Informasi dan Tips – informasitips.com

Diet Sehat Menurunkan Kolesterol

informasitips.com – Meningkatnya kadar kolesterol merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung dan stroke. Jumlah kasus kolesterol tinggi di Indonesia menurut penelitian tahun 2004 berjumlah 9,3% pada usia 25-34 tahun dan 15,5 % pada usia 55-64 tahun. Angka ini akan bertambah setiap tahunnya. Karena itu, sangat penting untuk mengatur diet rendah lemak sejak dini. Bagi orang-orang yang memiliki kadar kolesterol normal, maka diet seperti ini akan menjaga kadar kolesterol agar tidak meningkat. Sedangkan bagi orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi, diet tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sedikit demi sedikit.

Terdapat beberapa hal penting yang mendasari pemilihan makanan dalam diet untuk menurunkan kolesterol. Jika Anda sudah mengerti mengenai dasar-dasar tersebut, maka pemilihan makanan akan menjadi lebih mudah.

Pertama-tama yang harus Anda tanamkan adalah bahwa makanan paling baik untuk melawan kolesterol adalah serat. Serat akan mengikat kolesterol dalam makanan yang masuk ke tubuh dan membawanya keluar sebelum sempat diserap dalam usus. Karena jumlah kolesterol yang diserap lebih sedikit, maka tubuh akan menyerap kolesterol yang sudah ada dalam darah sehingga kadarnya akan turun. Serat terdapat pada berbagai macam sayur dan buah-buahan. Makanan yang terkenal kaya akan serat yaitu oatmeal dan gandum.

Kedua, saat ini dikenal suatu senyawa bernama fitosterol yang dikandung dalam minyak tumbuhan, kacang dan polong-polongan. Dari satu penelitian didapatkan bahwa diet yang kaya akan fitosterol mampu menurunkan kolesterol lebih baik dari sekedar mengkonsumsi makanan rendah kolesterol.

Hal ketiga yang harus diingat yaitu bahwa lemak, yang merupakan asal dari kolesterol, bukanlah musuh. Tubuh kita membutuhkan lemak untuk berfungsi. Namun, tidak semua lemak baik untuk tubuh. Anggaplah bahwa ada lemak baik dan lemak jahat. Lemak baik terdiri dari MUFAs (monounsaturated fatty acids) dan PUFAs (polyunsaturated fatty acids) atau lebih gampangnya dikenal sebagai lemak tidak jenuh. MUFAs terdapat dalam alpukat dan kacang-kacangan. PUFAs terdapat dalam minyak tumbuhan, biji bunga matahari, wijen, ikan yang tinggi omega-3, susu kedelai, tofu dan kacang walnut.

Diet sehat untuk menurunkan kolesterol

Berdasarkan poin-poin di atas, ada 3 prinsip yang dapat Anda terapkan dalam mengatur menu makanan sehari-hari:

  1. Perbanyak makan serat dan fitosterol
    Oatmeal
    Sarapan oatmeal setiap hari merupakan langkah yang tepat untuk menuju jantung sehat. Selain sebagai sarapan, oatmeal juga dapat diolah dan ditambahkan ke berbagai menu makanan lain.

    Nasi
    Ganti nasi putih dengan nasi merah. Sebagai orang Indonesia, nasi merupakan menu utama yang sulit ditinggalkan. Nasi merah mengandung lebih banyak serat dibanding nasi putih biasa sehingga akan lebih menyehatkan. Selain itu, nasi merah juga lebih mengenyangkan sehingga cocok untuk anda yang ingin mengurangi berat badan karena biasanya porsi yang dimakan akan lebih sedikit.

    Roti
    Ganti roti putih yang biasa dengan roti gandum. Seperti nasi merah, roti gandum juga mengandung lebih banyak serat dan lebih mengenyangkan.

    Sayur dan buah-buahan
    Pastikan menu sayur dan buah-buahan terdapat dalam jumlah cukup dalam menu makanan sehari-hari. Jangan lupa untuk memasukkan menu makanan yang kaya akan fitosterol.

  2. Ganti lemak jahat dengan lemak baik
    Ganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun (olive oil) atau minyak kanola (canola oil) yang mengandung lemak tidak jenuh.

  3. Memilih dengan tepat
    Susu, mentega, keju
    Pilih susu low-fat atau non-fat yang kandungan kolesterolnya lebih sedikit dibandingkan susu biasa. Saat ini pun sudah tersedia mentega/margarin yang rendah kolesterol.

    Daging
    Daging ayam atau bebek akan lebih baik dibandingkan daging sapi atau kambing. Perhatikan pula bahwa jumlah lemak dan kolesterol lebih banyak terdapat pada kulit maka sebaiknya pilihlah menu yang tanpa kulit.
    Dalam memilih seafod, lebih baik memilih daging ikan seperti sarden dan tuna yang juga baik karena kaya akan omega-3 yang menyehatkan jantung.

    Olahan makanan
    Pilih makanan yang direbus, dipanggang, dipepes atau di-tim. Hindari makanan yang digoreng.

    Kudapan
    Ganti kudapan berupa kue, donat, muffin dan lainnya menjadi kacang dan buah-buahan.

Langkah-langkah tersebut tidak akan menjadi beban jika dimulai perlahan-lahan. Mulailah sedikit demi sedikit sehingga menjadi gaya hidup Anda yang baru. Ajak seluruh keluarga untuk berpartisipasi untuk membuatnya terasa lebih mudah. Ajarkan anak-anak Anda gaya hidup seperti ini sejak dini agar mereka terbiasa hidup sehat dan jauh dari penyakit saat tua nanti. Keuntungan lain dari diet sehat tersebut yaitu membantu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Tidak ada alasan untuk menunda, bukan? Lakukan sekarang juga!

Memang sulit untuk sepenuhnya membatasi asupan makanan tinggi kolesterol, kecuali jika Anda berencana untuk menjadi seorang vegetarian. Triknya adalah dengan pandai-pandai memilih makanan yang tersedia. Jika terdapat 2 pilihan makanan, pilih yang kandungan kolesterolnya lebih rendah, walaupun hanya berbeda sedikit. Mengurangi porsi makanan juga merupakan hal yang baik dilakukan. Jika anda teliti dalam mengawasi asupan makanan, maka Anda akan tetap bisa menikmati berbagai makanan yang ada tanpa takut kolesterol tinggi menghadang.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: