Informasi dan Tips – informasitips.com

Kaitan Antara DHA dengan Kualitas Tidur Bayi

informasitips.com – Durasi tidur bayi yang baru lahir sekitar sekitar 16 jam dalam sehari. Seiring dengan bertambahnya umur mereka sampai 3 tahun, durasi tidur mereka pun akan perlahan-lahan menurun. Pola tidur Bayi erat kaitannya dengan asam docosahexanoic (DHA) yang terkandung dalam ASI. DHA membantu bayi tidur lebih baik dan tenang. Bayi yang mendapatkan ASI dengan kandungan DHA tinggi akan memiliki pola tidur yang lebih baik dan dapat tidur lebih nyenyak daripada bayi yang mendapatkan ASI dengan kadar DHA rendah.

Hal tersebut sangat baik, karena tidur yang nyenyak memang dibutuhkan oleh bayi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Selama bayi tidur nyenyak, seluruh sistem dalam tubuh mereka memiliki kesempatan untuk bekerja dengan kecepatan yang telah diatur oleh alam. Ketika bayi tidur, beberapa proses terus terjadi dalam tubuh sehingga fungsi atau kemampuan masing-masing sistem dan organ dapat berkembang dengan baik, sebagaimana mestinya.

Bayi yang Mendapatkan DHA cukup Akan tidur Lebih baik dan tenang

Selain itu, sel tubuh akan tumbuh, sistem kekebalan akan semakin berkembang, kemampuan otak dan juga sistem saraf pusat dalam memproses stimulasi yang diterima oleh ujung saraf akan terus meningkat. Hal itu semua terjadi ketika bayi tidur dan ketika kebutuhan DHA nya terpenuhi. Selain itu, jika bayi mendaptkan DHA dari ASI dengan jumlah yang cukup, maka proses pembentukan otak dan juga kematangan sel saraf di otak akan berjalan dengan baik.

Saya pikir, tidak terelakkan bahwa DHA sangat dibutuhkan oleh bayi. Nutrisi dan juga stimulasi adalah dua hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan bayi, dan DHA merupakan salah satu bagian gizi yang memiliki peran penting dalam perkembangan otak yang akhirnya akan meningkatkan kecerdasan bayi. (ST)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: