jantung (seperti merokok, tekanan darah yang tinggi, overweight, stress, menderita diabetes atau memiliki kekerabatan dengan seseorang yang menderita PJK pada usia di bawah 60 tahun) memiliki factor resiko yang sangat besar dibandingkan dengan mereka yang hanya memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Semakin banyak factor resiko yang dimiliki oleh seseorang, semakin besar resiko mereka untuk terkena PJK ataupun serangan jantung.

  • Kadar kolesterol yang tinggi umumnya disebabkan oleh konsumsi tinggi makanan yang mengandung lemak dan kurangnya olahraga. Sebab minor lain adalah berhubungan dengan factor genetic (keturunan).


  • Terkadang, orang kurus dapat memiliki kadar kolesterol tinggi, sementara orang gemuk justru memiliki kadar kolesterol yang normal.

  • Kolesterol terkandung dalam makanan-makanan seperti telur, makanan cepat saji (seperti pizza, hamburger, fried chicken, French fries, dan keripik), cake, cookies, coklat, ati, sosis, dan masih banyak lagi.

  • Semua jenis alcohol dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Label “Low Fat” yang tercantum dalam makanan terkadang tidak sepenuhnya benar. Terkadang makanan tersebut mengandung lemak lebih dari yang kamu butuhkan atau kamu inginkan.

  • Kurangi konsumsi lemak, hindari konsumsi alcohol, berusaha untuk selalu berolahraga secara rutin (olahraga secara rutin setiap harinya dapat menurunkan kolesterol 10% hingga 20%) adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Seseorang yang memiliki pembuluh arteri jantung yang normal (artinya tidak ada plak kolesterol di sana) memiliki kadar kolesterol dalam tubuhnya sebesar 5 mmol/l, dan kadar kolesterol LDL yang kurang dari 3 mmol/l.

  • Sasaran kadar kolesterol yang ingin dicapai bagi mereka yang mengalami penyempitan di pembuluh arterinya, atau mereka yang memiliki serangan jantung atau angioplasty atau yang pernah mengalami operasi jantung bypass adalah kurang dari 4 mmol/l dan kolesterol LDL kurang dari 2 mmol/l.

  • Statin adalah kelompok obat yang mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh kira-kira sebesar 30%. Statin dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke sebesar 30%, dan kematian sebesar 20%. Pada umumnya Statin dapat ditoleransi oleh tubuh dengan baik dan lebih efektif dalam menurunkan kolesterol dibandingkan dengan metode menjaga makanan. Statin juga dapat menurunkan kecenderungan seseorang untuk terkena serangan jantung dan angina dengan cara mengurangi peradangan yang terjadi di pembuluh darah di arteri sehingga deposit lemak di sana manjadi kurang berbahaya.

  • Statin diberikan kepada mereka yang mengalami penyempitan di pembuluh darah arterinya, bahkan jika kadar kolesterol seseorang normal pun (kurang dari 5.0 mmol/l) tetap disarankan untuk mengkonsumsi Statin. Begitu juga dengan mereka yang pernah mengalami serangan jantung, angioplasty atau operasi jantung bypass juga disarakan untuk mengkonsumsi Statin.

  • Statin juga diberikan kepada mereka yang pembuluh arterinya normal (tidak mengalami penyempitan) namun mereka memiliki resiko untuk terkena serangan jantung atau stroke yang diperhitungkan sebesar lebih dari 20% (berdasarkan grafik). Namun, jika seseorang dengan kadar kolesterol tinggi tetapi memiliki resiko rendah untuk terkena serangan jantung, dia tidak membutuhkan Statin. Tidak semua pasien dengan kadar kolesterol tinggi membutuhkan Statin.

  • Jika kadar kolesterol kamu tinggi, maka tidak ada gejala yang bisa kamu amati. Satu-satunya cara untuk mengetahui bahwa kadar kolesterol seseorang tinggi adalah dengan uji darah (mengukur kadar kolesterol dalam darah).



Semoga artikel berguna dapat memperkaya pengetahuan kamu dan kita semua sehingga kita dapat terhindar dari bahaya yang ditimbulkan oleh kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Salam

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: