Informasi dan Tips – informasitips.com

Demam K-pop di Indonesia

informasitips.com – Korea Selatan. Apa yang terlintas di benak anda ketika membaca nama tersebut? Perseteruan abadi dengan Korea Utara? Produsen barang-barang elektronik dan gadget canggih? Ataukan drama-dramanya yang mengharu biru?

Negara ginseng ini ternyata tidak hanya mampu memproduksi kendaraan, barang–barang elektronik maupun Gadget canggih yang mampu menembus pasar dunia, namun mereka juga handal menelurkan Boybands dan Girlbands dengan wajah–wajah rupawan yang sanggup membuat hati pria dan wanita tergila – gila. Seperti tidak ada habis–habisnya mereka mencetak muka–muka baru, setiap tahunnya pasti bermunculan nama–nama baru. Coba sekarang, siapa sih yang tak kenal nama–nama macam Super Junior, Girls Generation, Wonder Girls ataupun BigBang? Ya, pasti hampir semua remaja tahu tentang mereka. Tidak hanya lagu–lagu mereka saja yang digemari masyarakat, namun gaya busana dan dandanan mereka pun banyak ditiru para ABG.Musik–musik yang mereka usung, yaitu K-Pop, telah sukses menjajah tidak hanya di Negara mereka sendiri, namun sudah meluas ke seluruh Benua Asia bahkan sanggup menembus pasar Eropa.

Apa sih K-Pop itu? Dari berbagai sumber yang saya rangkum, K-Pop adalah variasi aliran musik yang terdiri dari musik kontemporer seperti Pop, Dance-Pop, Bubblegum-Pop, House, Elektropop, Hiphop, R&B dan Tekno, dan biasanya mereka juga mencampurkan bahasa Korea dan Inggris.

Ada juga istilah Korean wave (Hallyu wave) yaitu kecintaan terhadap budaya Korea. Demam Korean Wave (Hallyu Wave) mulai terasa semenjak awal tahun 2000-an dengan bermunculan drama–drama mengharu biru yang membuat para remaja putri dan Ibu–ibu betah didepan televisi berjam–jam. Judul–judul seperti Winter Sonata, Endless Love, All About Eve, Full House, Stairway To Heaven, Jewel In The Palace, Princess Hours, Boys Before Flowers dan masih banyak lainnya pasti sudah tidak asing di telinga kita. Berkat kesuksesan dramanya itu dunia hiburan Korea Selatan melahirkan banyak nama–nama tenar, sebut saja Bae Yong Jun, Jang Dong Gun, Won Bin, Choi Ji Woo, Kim Hye Sun, Kwon Sang Woo, Song Seung Hun, Song Hye Gyo, Yoon Eun Hye, Lee Min Hoo dll.

Demam K-Pop di Indonesia

Seiring kesuksesan dramanya, kancah musik K-Pop tentu saja merasakan imbas manisnya. Banyak Boybands dan Girlbands yang lahir setelah Hallyu Wave melanda sebagian negara Asia Tenggara. Saking terkenalnya dunia hiburan di Korea Selatan bahkan mereka mempunyai julukan sendiri yaitu Hallyuwood, mengacu pada Hollywood milik negara paman Sam. Dan berikut adalah beberapa dari nama–nama Boybands dan Girlbands Korea Selatan yang berhasil mencuri perhatian publik.

  1. Super Junior

    Boyband Super Junior Suju

    Siapa sih yang tidak kenal Super Junior alias SuJu, Boyband yang dibentuk tahun 2005 oleh produser bernama Lee Sooman dari S.M Entertainment ini diklaim sebagai band dengan personil terbanyak. Pada awalnya mereka ”hanya” berjumlah 12 orang yakni Siwon, Yesung, Heechul, Leeteuk, Kangin, Shindong, HanGeng, Sungmin, Donghae, Eunhyuk, Kibum dan Ryeowook. Lalu setahun kemudian Kyuhyun bergabung dengan Super Junior sehingga total personil mereka sebanyak 13 orang, karena ”gendutnya” kelompok ini, mereka diklaim sebagai boybands dengan anggota terbanyak didunia. Namun di akhir tahun 2009 salah seorang personilnya, HanGeng meninggalkan Suju karena alasan tidak adilnya manajemen artis S.M Entertainment dan juga karena kondisi kesehatannya yang berkurang. Sekarang ia berkarir solo di dunia hiburan Mandarin. Setelah HanGeng keluar, pada tahun 2011 lalu Heechul dan Kangin menyusul meninggalkan SuJu untuk sementara waktu. Heechul meninggalkan grup karena ia harus menyelesaikan wajib militernya selama 2 tahun dan Kibum juga absen karena sedang berfokus pada karir seni perannya. Jadi saat ini hanya ada 9 orang saja yang masih aktif menjadi anggota Super Junior.

    Mereka menelurkan album perdananya yang bertajuk SuperJunior05 (TWINS) pada 6 Desember 2005 dan terjual sebanyak 28.536 kopi di bulan pertama rilis. Dan dari pertama kemunculannya hingga tahun 2011 kemarin mereka telah mencetak sebanyak 5 album, diantaranya: Don’t Don (2007), Sorry, Sorry (2009), Bonamana (2010) dan Mr. Simple (2011). Video Klip Mr. Simple sampai tahun 2011 lalu sudah dilihat oleh lebih dari 40 juta viewers di situs YouTube. Beberapa lagu SuJu yang menjadi hits adalah ”Marry U”, ”Don’t Don”, ”U”, ”Miracle”, ”Sorry, Sorry”, ”Bonamana”, dan tentu saja ”Mr. Simple”.

    Di album terakhir mereka, Mr.Simple, Super Junior meraih penjualan terbanyak di Korea Selatan dengan terjual 287.427 kopi sesaat setelah rilis, dan sampai bulan Oktober 2011 berhasil terjual lebih dari 441.000 kopi hanya di Korea Selatan saja. Karena kesuksesannya itu mereka diganjar berbagai macam penghargaan. Pada perhelatan Mnet Asian Music Awards di Singapura, November lalu, mereka berhasil menggaet penghargaan untuk kategori Abum of The Year, Best Male Group dan Singapore’s Choice Award. Super Junior juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai artis korea terlaris (berdasarkan penjualan album) di Taiwan untuk tahun 2011. Yang terbaru adalah Super Junior berhasil menyabet 4 penghargaan dalam ajang Golden Disk Award yang berlangsung rabu lalu 11 Januari 2011 di Korea.

    Super Junior (SUJU) juga mempunyai fans fanatic dengan sebutan ELF (Ever Lasting Friends) yang dipakai sebagai nama resmi fans club SuJu sejak tahun 2006. Kata everlasting friends yang berarti teman selamanya menunjukkan kedekatan grup Suju dengan para penggemarnya. Ketika konser pun Suju sering meneriaki dan menyemangati para penggemarnya dengan kata ELF, “Super Junior, hwaiting! ELF, fighting!”. Ciri khas dari ELF diberbagai negara adalah memakai warna mutiara biru safir yang merupakan identitas dari komunitas fans Super Junior. Maka jangan heran, apabila di konser – konser Suju para penonton menggunakan baju biru atau membawa tongkat lampu biru.

  2. Big Bang

    Boyband korea Big Bang

    Big Bang diperkenalkan ke publik dalam debutnya di Gymnastics Arena di Seoul Olympic Park pada 19 Agustus 2006 saat acara YG Family Concert. Grup yang beranggotakan 5 personel ini masing-masing mempunyai bagian suara berbeda atau rapping. G-Dragon (Kwon Ji Yong), T.O.P (Choi Seung Hyun), SOL (Taeyang), D-Lite (Daesung) dan V.I (Seungri). Dibawah asuhan YG Entertainment mereka sukses dengan single “Lies” di tahun 2007. Jaringan televisi MTV Korea membuat 10 episode documenter yang berisikan aktivitas mereka selama menjalani latihan sebelum akhirnya resmi diluncurkan sebagai sebuah Boyband. Dokumenter ini mengisahkan beratnya proses latihan yang mereka lakoni seperti sesi menari dan menyanyi.

    Akhirnya pada tahun yang sama mereka menetaskan album perdana dengan tajuk Since 2007, dan terjual 48.009 kopi setelah rilis. Setelah kesuksesan itu mereka mempunyai klub penggemar yang dinamakan V.I.P (nama yang diambil dari judul singel kedua mereka ”Big Bang Is VIP”). Mereka mempunyai ciri khusus saat datang mendukung penampilan Big Bang, dengan melambaikan saputangan atau bandana warna hitam dan putih yang merupakan warna Big Bang.

    Ternyata kesuksesan mereka tidak hanya terjadi di dalam negeri saja, pada perhelatan MTV Eropa Musik Awards (EMA) 2011 yang dihelat di Belfast, Irlandia Utara. Big Bang yang mewakili Asia Pasifik memenangkan penghargaan sebagai Best Worldwide Act Winner.

  3. B2st

    B2ST

    B2ST atau disebut BEAST melakukan debutnya pada Oktober 2009 dibawah naungan Cube Entertainment dengan merilis mini albm bertitel Beast is the B2ST. Para personilnya adalah Jang Hyunseung, Yoon Doojoon, Lee Gikwang, Son Dongwoon, Yoon Junghyung dan Yang Yoseub. Mereka menamakan fansclubnya dengan sebutan B2uty (Beauty) terinspirasi dari cerita dongeng Beauty and the Beast.
    Mereka memenangkan penghargaan mereka sebagai Pendatang baru terbaik bulan Desember yang diberikan oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Turisme Korea Selatan. Lagu – lagu yang membuat namanya makin berkibar diantaranya adalah Bad Girl, Mystery, Shock, Breath, dll.

    Di tahun 2001 lalu mereka merilis album ketiganya, Fiction and Fact dengan single andalan On Rainy Days dan Fiction. Selain itu mereka juga terlibat dengan beberapa drama Korea seperti drama ”God of Study” dan ”My Princess” dengan menyanyikan soundtracknya.

  4. Girls Generation

    SNSD Girls Generation

    Girls Generation atau juga dikenal dengan SNSD (So Nyuh Shi Dae) adalah Girlband paling populer saat ini. Dibentuk tahun 2007, grup yang terdiri dari 9 wanita muda dan cantik ini digawangi Jessica Jung, Sunny, Tiffany, Kim Hyoyeon, Kwon Yuri, Coi Sooyoung, Im Yoona, Seohyun dan Kim Taeyeon sebagai leader. Dalam debutnya mereka merilis single ”Into The New World” yang meraih top spot di M!Countdown. Kemudian merilis album perdananya dengan self-title “Girls Generation” yang merupakan daur ulang dari lagu Lee Seungcheol ditahun 1989. Hit singel mereka yang rilis Januari 2009 ”Gee” merajai chart lagu di KBS Music Bank selama 9 minggu berturut – turut.

    Pada 1 Juni 2011 mereka merilis album Korea ketiga dengan titel ”The Boys” yang menelurkan hits macam ”Mr. Taxi” dan ”The Boys”, dan sampai bulan Desember kemarin telah terjual lebih dari 385.348 kopi. Dan video klip ”Mr. Taxi” hingga saat ini sudah ditonton lebih dari 50 juta kali dan ”The Boys” sebanyak 30 juta kali lebih di situs YouTube.

    Atas kesuksesannya itu Girls Generation diganjar banyak penghargaan, salah satunya adalah dari Ajang Mnet Music Awards 2011 lalu, sebagai Grup Wanita Terbaik dan Artist of the Year. Para pecinta SNSD mendapat sebutan SONE bisa juga disebut So One, yang berarti mereka dan para fansnya adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

  5. 2NE1

    2NE1 Girlband korea

    CL (Lee Chaerin), Bom (Park Bom), Dara (Park Sandara) dan Minzy (Gong MinJi) adalah 2NE1, dibaca Twenty One, namun bisa juga diartikan ”To Anyone”, nama tersebut dikombinasi dari frase kata ”21st Century” dan ”New Evolution”. Pertama kali muncul lewat debut singel ”Fire” yang dirilis 6 May 2009. Dan sampai saat ini mereka telah merilis 2 Extended Play (EP), 2NE1 & 2NE1 2nd Mini Album dan 1 album studio bertajuk To Anyone. Fans mereka mendapat sebutan ”Blackjacks” yang diambil dari permainan kartu Blackjack atau Twenty-one.

    Dibawah naungan YG Entertainment sejak debutnya di tahun 2009 banyak singel yang sudah mereka rilis dan mendapat sambutan positif dari pasar. Namun album yang membuat mereka benar – benar meledak adalah album yang dirilis tahun 2011 ”2NE1 2nd Mini Album” yang melahirkan hits singel seperti ”I Am The Best”, ”Ugly” dan ”Lonely”. Untuk itu pada acara Mnet Asian Music Awards 2011 lalu mereka diganjar Song of the Year untuk lagu I Am The Best dan Best Vocal Performance Group untuk single balada Lonely.
    Inspirasi musik mereka adalah Destiny’s Child. Suara yang kuat dan bertenaga dari Beyoncé and Mariah Carey adalah panutan dari Bom. Ia juga menyukai aliran musik Hiphop dan RnB. Sedangkan anggota termuda, Minzy mengidolakan Michael Jackson, sementara sang leader, CL mendapuk Madonna dan Lauryn Hill sebagai role modelnya. Tak ketinggalan Dara menyebut penyanyi Korea Selatan, Uhm Jung Hwa dan Jennifer Lopez sebagai inspirasinya.

  6. Wonder Girls

    Girl band Korea Wonder Girls

    Nama terakhir ini tentu sudah tak asing lagi ditelinga para K-Pop mania. Ya dengan penampilan yang nyentrik khas tahun jadul ini pasti langsung menyita perhatian pada saat melihatnya. Ya, diantara banyaknya Girlband yang beredar penampilan Wonder Girls memang terbilang unik. Grup yang diawaki lima cewek cantik ini beranggotakan Min Sunye, Park Yeeun, Kim Yoobin Ahn Sohee dan Woo Hyelim. Dengan asuhan tangan dingin Park Jin Young dibawah bendera JPY Entertainment, mereka melakukan debutnya pada awal tahun 2007 dengan hits ”Tell Me”. Dan semenjak itu mereka telah mencatatkan hits macam ” So Hot”, ”Nobody”, ”2 Different Tears”, ”Be My Baby” dan ”Tell Me” di urutan teratas tangga lagu Korea.
    Khususnya lewat singel ”Nobody” yang telah diunggah sebanyak lebih dari 70 juta kali lebih di situs YouTube. Pada tahun 2009 mereka mencoba melebarkan sayapnya ke pasar Amerika dengan hits single “Nobody” yang telah di-remake ke dalam bahasa Inggris dan tak sia – sia, singel tersebut berhasil masuk dalam chart Billboard Hot 100 pada Oktober 2009, membuat mereka sebagai grup Korea pertama yang pernah masuk dalam daftar. Tak hanya sampai disitu, mereka juga mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Jonas Brother dalam bagian tur Amerika Utara mereka yang bertajuk Jonas Brother World Tour 2009. Manajemen Wonder Girls juga menyebut bahwa selain ”Nobody” mereka juga akan merilis ”Tell Me” dalam bahasa Inggris menyusul kesuksesan singel sebelumnya.

    Itulah sebagian nama – nama Boybands dan Girlbands yang tahun lalu berhasil mencuri perhatian para K-Pop mania. Dengan musik – musik yang enerjik, tubuh yang aduhai dan wajah yang rupawan dan selalu menyegarkan, siapa yang rela demam Korean Wave cepat – cepat menghilang.

    (berbagai sumber by*SilverSkylane)



    loading...
    Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: